Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Monday, January 8, 2018

Tauhid dan Macam-Macam Tauhid

Yo semua~! Ketemu lagi sama mimin yang shaleh lagi rajin posting, mimin K. Tentu saja, masih di blog yang penuh dengan warna ini, KnK Land. Kali ini mimin bakal ngebahas tentang tauhid. Kenapa mimin ngeposting tentang tauhid? Karena postingan ini direquest oleh teman fb mimin pecinta eskohi. Semoga dia bertobat dari terlalu banyak mengonsumsi kafein yah. Okedeh, langsung saja, cekidot...









Pertama2, mimin bakal tampilin SS proses pe-request-annya.

Siapa dia? Dia adalah Dare Deska.

Okey, waktunya qta ngebahas tentang tauhid. Apa itu tauhid? Apa kegunaan tauhid? Apakah tauhid termasuk instrumen? Baiklah wahai orang2 yang beriman ataupun yang kfear, qta mulai dari pengertian tauhid.

Tauhid artinya mengesakan Allah. Jadi, dalam Islam kita harus bertauhid atau mengesakan Allah. Tauhid berhubungan dengan kata "wahid" yang artinya "satu". Jadi, Allah itu cuma satu dan gak ada duanya. Qta harus meyakni bahwa Allah itu adalah satu-satunya Tuhan yang menciptakan, berhak disembah, dll yang khusus untuk Allah. Qta gak boleh meyakini, menyembah, berdoa, bertawakal, dll yang sifatnya berpenghambaan kepada selain Allah. Qta juga tidak boleh meyakini kalo ada sesuatu yang sama atau sebanding dengan Allah bahkan meyakini bahwa ada yang lebih hebat dari Allah. Tauhid tidak boleh hanya meyakini saja tapi juga diimplementasikan atau diamalkan.

Tauhid dibagi menjadi 3 macam yaitu Tauhid Rububiyah, Tauhid 'Uluhiyah, dan Tauhid Asma' wa Sifat. Ada juga beberapa kalangan yang menambahkan Tauhid Mulkiyah dan Tauhid Hakimiyah  padahal yah sebenarnya tiga aja udah cukup. Di post ini, mimin gak mau ngebahas mulkiyah sama hakimiyah soalnya sering diperselisihkan.

Tauhid Rububiyah
Tauhid Rububiyah adalah meyakini bahwa Allah-lah satu2nya yang menciptakan segala sesuatu mulai dari alam semesta, manusia, hingga makhluk2 gaib. Hape, laptop, sabun, shampo, astringent, dll memang diciptakan oleh manusia tapi tentu saja bahan2nya adalah ciptaan Allah dan manusia juga merupakan ciptaan Allah.


Tauhid 'Uluhiyah
Tauhid 'Uluhiyah adalah meyakini bahwa Allah satu2nya yang boleh disembah. Qta tidak boleh salat, zakat, puasa, kurban, berdoa, dll yang merupakan kegiatan penghambaan kecuali hanya kepada Allah. Orang2 musyrik pada jaman jahiliyah (jaman stupid) memang memiliki Tauhid Rububiyah yang artinya mereka yakin memang kalo Allah yang menciptakan tapi sayangnya mereka gak punya Tauhid 'Uluhiyah sehingga mereka menyembah sesuatu yang laen. Jaman skarang pun masih ada yang kayak gito.


Tauhid Asma wa Sifat
Tauhid Asma wa Sifat adalah meyakini keesaan Allah dengan sifat2nya. Allah memilki banyak sifat dan sifat2nya tidak sama seperti makhluknya. Allah hidup tapi tidak seperti hidupnya makhluk, Allah berbicara tapi tidak seperti berbicaranya makhluk. Kalo dianalogikan, kaki manusia sama kaki kambing itu yah jelas beda meskipun sama2 kaki. Allah juga memiliki banyak nama dan nama2 tersebut juga menunjukkan sifat2 Allah.


Yap, itulah pembahasan tentang tauhid serta macam2 tauhid. Semoga ini bisa bermanfaat bagi ente2 semua. Kalo ada kesalahan kata mohon dicemooh di komen dan jangan hack website ini karena website ini gak bersalah. Okeh, itulah postingan tentang tauhid. Sampai jumpa, papay~

Jangan lupa juga
Ketahui bedanya syirik jaman now dan jaman old
Beliin mimin laptop baru
Ketahui tentang statistika untuk penelitian

No comments:

Post a Comment