Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.




Tuesday, March 2, 2021

Huruf Jarr Fii dan 'Alaa

 




Hai hai semua ^_^ Aye Admin K. Di postingan kali ini, aye bakal ngebahas tentang bahasa Arab. Topik yang bakal aye bahas kali ini adalah huruf jarr. Apa itu huruf jarr? Huruf jarr adalah huruf yang dapat memajrurkan (mengkasrahkan huruf terakhir) isim setelahnya. Nah, huruf jarr yang bakal aye bahas kali ini adalah huruf jarr فِي dan عَلَى.

 

 


فِي adalah huruf jarr yang menunjukkan keterangan tempat atau waktu. Artinya adalah "di" atau "di dalam" mirip dengan kata "in" dalam bahasa Inggris.


Contoh:


قََرَأْتُ كِتَابًا فِيْ الصَّبَاحِ (Saya membaca buku di pagi hari)

 

أَبِيْ يَطْبَخُ الأَرُزٌّ فِيْ الْمَطْبَخِ (Ayahku sedang memasak nasi di dapur) 


Perhatikan harakat di akhir isim setelah huruf jarr menjadi kasrah. Yang awalnya الصَّبَاحُ menjadi الصَّبَاحِ karena ada huruf jarr فِيْ di depan. Hal yang sama juga berlaku pada الْمَطْبَخُ menjadi الْمَطْبَخِ. Inilah yang disebut isim dengan i'rab majrur.


عَلَى adalah huruf jarr yang menunjukkan keterangan tempat di atas. Artinya adalah "di atas" mirip dengan kata "on" dalam bahasa Inggris. عَلَى juga memiliki arti "menimpa", "berada di atas", dll tergantung konteks kalimat. Namun, untuk menunjukkan posisi benda di atas benda lain, عَلَى digunakan pada benda yang bersentuhan langsung, contohnya buku di atas  meja. Adapun untuk burung yang terbang di atas pohon, atau langit-langit kamar di atas kasur tidak menggunakan عَلَى melainkan فَوْقَ apabila menunjukkan keterangan objek berada di atas benda lain tapi ada objek lain yang mengantarainya (misal udara).


Contoh:

اَلْكِتَابُ عَلَى الْمَكْتَبِ (Buku itu ada di atas meja)

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ (Islam dibangun atas lima [rukun])


Yap, karena عَلَى adalah huruf jarr, maka huruf terakhir isim setelahnya berharakat kasrah atau kasratain.


Okeh. Cukup sekian postingan aye kali ini. Postingan ini emang pendek tapi semoga aja berfaedah. Jika kalian masih belum faham atau pengen mencari contoh lain, alangkah baiknya membaca atau belajar dari berbagai referensi. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.  Bye~

No comments:

Post a Comment