Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.


Friday, January 29, 2021

Catur Hexagonal REX [Varian Catur]

Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang rakus lagi ganas . Tentu saja, masin di blog kesayangan kita yang penuh dengan petualangan mengarungi hidup ini, KnK Land. Kali ini, aing akan membahas tentang salah satu varian catur.


Permainan catur merupakan permainan yang sangat populer di kalangan manusia. Selain catur, ada banyak permainan papan yang dikembangkan di dunia seperti Shogi dan Igo. Tidak sampai disitu, terdapat banyak inovasi yang muncul sehingga muncullah berbagai varian permainan papan yang terinspirasi dari catur serta permainan papan lainnya. Ada yang menggunakan aturan baru, ada yang menggukanan bentuk papan yang baru, ada yang menggunakan tambahan piece spesial dengan gerakan yang unik, dan lain-lain. Salah satu varian catur yang telah dikembangkan adalah REX. REX adalah varian dari permainan catur. Aturan sama yakni menskakmat lawan. Selain itu, piece atau biji catur yang digunakannya juga sama mulai dari raja (king), menteri (queen), gajah (bishop), kuda (knight), benteng (rook), dan pion (pawn). Yang berbeda dari catur ini adalah papannya yang bukan menggukan petak berbentuk kotak-kotak persegi, melainkan segienam. Akibatnya, gerakan biji catur pun menjadi berbeda tidak sama seperti catur biasanya.

 

Berikut adalah gerakan-gerakan piece pada papan hexagonal permainan REX.

 





Gerakan-gerakan piece caturnya disesuaikan dengan gerakan pada catur biasa.


Disamping gerakan biji caturnya, aturannya masih sama, yakni menskakmat raja lawan agar bisa menang, bisa en passant, dan pion bisa dipromosi saat telah mencapai baris paling depan. Hal yang berbeda adalah tidak ada rokade atau castling, serta gerakan makan pion sama dengan gerakan biasanya.


Berikut adalah settingan mulainya permainan.


 

Perhatikan bahwa dalam permainan REX ini terdapat tambahan pion dan gajah. Nah, kelima pion di depan dapat melangkah 2 kali saat pertama kali bergerak (sama seperti catur biasa) tapi pion di belakang gak bisa. Kelima pion tersebut dapat melangkahi 2 segienam yang berada dalam satu garis lurus selama gak ditempati biji catur lain.


Nah, itulah sedikit mengenai permainan catur REX. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa baca disini. SEkian postingan dari aing. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

No comments:

Post a Comment