Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.




Tuesday, April 20, 2021

Hadits Hasan



Hadits Hasan (bahasa Arab: الحديث الحسنAl-Hadîts al-Ḥasan) adalah tingkatan hadits yang ada di bawah hadits Shahih. Menurut Imam Tirmidzi, hadits Hasan adalah hadits yang tidak berisi informasi yang bohong, tidak bertentangan dengan hadits lain dan Al-Qur'an dan informasinya kabur, serta memiliki lebih dari satu Sanad. Selain itu, menurut Abdul Karim, hadits Hasan juga merupakan hadits yang diriwayatkan oleh rawi terkenal dan disetujui keakuratannya oleh sebagian besar pakar hadits yang tingkatannya berada di bawah hadist shahih dan berada di atas hadist dhaif. 

 

Catur For Dummies - Seri 3 (Gerakan Ratu/Menteri)

 


Hai hai semua ^_^ Aye Admin K. Kembali lagi di seri Catur For Dummies. Kalo sebelumnya aye udah ngebahas tentang gerakan pion dan gerakan pion dan gerakan raja. Nah, kali ini, aye bakal ngebahas tentang gerakan ratu atau menteri (bahasa Inggrisnya Queen). Okeh, langsung aja yah kita cekidoot.

Operasi pada Matematika Part 2 (Perpangkatan)

 

pangkat

Hai hai semua ^_^ Aye Admin K. Pada tahun 2018, aye pernah membuat postingan tentang operasi pada matematika yang part 1. Wah, lama banget yah, udah bertahun-tahun tapi belum keluar-keluar part 2-nya. Nah, oleh karena itu aye inisiatif untuk membuat part 2-nya yang gak panjang-panjang, hanya ngebahas satu operasi saja yakni operasi perpangkatan.

Monday, April 19, 2021

Cara Menggambar Grafik Fungsi (Part 1 - Cara Klasik)

 

Grafik Fungsi


Hai hai semua ^_^ Aye Admin K. Kali ini aye akan membahas cara menggambar grafik fungsi. Mungkin kalian merasa sangat kesulitan dan pengen meronta-ronta saat ingin menggambar grafik fungsi. Kalau begitu, postingan ini sangat cocok sekali banget bagi kalian yang mengalami kegundahan dan kegelisahan tersebut. Jika seandainya kalian udah baca postingan ini dan masih saja kesulitan maka itu kesalahan kalian sendiri karena telah lahir di dunia ini dan tidak mengonsumsi banyak nutrisi penunjang otak sehingga kalian harus menyerah untuk belajar menggambar grafik fungsi. Namun, kalau kalian masih belum menyerah, kalian bisa baca postingan ini lagi dan lagi, atau cari bahan materi yang lain.

Sunday, April 18, 2021

Pengantar Aljabar Abstrak, Pembahasan Grup (Definisi Grup)

aljabar abstrak
Hai hai semua . Ketemu lagi sama aye, Admin K yang kaya lagi berkelas . Tentu saja, masih di blog kesayangan kita yang penuh dengan ribuan pengunjung ini, KnK Land. Kali ini, aye akan ngebahas tentang salah satu bidang matematika yang matematika banget yaknil aljabar abstrak. Hmm, nama yang mengerikkan ya untuk suatu bidang dalam matematika. Oleh karena itu disini aye akan memperkenalkan dasar aljabar abstrak dimulai dari membahas tentang grup. Seperti kata pepatah, "Tak maka tak berani", marilah kita berkenalan dulu dengan aljabar abstrak. Langsung saja kita cekidoot .


Friday, April 16, 2021

Cinta


Diamlah! Hanya yang mencintai yang tau, keindahan yang dicintai. - Layla


Seberapa banyak lagi senja yang harus aku lalui, seberapa sering lagi malam yang harus aku lewati, menghitung satu per satu bintang di langit, menunggu bulan purnama datang setelah berhati-hati. Puisi sudah sering aku tulis, secangkir kopi sudah banyak yang aku habisi, musik dan liburan aku lewati sendiri. Tak, tak ada yang benar-benar aku nikmati.


Sebab harta mereka tertawa. Dunia digenggamnya karena setumpuk uang di sakunya. Mulai bercerita sudah setinggi mana pencapaian mereka, sudah sejauh mana hotel yang mereka kunjungi. Tak pernah lupa dalam men"story"kan kegiatannya sebagai bukti dan bekal eksistensi untuk dipuji. Tak, tak terbersit dalam hidupku untuk melakukannya.


Selalu berdoa kepadanya sembari mempersiapkan diri menjadi paling suci di dunia. Sebab kefanatikannya yang membuat diri mereka paling tinggi dari yang lain. Mereka semua salah, kelompok kami yang paling benar, mereka semua berdosa, maka ikutilah jalan kami. Semua yang bersebrangan dengan kami akan selamanya menjadi sesat dan terkutuk. Tak, tak ingin aku menjadi bagian dari mereka. Sungguh.


Ada yang karena sedang menyukai seseorang menyebabkan dirinya berubah menjadi puitis dan romantis, ada juga yang tiba-tiba menjadi dewasa dan gagah, ada lagi yang malah menjadi manja dan serba takut. Hidup ini hanya tentang dia, dan semua yang berhubungan dengan dia adalah kenikmatan hidup. Tak, tak pernah bisa aku seperti itu.


Seringkali kita terjebak dalam satu realitas dimana mau tidak mau kita harus ada di dalamnya. Mengeluh tentang betapa menyebalkannya orang-orang tadi adalah kesia-siaan. Memaksa orang-orang tadi berubah sesuai keinginan kita malah semakin membuat kita terlihat bodoh. Bingung akan bercerita pada siapa karena semua orang adalah penjara bagi kita. Sadarlah, saat ini dirimu objek, bukan lagi subjek.


Jadilah seperti aku, ikutilah perintahku. Bukan seperti itu! Harusnya kau begini! Semakin dibebaskan orang-orang malah akan semakin bimbang, menjiplak siapapun yang mereka mau sebagai pedoman kehidupan. Berita yang kian semrawut sebab semua hal dirasa perlu. Kita asing dalam khayal kita sendiri. kita pusing dalam lamunan kita sendiri. Dan kita sakit karena obat yang kita buat sendiri.


Bukankah kita selalu membicarakan tentang kebenaran dan kebaikan. Sesempit perdebatan antara baik dan buruk, benar dan salah, munafik dan jahat. Ada kalanya kita perlu membuka opsi ketiga, keempat atau kesepuluh. Tak apa, masalah beda akan ku bela, masalah doa akan aku jaga, tapi masalah yang lebih besar aku pasrahkan kepada yang Maha Besar. Coba katakan, "kemungkinan kita ini benar" Jangan lagi "saya paling benar." Agar kelak saat kau sendiri, aku bisa menemanimu.


Kesukaan kita tidaklah sama, selera kita juga berbeda, cara kita hidup dan menikmati hidup tentulah lain. Mari berlaku adil, jika kau besar akan aku kasih bagian terkecil, jika kau kecil akan aku kasih bagian terbesar. Hidup tentulah kompleks, apa yang merupakan kesenangan orang lain ya terima itu sebagai fakta yang ada walaupun menurutmu itu tidak menyenangkan sama sekali.


Pilih, konsekuen, dan tengok sebelah. Kasih juga sedikit cinta. Jangan bilang kau tak punya cinta, sebab dengan hidup kau telah membuktikannya. 




Raihan Immadu.

Pamulang, 16 April  2021

Selamat membaca.

Semoga bahagia.



Thursday, April 15, 2021

Permainannya Simpel, Ubah Aturan Permainannya, Mainkan Game Puzzle Asah Otak Unik Baba is You

 


Hai hai semua ^_^ Aye Admin K. Di postingan kali ini, aye akan membagikan salah satu game unik penghilang bosan dan stres tapi juga bisa bikin stres. Nama game ini adalah Baba is You. Konsep game ini memang sangatlah unik dimana kita dibolehkan mengubah aturan bermain dalam permainan. Di setiap level, aturan permainan tertuliskan dalam bentuk blok-blok yang bisa dimanipulasi dengan didorong-dorong. Dengan hanya sesimpel dorong blok, kau bisa mengubah dirimu jadi batu, mengubah rumput jadi rintangan panas yang berbahaya, bahkan kau juga bisa mengubah objek yang dijadiin goal dalam permainan.

Sunday, April 11, 2021

Bilangan Dominasi Persekitaran Pada Graf Lengkap dan Graf Bipartit Lengkap

 

 

Given graph with set of vertex and set of edge . Set subset of is called domination set if every point in is adjacent with at least one point in in graph . The minimum cardinality of all set of domination graph is called domination number. Let be a subset of , set is called a neighborhood set if with induced subgraph of . The minimum cardinality of all the neighborhood set of graph is called the neighborhood number. There are several types of neighborhood domination number depending on the parameters. In this paper we examine the transversal neighborhood domination number and global neighborhood domination number in complete graph and complete bipartite graph.

 

Teori dasar Rangkaian Listrik


       


        Halo teman-teman, kali ini saya ingin membahas nih tentang Teori - teori dasar di Rangkaian listrik sederhana. Jadi, disini kita akan belajar tentang Apa itu Arus, Tegangan, Resistansi.

  Temen-temen, pertama kita perkenalkan dulu definisi-definisi dari kuantitas-kuantitas pokok dari Analisis Rangkain. 

Muatan dan Arus

  Muatan itu adalah properti dari Elektron dan Proton, dimana satuan yang dipakai adalah C ( coloumb ) sedangkan untuk pensimbolan, kita menggunakan q. Sebenarnya kita gk perlu tau secara mendalam tentang muatan ini. Siapa bapaknya? Darimana ia berasal? dari apa ia terbuat? ini pertanyaan-pertanyaan yang tidak perlu dipertanyakan, ya setidaknya dalam konteks analisis rangkaian ( Bertanyalah seperlunya dan sesuai konteks ). Yang kita perlu tau itu disini cuma bagaimana si muatan ini bekerja, adapun properti yang penting kita hafal, adalah sebagai berikut :

- Muatan itu punya dua jenis :  muatan positif dari proton dan muatan negatif dari elektron.
- Dua muatan yang sama menolak satu sama lain, dan dua muatan yang berbeda menarik satu sama lain.
- Muatan tidak dapat dihancurkan atau diciptakan artinya dia tuh tak berubah.
- Muatan yang bergerak dapat menghasilkan medan magnet.

 Nah, Arus ini kita definisikan sebagai pergerakan dari muatan listrik per waktu dalam suatu bidang, biasanya arus kita simbolkan sebagai i, menggunakan ini i secara matematis dapat dituliskan : 




Secara konvensional, arah arus dan pergerakan elektron itu berlawanan. misal, jika arus ke kanan maka pergerakan elektron ke kiri.

Catatan : Pergerakan elektron sendiri sebenarnya sangat-sangat lambat, yang cepat mendekati kecepatan cahaya itu bukan pergerakan dari elektron tapi pergerakan dari propagasi gelombang elektromagnetik. 

Medan Listrik 

 Medan Listrik itu simpelnya adalah sebuah area yang memiliki properti sebuah potensial listrik. ini dapat kita analogikan dengan hubungan antara medan gravitasi, massa, dan energi potensial. Untuk memperjelas saja, energi potensial itu adalah kapasitas untuk melakukan sebuah usaha dan usaha akan terjadi bila terjadinya gaya yaitu pada saat objek bergerak dari satu titik ke titik lainnya.

  Ketika sebuah massa memliki energi potensial berarti ia memiliki sebuah kapasitas/potensi untuk melakukan sebuah perpindahan ( yang belum terealisasikan ). 



Pada gambar diatas jika kita asumsikan apel bermasssa 1 kg dan  berada di bumi maka dapat dikatakan bahwa apel yang berada di ketinggian 10 m itu lebih besar energi potensialnya daripada apel yang sudah jatuh. Kenapa? karena apel di ketinggian tersebut masih memiliki kapasitas untuk melakukan sebuah gaya yang disebabkan oleh gravitasi. 

Darimana kita mendapatkan energi potensialnya?  Jawabannya ialah dari medan gravitasi yang dikeluarkan oleh massa bumi. Ketika apelnya bergerak ke atas, massa dari apel menyerap energi dari medan gravitasi dan ketika apelnya jatuh, massa dari apel tersebut mengeluarkan kembali energi yang ia serap tadi ke medan gravitasi.

Sama halnya dengan hubungan massa dan medan gravitasi, 

 Medan listrik adalah sebuah kuantitas yang membuat muatan bergerak. sama seperti massa yang mengeluarkan  medan gravitasi. Medan listrik keluar dari sebuah muatan. Muatan positif mengeluarkan medan listrik yang positif, ini berartu jika ada muatan positif maka muatan tersebut akan menjauhi sumber medan listrik, dan Muatan Negatif akan menghasilkan medan listrik negatif, yang berarti jika ada muatan positif maka muatan tersebut akan tertarik ke sumber muatan.


Aku muatan yang mengeluarkan medan listrik loh 


Tegangan 

  Tegangan adalah usaha yang dibutuhkan suatu benda untuk dipindahkan dari titik potensial A ke titik potensial B tanpa meyebabkan akselerasi. Tegangan dibutuhkan agar arus dimungkinkan untuk bergerak biasanya ini dapat dianalogikan dengan tekanan dan aliran air.  Agar aliran air tercipta atau air dapat begerak at least dari atas ke bawah maka dibutuhkan tekanan yang berbeda.


Nah, hal yang sama berlaku pada muatan, muatan dimungkinkan menjadi arus bila terdapat tegangan. Secara konvensional, arah arus adalah dari potensial tinggi ke rendah sedangkan yang terjadi di dunia nyata adalah sebaliknya.



Arah arus secara kovensional.


Karena kita hanya akan menggunakan resistor. Satu lagi konsep yang harus kita perkenalkan, yaitu resistansi/hambatan. 


Resistansi/Hambatan


  Resistansi/hambatan sesuai namanya berfungsi untuk menghambat arus listrik. dapat dikatakan dong nilainya sebuah resistansi berbanding terbalik terhdap arus listrik. Artinya makin besar resistansinya maka makin sedikit arus yang melewatinya. Nah, Resistor adalah salah satu alat yang menggunakan prinsip ini. 


Dapat dilihat di gif diatas bahwa arus yang mengalir pada kabel yang terhubung dengan resistor yang memiliki resistansi 1 ohm yaitu 5 A lebih besar dari resistor yang memiliki resistansi 5 ohm yaitu 100 mA atau jika dikonversi menjadi 0,1 A.

 Ada dua sirkuit lagi yang perlu kita telisik yang nantinya kan berguna bila kita membahas teorema-teorema lainnya. yaitu Open circuit ketika tahanan pada rangkaiannya adalah sangat besar atau tak hingga dan Short circuit ketika tahanannya sangat kecil tau malahan tidak ada. 



Gif diatas merupakan gambar dari short circuit atau pada saatnya resistor atau resistansi ( yang ada hanya kabel ) tidak ada menyebabkan arus mengalir sangat kencang ( :) sehinnga menyebabkan kebakaran pada sumber tegangannya ).

 

 Sedangkan Gif yang ini adalah ketika open circuit atau ketika tahanannya adalah tak hingga, digambarkan sepeti tidak ada kabel ya memang karena tidak akan ada arus yang akan mengalir kesana dikaranekan hambatannya yang sangat besar.



Contoh ketika kita menggabungkan resistor dengan Short Circut dan Open Circuit
 
Mengkin segini dlu artikel kali ini, Jika Ada yang ingin bertanya, berkomentar, atau menyanjung Penulis boleh diutarakan lewat komentar. Terimakasih telah membaca.

Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan.



Saturday, April 10, 2021

Seni Keren dan Kreatif, Foto Karakter Hanya Menggunakan Kertas Hitam

Tuesday, April 6, 2021

Komputer Itu Mudah Dimengerti Part 1

Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang rakus lagi bersuara merdu ehem. Tentu saja, masih di blog kesayangan kita yang penuh dengan teka-teki kehidupan ini, KnK Land. Kali ini aing akan menceritakan betapa mudah dimengertinya komputer itu. Baiklah langsung aja, kita cekidoot .


Download Ebook Senja & Pagi by Alffy Rev, Linka Angelia

 


Berbicara tentang saya mirip dengan kegelapan yang telah bersembunyi untuk waktu yang lama, bertanya
Sampai Anda hadir seperti besok.

Sunday, April 4, 2021

Caramelt - Chapter 24 (Listrik Melawan Air)

Saturday, April 3, 2021

Daftar Istilah Matematika Bahasa Inggris dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

 Silakan tekan Ctrl+f untuk mencari istilah yang diinginkan ^_^