Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Thursday, February 4, 2016

Elektron, Proton, Dan Neutron

Hai semua ^_^ Dulu mimin banyak bacot gak jelas tentang kimia. Tapi setelah mimin baca postingan ini yang dibuat sama admin laen, jadinya mimin harus segera mengeluarkan taring mimin soal kimia XD Yasudah, kali ni kita bakal ngebahas tentang elektron, proton, sama neutron. Benda apakah itu? Apakah bisa dimakan? Simak dengan baik ya ^_^ Kalo ada yang salah tolong bantu mimin biar koreksi melalui komeng. Sediakan tabel periodik sebelum baca tulisan ini.





Pelajaran kimia baru dipelajari pada saat kita udah SMA. Ya emang sih dipelajari sejak SD tapi agak samar-samar gitu. Bicara soal kimia tentu saja sangat berkaitan dengan atom. Atom merupakan partikel yang sangat penting karena semua materi di dunia terdiri atas atom. Atom terdiri atas partikel yang lebih kecil yang disebut sub-atom. Jangan sedih, di bawah ini mimin bakal jelasin.

Sub-atom terdiri atas partikel proton, neutron, dan elektron. Proton sama neutron berada di inti atom (nukleus), sedangkan elektron bergerak bebas mengelilingi inti atom. Proton bermuatan positif, sedangkan elektron bermuatan negatif, adapun neutron bermuatan netral. Selain ketiga unsur tersebut, masih ada ratusan jenis partikel lain contohnya quark.

Proton sama Elektron selalu berjumlah sama sampai terjadinya proses ionisasi dimana elektron berpindah dari suatu atom ke atom laen. Jika jumlah proton sama dengan elektron maka atom tersebut dikatakan bermuatan netral. Jika jumlah proton lebih banyak dari elektron maka atom tersebut bermuatan positif, dan sebaliknya jika elektron yang lebih banyak maka atom tersebut dikatakan bemuatan negatif. Proton gak bakal mindah kecuali dengan menggunakan metode khusus yang tentu saja susah banget dengan tujuan membuat unsur buatan. Unsur yang gak bermuatan netral disebut ion. Adapun ion bermuatan negatif disebut anion, sedangkan yang bermuatan positif disebut kation.

Setiap unsur pasti punya jumlah elektron dan proton yang berbeda, hidrogen bermuatan netral memiliki 1 elektron dan 1 proton, helium punya 2 elektron dan 2 proton, dst. Adapun untuk neutron walaupun atomnya merupakan unsur yang sama tidak selalu memiliki jumlah neutron yang sama.

Nah, udah ngerti kan? Untuk contoh liat gambar model Nitrogen berikut biar pada ngerti.
Yang biru adalah proton, yang mermud adalah neutron, sedangkan yang ungu adalah elektron. Ingat! Ini bukan warna yang sesungguhnya! Nitrogen nomor atomnya 7 maka elektron sama protonnya 7.







Nah, udah ngerti kan? Udah tau kan perbedaan dari ketiga partikel tersebut? Nanti, mimin bakal kasih tau tentang apa itu nomor atom, terus apa itu isotop, isoton, sama isobar. Eh, udah tau cara ngebaca tabel periodik? Mungkin aja mimin bakal kasih tau cara ngebaca tabel periodik. Sekian and goodbye (^_^)V

Jangan lupa juga
Baca tentang Pokemon Rotom

Baca tentang indera manusia ternyata lebih dari lima

Baca tentang meme Stanley Stoner

No comments:

Post a Comment