Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Pengumuman Penting! Sebagian besar link download file di web ini telah terhapus. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini :(. Kami akan segera mengunggah kembali file yang telah terhapus :).

Monday, May 27, 2019

Hal-Hal Yang Perlu Kita Kuasai di SMK Teknik Komputer Jaringan

Hai selamat datang website Knk Land..
Setelah membawakan satu buah pembahasan tentang Rahasia dan Kiat Sukses Dalam Mengikuti LKS SMK, kali ini saya akan lanjutkan dengan sebuah pembahasan yang tidak kalah menariknya tentang salah satu kejuruan di SMK yaitu Teknik Komputer dan Jaringan.
Oleh Wikipedia, Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendididkan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP/MTs atau bentuk lain yang sedejarat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SMP/MTs.

Dan untuk prakteknya sendiri, SMK adalah sekolah yang siap meluluskan siswa/i yang siap kerja karena teknis pendidikan diSMK sendiripun adalah praktek dan pendidikan asah ketrampilan yang sesuai dengan kejuan siswa/i ambil.

Btw, apa saja sih sebenarnya yang diajarkan di Kejuruan ini?
Wahh banyak sekali, tapi yang paling pokok ya seperti namanya yaitu Materi tentang Komputerisasi seperti Cara Memperbaiki Komputer, Merakit Komputer, dan Jaringan seperti Mensetting Wi-Fi, Membuat Desain Jaringan Antar sekolah ke sekolah dan masih banyak lagi.

Dan, tanpa banyak basa-basi lagi langsung saja ke inti pembahasan.


1. Dapat Mengoperasikan Aplikasi Perkantoran

Hal yang satu ini memang sangat penting, menyikapi era digital seperti sekarang. Tidak hanya untuk kebutuhan kantoran saja, membuat laporan PKL, skripsi/karya ilmiah, bahkan kang photocopy juga memerlukan kemampuan yang satu ini.
Beberapa aplikasi perkantoran  adalah adalah Microsoft Office dan Libre Office.

2. Dapat Menggunakan Aplikasi Desain Grafis
Anak TKJ kok ngedesain grafis?.. Loh jangan salah, sekarang ini pun Materi Desain Grafis sudah ada di Kelas X TKJ. Menyikapi banyaknya peluang dan kebutuan desain/ngedit yang ada di Masyarakat seperti bikin brosur, spanduk, baliho bahkan poster caleg. 
Beberapa aplikasi desain grafis adalah Adobe Photoshop, Adobe Illustator dan Corel Draw.

3. Memahami Ekosistem Sistem Operasi 
Dapat kita ketahui bersama bahwa sistem operasi itu tidak hanya windows, ada yang namanya Linux dan juga MacOS. Beberapa ekosistem sistem operasi yang dapat kamu pelajari diantanya menginstal sistem operasi, menginstal aplikasi, memperbaiki masalah eror yang ada didalam sistem operasi, dll

4. Dapat Berperan Sebagai Teknisi Komputer
Hal tabu satu ini memang wajib dikuasi oleh setiap siswa/i di SMK TKJ, karena untuk pembalajarannya sendiripun sudah dari pertama kali kita masuk sekolah alias dari kelas X. Menyikapi hal itu dunia kerja sebagai teknisi komputerpun tidak bisa dianggap remeh, karena diera digital seperti sekarang kebanyakan orang sudah memiliki laptop/komputernya masing-masing.

5. Memahami Konsep Dasar Jaringan
LAN, MAN, WAN adalah jenis-jenis jaringan berdasarkan topologinya dan untuk mempelajari itu semua dasar ilmu jaringan itu penting loh. Seperti subneting, pengalamatan IP Address, cara kerja perangkat jaringan, dll..

6. Memahami Topologi Jaringan Membuat ataupun Mempraktekan
Toplogi/Desain jaringan adalah maksud dari rancangan pembangunan untuk instalasi jaringan. Di TKJ sendiri hal ini penting karena banyak sekali tugas bahkan Uji Komputer dikelas XII task tugas yang menggunakan topologi. Tidak hanya itu, jika kamu hendak membuat jaringan warnet, LAB itupun harus membuat topologi dulu agar alokasi configurasi client/server berjalan dengan terstruktur. 

7. Familiar Dengan Bahasa Pemrograman

Jangan salah anak TKJ pun wajib untuk mempelajari hal yang satu ini, karena pada prakteknya pemrograman pun sudah masuk pada Kurikulum 13 dari kelas X. Untuk referensi belajar di TKJ, html, php dan c++ adalah beberapa bahasa program yang wajib masuk ke draft belajar mu.

Dan itu lah beberapa hal spesifik yang perlu dikuasai ketika kamu sedang belajar sebagai anak Teknik Komputer dan Jaringan. Hal-hal yang disebutkan diatas adalah, hasil dari rangkuman silabus Pendidikan didalam SMK Teknik Komputer dan Jaringan serta Skill khusus yang bisa kamu gunakan untuk berkerja setelah lulus.

Akhir kata..

1 comment: