Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Pengumuman Penting! Sebagian besar link download file di web ini telah terhapus. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini :(. Kami akan segera mengunggah kembali file yang telah terhapus :).

Friday, November 1, 2019

Tutorial menggunakan proteus (Simulasi Elektronika)

      Pada era modern ini pekerjaan akan lebih mudah misalnya saat anda ingin merangkai suatu rangkaian elektronik pada zaman modern anda akan dibantu dengan simulasi-simulasi menggunakan komputer. Oke aplikasi yang kita gunakan kali ini adalah proteus.

1. Buka Proteus


2. Klick isis ( untuk memulai simulasi)


Setelah itu akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini :


3. Membeli Komponen
Membeli komponen dengan klick P atau tekan tombol P di keyboard anda


 Misalnya kita membuat rangkaian sepeti pada gambar berikut
Rangkaian LED Paralel
Rangkaian diatas tentunya terdiri dari 4 komponen :
1. Baterai 
2. Resistor
3. LED
 Untuk membeli komponen diatas klick P dikeyboard lalu search komponen yang akan dibeli
Setelah dapat komponennya klick oke atau tekan enter 2 kali dikeyboard untuk membeli komponen lainya gunakan cara yang sama. 

3. Merangkai Komponen
          Setelah semua komponen terbeli kita lanjutkan untuk merangkai langkah pertama yang harus kita lakukan adalah klick komponen terlebih dahulu lalu arahkan ke dalam schematic caputure lalu klick kiri maka akn mucul komponennya seperti gambar dibawah.


Lalu klick kiri lagi untuk menempatkan komponen


Untuk komponen lainya lakukan sperti langkah diatas, setelah semua rangkaian sudah ditempatkan sesuai dengan posisinya yang kita lakukan selanjutnya adalah menghubungkannya dengan kabel.


Lalu untuk menghubungkan komponen kita klick kiri bagian ujung baterai ke kaki resistor lalu klick kiri lagi jika berhasil maka kedua komponen akan terhubung seperti pada gambar di bawah.


Untuk menghubungkan komponen lainya kita lakukan sperti langkah diatas dengan begitu rangkaian LED paralel selesai dibuat, 


4. Play simulasinya
Memulai simulasinya klick play seperti yang ditunjukaan oleh panah pada gambar dibawah.


Oke sekian tutorial menggunakan proteusnya semoga bisa bermasnfaat buat kita semua














No comments:

Post a Comment