Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Pengumuman Penting! Sebagian besar link download file di web ini telah terhapus. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini :(. Kami akan segera mengunggah kembali file yang telah terhapus :).

Thursday, August 2, 2018

Bilangan Imajiner

Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing Admin K yang keyen lagi cemelang . Tentu saja, masih di blog kesayangan kita yang penuh dengan cinta dan kebahagiaan ini, KnK Land. Kali ini aing akan membahas tentang bilangan imajiner. Dalam dunia bilangan, hiduplah dua ras bilangan yakni bilangan riil dan bilangan imajiner. Kedua bilangan hidup berdampingan, yay. Okeh, daripada banyak bacot buang2 waktu, mending langsung saja kita cekidoot.






Mungkin kalian pernah mendengar atau melihat istilah "bilangan imajiner". Apa itu bilangan imajiner? Mereka bilang bilangan imajiner atau dalam bahasa inggris disebut "imaginary number" hanyalah bilangan imajinasi atau khayal. Meskipun disebut bilangan imajinasi atau tidak nyata, bilangan imajiner juga punya manfaat dalam kehidupan nyata. Jadi, bilangan imajiner bukan hanya sekadar bilangan imajinasi.

Oke, sebegai permulaan, mari kita bahas sama2 dulu tentang akar kuadrat. Kita ketahui bersama bahwa karena memang 1 × 1 = 1. Begitu juga dengan karena memang 3 × 3 = 9. Kita bisa dengan mudah mencari akar kuadrat suatu bilangan positif dengan cara menebak2 atau menggunakan kalkulator. Lalu, bagaimana dengan akar kuadrat bilangan negatif seperti ,,dan ? Bagaimana caranya mencari akar kuadrat dari suatu bilangan negatif mengingat kuadrat suatu bilangan pasti positif? Itu juga seperti mencari solusi dari persamaan . Tenang saja, masalah ini bisa diatasi oleh para matematikawan kok. Caranya adalah dengan membuat inovasi baru. Yap, inovasi barunya adalah memperluas sistem bilangan, dengan ditemukan bilangan baru yakni bilangan imajiner.

Jadi, skarang kita sudah punya solusi untuk persamaan . Solusinya adalah i dan -i. i sendiri adalah simbol yang melambangkan akar kuadrat dari -1. Yap, i × i = -1 atau bisa ditulis . Kadang simbol "i" diganti dengan simbol "j" yang biasanya digunakan dalam bidang fisika untuk membedakan mana bilangan imajiner dan yang mana simbol besaran yang menggunakan hurur "i" (misalnya simbol besaran kuat arus). Dengan menggunakan notasi tersebut, kita bisa menuliskan









Ketiga bilangan di atas merupakan contoh-contoh bilangan imajiner. Dari ketiga contoh tersebut, aing harap yu ngerti apa itu bilangan imajiner. Postingan ini hanya pengenalan tentang bilangan imajiner dan asal-usul bilangan imajiner. Adapun pengoperasian bilangan imajiner, pengaplikasian, dll akan dibahas lain kali.

Oke, sekian postingan dari aing. Semoga yu faham dan semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Kalo ada yang mau ditanyakan, silahkan tanyakan di komeng. Kalo ada yang salah, mohon dikoreksi di komeng. Kalo naksir sama aing yang pinter lagi tamvan, silahkan kasih tau aja di komeng. Sampe jumpa di postingan selanjutnya, bye~

Jangan lupa juga
Ketahui tentang Blood and Honour
Berpetualang di Deep Web
Ketahui apa itu definit positif dan negatif fungsi kuadrat

No comments:

Post a Comment