Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.


Friday, January 29, 2021

Huruf Al-Qamariyah dan Asy-Syamsyiyah

Al-Qamariyah dan Asy-Syamsyiyah

 

Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang karismatik lagi istimewa . Tentu saja, masih di blog kesayangan kita yang keren ini, KnK Land. Kali ini, aing kembali membahas tentang bahasa Arab. Sebelumnya, aing pernah membahas tentang definite article pada bahasa Arab yakni alif laf ta'rif. Nah, postingan ini bisa dibilang postingan lanjutan dari postingan itu. Baiklah, langsung saja kita cekidoot, matey .






Alif lam ta'rif digunakan pada suatu isim agar isim tersebut berubah dari bentuk nakirah (umum) ke bentuk ma'rifat (khusus). Nah, alif lam ini kadang dibaca kadang tidak tergantung huruf pertama dari isim tersebut. Sebagai contoh, bahasa Arab dari sudut adalah الزاوية yang dibaca "az-zaawiyah" bukan "al-zaawiyah".

Seperti yang aing bilang tadi huruf lam dibaca atau tidak tergantung dari huruf pertama dari isim. Nah, huruf-huruf dalam bahasa Arab dibagi menjadi dua yakni huruf al-qamariyah dan huruf asy-syamsyiyah.

Apabila suatu isim yang diawali huruf al-qamariyah lalu ditambahi alif lam ta'rif di depannya, maka huruf lam-nya dibaca jelas bagaikan bulan purnama di malam hari.

Apabila suatu isim yang diawali huruf asy-syamsiyah lalu ditambahi alif lam ta'rif di depannya, maka huruf lam-nya tidak dibaca dan langsung mentasydidkan huruf pertama isim tersebut sehingga seolah-olah huruf lam-nya tidak jelas adanya bagaikan matahari di tengah hari yang tidak bisa dilihat secara jelas.

Sebagai contoh, kata "ujian" bahasa arabnya adalah امتحان (Imtihaan). Karena امتحان diawali huruf ا (alif/hamzah) yang merupakan huruf al-qamariyah, maka ال pada الامتحان dibaca jelas yakni dibaca "al-imtihaan".

Huruf-huruf al-qamariyah antara lain:
ا\ء,ب,ج,ح,خ,ع,غ,ف,ق,ك,م,و,ه,ي

Huruf-huruf asy-samsyiyah antara lain:

ت,ث,د,ذ,ر,ز,س,ش,ص,ض,ط,ظ,ل,ن



Nah, itulah huruf-huruf al-qamariyah dan huruf-huruf asy-syimsyiyah. Silakan kalian hapal dan praktekkan dalam kehidupan sehari-hari untuk men-ta'rifkan kata benda atau isim. Sebenarnya sih kalian gak perlu hapal, tapi cukup dibiasakan. Bahkan, kalau kalian sering baca Al-Qur'an, kemungkinan besar kalian tidak perlu hapal karena udah terbiasa. Okey, cukup sekian postingan dari aing. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

No comments:

Post a Comment