Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.




Tuesday, July 27, 2021

Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan

Pohon Pohong
Hai hai semua . Ketemu lagi sama aye, Admin K yang kece, pinter, dan baik hati. Tentu saja, masih di blog kesayangan qta yang penuh dengan bayang-bayang keindahan ini, KnK Land.


Di dunia ini ada berbagai macam makhluk hidup, ada hewan, ada tumbuhan, ada manusia, ada protista, monera, bakteri, jamur, jin ifrit, dll. Menurut para sayentis eh saintis, salah dua ciri makhluk hidup adalah bergerak dan peka terhadap rangsangan. Jelas bahwa hewan dan manusia itu bergerak dan peka kecuali si doi yang gak peka-peka dengan cintamu. Trus, bagaimana dengan tumbuhan? Apakah tumbuhan itu bergerak? Ataukah mager kayak no life? Jawabannya, langsung aja cekidoot .

Salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak. Jadi tumbuhan juga bisa bergerak. Meskipun tumbuhan bisa bergerak, gerakan tumbuhan gak selincah gerakan hewan yah meskipun ada juga tumbuhan yang bisa terbang tapi jarang ditemukan tumbuhan yang bisa terbang. Bagi kalian yang tau apa tumbuhan yang bisa terbang, silakan taruh di komeng nanti aye kasih hadiah.

Berbeda dengan manusia dan hewan, tumbuhan tidak mempunyai sistem syaraf. Yang ada hanyalah sistem hormon.

Gerak pada tumbuhan dapat dibagi menjadi 2 yakni gerak endonom dan gerak etionom

1. Gerak Endonom

Gerak endonom atau biasanya disebut autobot autonom adalah gerak yang penyebabnya tidak diketahui secara pasti. Namun, diperkirakan gerak ini berasal dari ahh rangsangan dari dalam tumbuhan itu sendiri. Yah, bisa dibilang gerak ini terjadi bukan disebabkan oleh rangsangan dari luar tetapi diakibatkan oleh metabolisme tumbuhan itu sendiri. Contohnya itu gerak nutasi (gerak ujung batang atau bagian lain yang tumbuh), siklosis (gerak sitoplasma pada sel daun Hydrilla verticillata), dan gerak higroskopis (pecahnya kulit buah atau membukanya kotak spora akibat perubahan kadar air dalam tumbuhan).

2. Gerak Etionom

Gerak etionom atau esionom (sama saja yah) adalah kebalikan dari gerak endonom. Gerak etionom adalah gerak pada tumbuhan yang diakibatkan oleh ahh rangsangan dari luar. Rangsangannya bisa berupa gravitasi bumi, zat kimia, atau cahaya. Gerak etionom pada tumbuhan dibagi menjadi gerak tropisme, nasti dan taksis.

a. Gerak Tropisme

Gerak Tropisme adalah merupakan gerak pada tumbuhan yang arah gerakannya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Apabila gerakannya menuju ke arah rangsangan maka disebut tropisme positif, sebaliknya apabila menjauh dari arah rangsangan disebut tropisme negatif.

Berdasarkan apa yang merangsang tumbuhan bergerak, gerak tropisme dibagi lagi menjadi fototropisme (gerak akibat rangsangan cahaya), geotropisme (gerak akibat pengaruh gaya gravitasi bumi), hidrotropisme (gerak akibat rangsangan dari air), kemotropisme (akibat rangsangan zat kimia), dan tigmotropisme (gerak akibat adanya rangsangan satu sisi atau persinggungnan).

b. Gerak Nasti

Gerak nasti adalah gerak pada tumbuhan yang terjadi akibat rangsangan tapi arahnya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Arah gerakannya dipengaruhi oleh tumbuhan itu sendiri, misalnya saja karena perubahan tekanan turgor.

Berdasarkan apa yang merangsang tumbuhan bergerak, gerak nasti dibagi lagi menjadi fotonasti (akibat cahaya), niktinasti (akibat kegelapan), tigmonasti atau seismonasti (akibat sentuhan atau getaran), termonasti (akibat suhu), haptonasti (akibat sentuhan serangga), dan nasti kompleks (akibat beberapa faktor sekaligus).

Contoh nasti adalah mekarnya bunga tulip akibat perubahan suhu (termonasti). Bunga-bunga tulip akan mekar jika terjadi kenaikan suhu yang mendadak dan menutup kembali apabila suhu turun.

c. Gerak Taksis

Gerak taksis adalah pergerakan seluruh tubuh atau bagian tubuh tumbuhan yang arah perpindahannya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Gerakan yang arahnya mendekati sumber rangsangan disebut taksis positif, dan gerakan menjauhi arah rangsangan disebut taksis negatif.

Berdasarkan jenis rangsangannya, gerak taksis dibagi lagi menjadi kemotaksis (akibat rangsangan zat kimia), dan fototaksis (akibat rangsangan cahaya).

Nah, sekian rangkuman sedikit dari aye mengenai macam-macam gerak pada tumbuhan. Semoga bisa bermanfaat ya. Kalau ada tambahan atau kesalahan, mohon sampaikan di kolom komentar. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye~




No comments:

Post a Comment