Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.




Sunday, June 27, 2021

Lingkaran Dalam Segitiga

 

Hai hai semua ^_^ Aye Admin K kembali lagi akan membahas salah satu istilah dalam matematika. Kali ini aye akan membahas tentang definisi lingkaran dalam segitiga. Seperti apa definisinya? Langsung aja, kita cekidoot


Misalkan kita punya sembarang segitiga entah sama kaki, sama sisi, siku-siku, lancip, pokoknya sebarang. 

 


Nah, di dalam segitiga tersebut kita bisa membuat lingkaran-lingkaran. Terdapat tak hingga banyaknya lingkaran yang bisa kita gambar dengan berbagai macam ukuran dalam segitiga tersebut. Kita juga bisa menggambar lingkaran yang menyinggung sisi segitiga.


Namun, ada satu lingkaran spesial dan unik dalam segitiga tersebut. Lingkaran tersebut menyinggung setiap sisi pada segitiga. Untuk sebarang segitiga, hanya terdapat satu lingkaran yang seperti ini.




Lingkaran inilah yang disebut "lingkaran dalam segitiga". Lingkaran ini punya sifat atau properti yang berkaitan erat dengan segitiganya. Dari sini kita bisa membuat beberapa pertanyaan mengenai lingkaran ini misalnya saja berapa jari-jarinya kalau misalkan panjang sisi-sisi segitiganya diketahui sekian, dan lain-lain.


Nah, cukup sekian postingan aye kali ini. Ini hanyalah postingan yang membahas definisi atau pengertian aja. Mungkin pembahasan lebih lanjut tentang lingkaran dalam segitiga bakal dibahas lain kali. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

No comments:

Post a Comment