Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Sunday, June 5, 2016

Kanokis - Huruf Nyonga

Yo All! Yo! Kali ini mimin bakal lanjutin proyek kanokis. Kalo dulu mimin udah ngejelasin ke-26 huruf Roma (Huruf vokal, bibir, lidah, dan otra), sekarang mimin bakal tambahin dua huruf yakni huruf Nyonga. Sebenarnya ada banyak tipe huruf dari Bahasa Kanoka ini yakni huruf Roma, Nyonga, Komba, Oriena, dan Lupa. Huruf Roma ada 26 huruf yakni dari a sampai z. Huruf Nyonga hanya terdiri dari 2 huruf yang melambangkan bunyi "ng" dan "ny". Huruf Komba terdiri dari 105 huruf yang setiap huruf dapat melambangkan satu suku kata yang dapat dibentuk dari gambungan huruf konsonan dan vokal Roma. Huruf Oriena kayak piktogram yang terdiri dari ribuan huruf, huruf Oriena sangat bebas dan tidak ada aturan baku sesuai tradisi masing-masing daerah. Yang terakhir, huruf Lupa adalah huruf tambahan untuk melambangkan bunyi huruf lain.



Nah, sekarang kita bakal ngebahas soal huruf Nyonga. Huruf Nyonga terdiri atas 2 huruf yang melambangkan "Ng" dan "Ny". Huruf "Ng" terdiri atas tiga titik, dua titik di atas dan satu titik di bawah. Sedangkan "Ny" adalah kebalikannya yakni satu titik di atas dan dua titik di bawah. Huruf "Ng" sering digunakan pada akhir kata kerja sedangkan "Ny" sering digunakan untuk menunjukkan kepunyaan.

Contoh:

Contoh penggunaan "Ng"

 Contoh penggunaan "Ny"


Terkadang bunyi "Nya" disimbolkan dengan huruf "Ng" lalu ditambah tanda petik tapi cara bacanya beda meski artinya sama.

Nah, itulah sekilas tentang huruf Nyonga. Semoga ente bisa mengerti dan senang belajar Bahasa Kanoka. Baiklah, mimin minggat dulu yah ... To Be Continued

No comments:

Post a Comment