Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Sunday, December 29, 2019

Macam-Macam Teks Bahasa Indonesia

teks kertas
Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang cakap lagi punya banyak teman . Tentu saja, masih di blog kesayangan kita yang canggih ini, KnK Land. Kali aing akan membahas tentang macam-macam teks dalam bahasa Indonesia. Tentu, sebagai manusia yang senang membaca dan berbahasa, kalian sudah pernah membaca berbagai macam teks, misalnya teks tutorial cara melakukan sesuatu, teks proses terjadinya sesuatu, atau bahkan teks sastra seperti puisi, syair, dll. Apa sajakah teks-teks dalam bahasa Indonesia dan bagaimana pengertiannya? Langsung aja kita bahas, cekidoot .



Sebelum memulai pada teks pertama, terlebih dahulu aing minta maaf karena tidak menyertakan contoh. Mungkin contoh-contohnya bakal aing post dalam postingan tersendiri untuk masing-masing jenis teks. Oh yah, kalian juga ingatkan aing yah kalau aing harus memposting contoh-contohnya. Selain itu, kalian juga bisa request contoh teks apa yang bakalan aing posting nanti.

Baiklah mari kita mulai. Kalau ada yang salah, mohon koreksi di komen ya. Mari kita belajar bersama-sama .

1. Teks Prosedur

Teks prosedur adalah teks yang memberikan petunjuk dalam melakukan suatu pekerjaan dengan mengemukakan step by step-nya. Ciri khasnya adalah terdapat kata-kata yang menunjukkan urutan  langakah seperti "pertama-tama", "selanjutnya", "kemudian", "terakhir", dll. Terkadang teks prosedur disajikan dalam bentuk poin-poin. Yap, bisa dibilang teks ini berisi tutorial atau algoritma untuk melakukan sesuatu. Contohnya saja "Cara Membuat Nasi Goreng", "Cara Menggunakan Setrika", "Cara Melipat Baju dengan Cepat", dll.

Teks prosedur bisa kalian temukan di berbagai tempat misalnya saja pada kemasan berbagai produk entah itu makanan, kosmetik, obat-obatan, alat eletronik, dll. Nah, teks yang berisi tata cara penggunaan produk juga merukapan teks prosedur.

2. Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan suatu objek. Teks ini bertujuan untuk menguraikan sesuatu secara detail dengan mengemukakan ciri-cirinya. Berbagai hal bisa dideskripsikan seperti misalnya seseorang, hewan, tumbuhan, benda-benda, dll.

3. Teks Laporan Hasil Observarsi

Teks laporan hasil observasi atau biasa disebut teks klasifikasi adalah teks yang berisi penjabaran umum tentang informasi dasar mengenai hasil pengamatan/observasi yang telah dilakukan. Teks ini memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu sehingga dapat disebut pula teks klasifikasi. Nah, isi dari teks hasil observasi harus bersifat faktual atau sesuai dengan fakta yang ada.

4. Teks Biografi

Teks biografi adalah teks yang berisi tentang riwayat kehidupan seorang tokoh untuk diambil nilai kehidupannya. Teks biografi harus ditulis oleh orang lain, bukan si tokoh itu sendiri. Apabila si tokoh itu sendiri yang menulis maka dinamakan autobiografi. Di dalam biografi disajikan sejarah hidup, pengalaman, hingga kisah sukses dari tokoh yang sedang diulas.

5. Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah suatu teks atau karangan yang berisi berbagai informasi dengan tujuan untuk memberikan pengertian atau menjabarkan dengan menggunakan gaya penulisan yang singkat, padat serta akurat. Perbedaannya deskripsi adalah teks deskripsi menggambarkan suatu objek secara terperinci atau mendetail, sedangkan eksposisi hanya cukup memberikan pengertian dengan singkat dan padat tanpa memberikan penjelasan lebih detail.

6. Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks atau paragraf yang berisikan informasi tentang proses bagaimana terjadinya suatu fenomena atau kejadian serta mengapa hal itu terjadi baik femonema alam maupun sosial di lingkungan kita yang mempunyai proses serta hubungan sebab-akibat. Contohnya saja "Proses Terjadinya Hujan Salju", "Terbentuknya Harga Pasar", dll.

7. Teks Narasi

Teks narasi (teks cerita) adalah teks yang di dalamnya menjelaskan tentang rangkaian peristiwa secara runut dari waktu  ke waktu yakni dari awal, tengah, hingga akhir. Ada juga yang bilang teks narasi adalah teks memaparkan serangkaian kejadian yang berdasarkan alur atau plot dengan di dalamnya ada tokoh serta konflik. Teks narasi dapat berisi cerita yang berupa fakta ataupun fiksi.

Kalian kemungkinan besar pernah membaca cerpen, kan? Nah, cerpen juga merupakan salah satu jenis teks narasi.

8. Teks Argumentasi

Teks argumentasi adalah teks yang gagasan utamanya dikembangkan dengan memaparkan ulasan, pokok bahasan, pendapat, serta ide pribadi penulisnya dengan tujuan untuk meyakinkan atau mempengaruhi pembaca agar mempunyai pendapat yang sama dengan pendapat penulis atau setidaknya agar pendapatnya dipertimbangkan oleh pembaca. Jadi, kalau kalian mau mengajukan pendapat dan ingin dibaca oleh orang banyak maka tulislah dalam bentuk teks argumentasi ya guys.

Nah, itulah beberapa macam teks dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sebenarnya masih ada lagi macam-macam teks yang laen. Namun, karena aing agak malas, aing hanya menyajikan 8 aja. Oh yah, pembahasan lebih lanjut untuk masing-masing macam teks bakal aing posting lain kali. Kalau ada tambahan atau kesalahan, silakan sampaikan di kolom komentar. Sampai jumpa di postingan selanjutnnya. Bye~

Jangan lupa juga baca tentang Onion Putih

No comments:

Post a Comment