Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Saturday, March 12, 2016

Kanokis - Ka Laim? Ka Lait?

Hai semua ^_^ Setelah memberitahu tentang huruf-hurufnya, mimin bakal kasih tau penggunaannya. Hari ini mimin bakal kasih tau tentang kalimat tanya yang bertujuan untuk menanyakan nama benda yakni "Ka Laim?" dan "Ka Lait?". Yasudah cekidot.






Dalam Bahasa Kanoka, tanda tanya disimbolkan dengan simbol yang mirip huruf Q (liat gambar di atas). Nah, apa arti dari "Ka Laim?" dan "Ka Lait?". Dengan melihat kamus, didapat kalo "Ka" artinya "apa", "Laim" artinya "ini", dan "Lait" artinya "Itu". Ingat! "Laim" dibaca "La im" dan "Lait" dibaca "La it".

Maka, "Ka Laim?" artinya "Apa ini?" dan "Ka Lait?" artinya "Apa itu?". Nah, tujuan dari kalimat ini adalah menanyakan nama benda. Terus apa bedanya antara "Ka Laim?" dan "Ka Lait?". Perbedaanya adalah jarak benda tersebut. Yasudahlah pasti ente ngerti.

Sekarang, untuk menjawabnya gampang banget. Gunakan rumus berikut
Lait/Laim + O
Jika benda itu jauh dari ente maka pakailah "Lait", sedangkan kalau dekat, gunakan "Laim". O adalah objek atau benda yang ditanyakan.

Contoh
A : Ka lait? (Apa Itu?)
I : Lait hatabar (Itu Microphone)

A : Ka lait? (Apa Itu?)
I : Laim pupas (Ini Bedak)

A : Ka laim? (Apa ini?)
I : Laim cekar (Ini uang)

A : Ka laim? (Apa ini?)
I : Lait kisatba (Itu buku)

Sekian pelajaran untuk kali ini, semoga bermanfaat kalo memang bermanfaat. Skian and goodbye (^_^)V

No comments:

Post a Comment