Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Saturday, February 20, 2016

Berbagai Tugas Para Malaikat

Hai semua ^_^ hari ini mimin bakal kasih tau soal agama. Apakah itu berarti mimin udah tobat? Entahlah, bisa iya bisa tidak karena iman bisa berubah-ubah. Mimin disini gak mengatakan secara langsung kalo mimin yang paling benar (meski secara tidak langsung iya). Mimin disini mau bagi-bagiin ilmu biar kita ente bisa tau dan teman ente juga bisa tau atau orang laen yang membaca postingan ini. Yasudah daripada banyak bacot, mending cekidot.






Imam Al-Muzani Rahimahullah menyatakan, "Dia (Allah) memilih di antara mereka (malaikat) sebagai utusan kepada utusuan-Nya." Kata-kata ini memang terkesan yo dawg tapi ini emang kenyatannya, oke?

Apa yang dimaksud dengan utusan? Utusan ya orang yang diutus buat melakukan urusan tertentu. Utusan Allah terbagi menjadi dua, yakni utusan dari kalangan malaikat dan dari kalangan manusia.

Karena yang dibahas di post ini tentang malaikat maka mimin gak bakal kasih tau soal manusia. Nah, utusan dari kalangan malaikat adalah Jibril yang menjadi penyampai wahyu kepada utusan Allah (Rasulullah). Sedangkan dari kalangan manusia yaitu para nabi dan rasul.

Utusan-utusan tersebut adalah pilihan di antara seluruh makhluk dari jenisnya. Jibril adalah malaikat pilihan yang paling utama dibandingkan malaikat yang lain. Demikian juga para nabi dan rasul adalah pilihan dan paling utama dibandingkan manusia yang lain.

Al-Muzami juga menyatakan, "Sebagian lagi (di antara malaikat itu) mengatur (urusan-urusan lain) sesuai perintah-Nya." Dan tentu saja, selain malaikat Jibril, masih ada malaikat laen yang punya tugas masing-masing. Seluruh yang bergerak di bumi dan di langit pasti ada malaikat yang terlibat di dalamnya sesuai perintah dan takdir Allah, bahkan kematian pun ada aja malaikat yang terlibat. Ini tidak seperti yang dikatakan orang-orang kalo semua itu adalah hukum alam. Pernyataan ini sungguh salah karena alam pasti ada yang mengaturnya yakni Sang Pencipta. Sebagai seorang mukmin, pasti mengimani segala hal yang dikabarkan dalam Al-Quran dan Hadits Nabi yang Shahih tentang malaikat.

Di antara para malaikat, ada malaikat gunung. Jibril pernah menyampaikan kepada Nabi Shallalahu 'Alaihi wa Sallam bahwa jika nabi mau, malaikat gunung akan menimpakan gunung dan menghancurkan penduduk thaif yang baru saja mengusir, menghinakan, dan menyakiti nabi. Selain itu, mereka juga bahkan melempari nabi dengan bebatuan sampai-sampai kaki nabi berdarah. Pasti kalo ente digituin, ente pasti bakal kesal dan marah atau bisa aja bunuh diri. Namun, beda sama nabi, dengan kesabarannya yang luar biasa menolak dan memilih memaafkan mereka dengan harapan akan ada keturunan penduduk Thaif yang akan mentauhidkan Allah. Sungguh kesabaran yang luar biasa ya. Biar ente lebih percaya silahkan buka Hadits Bukhari No 2992 sama Muslim No. 3352.

Selain malaikat gunung, ada malaikat yang bertugas untuk menjaga tiap manusia dari sisi depan dan belakang. Serta ada dua malaikat yang juga mencatat amal perbuatan yang ada di sebelah kanan dan kiri.

Ada juga malaikat yang bertugas mencabut nyawa a.k.a malaikat maut. Ada malaikat lautan, malaikat yang menjaga matahari, ada juga malaikat yang menjaga bulan, malaikat yang menjaga berhembusnya angin, malaikat yang menjaga awan.

Ada juga malaikat yang mengangkat amalan ke langit. Dikisahkan, suatu hari ada seorang sahabat nabi yang membaca istiftah (yang sering disebut doa iftitah) dalam shalatnya dengan menyatakan, "Al-Hamdu lillahi hamdan katsiiran thayyiban mubaarakan fiihi.". Selesai shalat, nabi menyatakan bahwa 12 malaikat berebut untuk mengangkat amalan tersebut ke langit, Masya Allah ya. Biar ente lebih percaya silahkan buka Hadits Muslim No 942. Demikian juga, ketika ada sahabat nabi yang mengucapkan, "Rabbanaa wa lakal hamdu hamdan katsiiran thoyyiban mubaarakan fiihi." setelah imam mengucapkan, "Sami'allahu liman hamidah". Selesai shalat nabi menyatakan, "Aku melihat 30-an malaikat berebut siapa di antara mereka yang pertama mencatat amalan (yang berbentuk ucapan) tersebut." Biar ente lebih percaya buka hadits Bukhari No. 757.

Ada malaikat yang bertugas memantau siapa saja yang datang pada waktu shalat Jumat. Semakin awal datangnya semakin besar juga pahalanya. Jika khatib telah naik mimbar, maka catatan mereka ditutup. Jadi, kalo mau shalat jumat datanglah sebelum adzan, biar ente keabsen, hehe. Jangan lupa mandi.

Ada malaikat yang bertugas berkeliling mencari majelis ilmu. Jika ada majelis ta'lim atau ilmu, maka mereka akan ikut bergabung dan menaungi para penuntut ilmu dengan sayap-sayap mereka. Ada juga malaikat yang bertugas untuk menguji, bertanya kepada orang yang baru meninggal di alam kuburnya dengan pertanyaan "Siapa Tuhanmu? Siapa nabimu? dan apa agamamu?". Ada juga malaikat yang bertugas memantau janin, jika telah sempurna 3 x 40 hari maka ditulislah rezeki, ajal, dan amalannya. Selain itu, ada juga malaikat yang bertugas menjaga surga dan malaikat yang bertugas menjaga neraka.

Nah, udah tau kan kalo malaikat itu bukan hanya sepuluh doang. Tapi malaikat itu ada banyak dan tentu saja memiliki tugas masing-masing. Tetapi, ini gak berarti kalo Allah gak bisa mengurus segala sesuatu tanpa adanya malaikat. Justru inilah yang menjelaskan betapa sempurnanya perhatian dan pemeliharaan Allah terhadap manusia. Postingan ini 100% ketikan mimin dan 88% merupakan ketikan orang lain terus mimin ketik ulang. 2% sedikit pengeditan, dan 10% bacotan mimin. Yasudah, sekian and goodbye V(^_^)

Jangan lupa juga
Baca fakta sains tentang atom

No comments:

Post a Comment