Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.






Tuesday, June 22, 2021

Seri Eksperimen Pikiran : p-Zombi


 

 Halo balik lagi dengan Sawer Dong, di postingan eksperimen pikiran, kali ini saya akan mengajukan ekperimen pikiran dari filsafat kesadaran. yap, sesuai judul kita akan bakalan membahas tentang zombi.

 Eksperimen pikiran p-Zombil ( philosopical zombie ) adalah eksperimen pikiran yang dipopulerkan oleh David Chalmer untuk melawan gerakan/mazhab Fisikalisme. Apa itu fisikalisme? Singkatnya, fisikalisme adalah paham filsafat yang berpendapat bahwa fenomena mental dapat direduksi ke fenomena fisik, atau dengan kata lain,   bahwa mental itu tak lain dan tak bukan timbul dari fenomena fisik. Sebenarnya argumen p-zombi ini punya banyak tipe ( kalian bisa merekontruksi bermacam-macam tipe ), tapi memiliki ciri umum, yaitu ketiadaan qualia. 

Apalagi itu qualia? well, ada banyak definisi qualia, tapi bila disingkat qualia itu aspek mental subjektif yang menjawab pertanyaan " seperti apa rasanya ", ketika saya katakan " seperti apa rasanya sih jadi Admin K ? " nah itu berarti saya sedang bertanya tentang qualia admin K. Mari lanjut.

Bayangkan sebuah manusia yang hampir sama seperti kita, mereka punya relfeks sakit, makan, beranu-anu, dan seterusnya, tapi  punya satu kekurangan, yaitu tidak memiliki qualia.  Misal ketika kesakitan ( refleks saat sakit ), mereka tidak merasakan rasa sakitnya, begitu pula dengan hal-hal lainnya. Sebenarnya tak terbatas manusia tapi semua mahluk. Nah, makhluk yang memenuhi ciri-ciri diatas kita namakan zombie.

Disini David Chalmer mengajak kita membanyangkan sebuah dunia, Dunia ini semua isinya adalah zombi. Kata Chalmer dengan membanyangkan dunia yang seperti itu kita dapat membuktikan baha fisikalisme salah. Jika kita susun, argumennya begini:

1. Menurut fisikalisme, apa yang ada di dunia adalah hal fisik.
2. Jika benar, jika ada dunia kemungkinan yang memiliki hal fisik sama seperti dunia kita, maka dunia kemungkinan tersebut pasti akan menghasilkan kesadaran.
3. FAKTANYA, kita dapat membayangkan dunia kemungkinan yang sama dengan kita, dan di dunia tersebut dapat dibayangkan isinya adalah zombi.
4.  Berdasarkan fakta 3, maka fisikalisme salah.

Tentu bila kita melihat argumen yang diajukan David chalmer, ia secara implisit menyatakan bahwa yang mungkin dibayangkan itu mungkin terjadi, atau dengan kata lain, jika mungkin secara epistemik maka mungkin secara metafisik. Apa kah ini benar? Itu seterah kepercayaan anda wahai para pembaca.

Menyatakan argumen Chalmer ini benar maka berarti menerima kemungkinan bahwa dunia ini seperti apa yang dikatakan oleh Carteisus, bahwa pada dasarnya dunia ini memiliki dua subtansi yaitu mental dan fisik.

Yap, jadi sekian postingan kali ini, terimakasih bagi para pembaca yang sudah membaca postingan kali ini. Ingat ! Pandemi belum berakhir, tetap jaga kesehatan dan jarak. saya Sawer Dong undur diri, sampai jumpa di postingan selanjutnya.


Wednesday, June 16, 2021

Deduksi ala Betrand Russell : Ide Primitif dan Simbolnya

 



Halo.. gan. balik lagi dengan saya, ini merupakan postingan logika lainnya selain mantiq. Jika, sebelumnya di mantiq dahulu kita membicarakan logika kategoris. Sekarang, dipostingan ini, kita mulai mengeksplors logika tatanan pertama ( first order logic ) yang diperkenalkan oleh lord Russell.

  Sebenarnya ini terjadi karena lord melihat kerancuan dari logika kategorisnya aristoteles.ketika dikatakan bahwa " Socrates adalah manusia " menurut aristoteles, "socrates" disana adalah sebuah subjek sedangkan menurut lord, "Socrates" disana adalah sebuah predikat karena kita bisa mentransletkan kalimat "Socrates adalah manusia" itu menjadi ada x jika x adalah socrates maka x adalah manusia. Jelas, kalau kita translet seperti tadi ke logika tatanan pertama "sokrates" menjadi sebuah predikat, dengan tadi maka menurutnya logika kategorisnya aristoteles dapat mengakibatkan kerancuan kategoris.


Tapi, jauh dari diatas, sekarang kita akan membahas dlu hal-hal mendasar dari logika lord ini. Disini kita akan bahas ide primitif atau yang lord sebut sebagai undefined term. 


1. Asersi


Setiap proposisi dapat merupakan asersi atau hanya bagian. ketika saya mengatakan " wody telah mati " maka ini saya meng-asersi proposisi " wody telah mati ", tapi ketika saya mengatakan " ' wody telah mati ' adalah sebuah proposisi " maka ini saya sedang mengasersi hal lain, dimana disini ' wody telah mati ' hanya menjadi bagian. Sama seperti pada proposisi hipotesis bersyarat atau Qadhiyah syartiyah mutassilah yaitu " jika a=b maka b=a ", disini terdapat dua proposisi yang tidak diasersi yaitu "a=b" dan "b=a", sementara yang diasersi adalah hal pertama mengimplikasikan hal kedua. atau dalam bahasa sehari-harinya " jika ini maka ini " . Secara simbol jika kita ingin mengatakan bahwa proposisi p adalah asersi maka dapat ditulis :


                                                                           


dimana " " adalah tanda asersi yang dapat dibaca " benar bahwa ", sedangkan titik menandakan cangkupan asersinya, cangkupannya dimulai setelah tanda titik sampai ketemu titik yang jumlahnya sama atau akhir dari kalimatnya. jadi  "  " berarti " benar bahwa  p mengimplikasikan q ", sedangkan  "  " berarti " benar bahwa p; mengimplikasikan benar bahwa q " atau " P benar; maka q benar ".  Contoh pertama itu tidak selalu melibatkan tentang kebenaran p atau q sedangkan contoh kedua itu melibatkan.


2. Implikasi

 

 Russel menyatakan implikasi adalah relasi antara 2 entitas p dan q dimana p tidak benar atau q benar. Jadi, ketika saya mengatakan " p mengimplikasikan q " itu sebenarnya hanya kata lain dari " p tidak benar atau q benar".  Proposisi " p mengimplikasikan q " itu ekivalen dengan " jika p benar maka q benar ", dan "jika q salah maka p salah".  Implikasi disimbolkan dengan  "  " . Ia disini juga menyatakan bahwa p dan q haruslah sebuah proposisi untuk membuat proposisi "   "  ini benar. Ini saya kira poin penting yang harus kita ingat, karena Russel tidak menyatakan bahwa semua statemen itu adalah proposisi. 


3. Fungsi proposisi


 Semua statemen mengenai x bisa dinyatakan dalam ekpresi:


                                                                                     

atau A(x), B (x), dll. Untuk dua varaibel maka digunakan :

                                                                                   

atau A(x, y), B(x,y), dll. Untuk variabel lebihnya banyak maka tinggal tambahin aja. Nah, jika fungsi ini mempunyai nilai maka itu adalah Fungsi proposisi. Dengan ini, kita juga dapat mengatakan "  " merupakan fungsi proposisi dari variabel p dan q. Ketika fungsi C(x) itu diasersi ini maknanya ekpresi tersbut benar di semua nilai dari variabel x. Misal :

                                                                                

ini berarti " benar bahwa untuk semua nilai p, p mengimplikasikan p ". Ingat C(x) belum tentu berlaku di semua argumen, misal, kalau C(x) itu " x merupakan proposisi ", ini bakalan salah kalau kita asersi, ya karena x itu tidak selalu proposisi. Tapi kalau kita pakai C() Maka ini benar karena memang benar itu adalah proposisi.

4. Negasi 

 Sebuah proposisi  "  p itu tidak benar " dinyatakan dalam ekpresi:

                                                                                     
yang akan benar bila p itu bukan proposisi atau p itu merupakan proposisi yang salah, dan akan salah bila p itu merupakan proposisi yang benar.

Oke.. mungkin segini aja dulu pada postingan kali ini,  sampai jumpa untuk postingan russell selanjutnya. Selanjutnya bila diridhoi dengan yang maha kuasa, kita akan membaha proposisi primitif. bye ~~


Tuesday, June 1, 2021

Paper PDF Biologi Bahasa Jerman - Anlockwirkung moderner Leuchtmittel auf nachtaktive Insekten (Daya Tarik Lampu Modern Terhadap Serangga Nokturnal)

Monday, May 31, 2021

"Ambil Sebarang Bilangan Aljabar" Simulator

Saturday, May 29, 2021

"Ambil Sebarang Polinomial Berkoefisien Bilangan Bulat" Simulator

Friday, May 28, 2021

Cerita Abal - Tragedi Si Kembar dengan Library

Hai hai semua ^_^ Aye Admin K udah lama banget dari tahun 2018 gak nulis cerita abal lagi. Yaudah, daripada lama-lama langsung aja yaah.

Thursday, May 27, 2021

Stalin bukan diktator, bahkan CIA mengakui ini

 


Halo.. halo kembali lagi dengan saya - Sawer Dong -, pada postingan kali ini, saya akan mencoba debunk "Bonk", salah satu mitos yang difitnahkan ke papa Stalin 😭😭😭.


“I have never met a man more candid, fair and honest, and to these qualities it is, and to nothing occult and sinister, that he owes his tremendous undisputed ascendency in Russia. I had thought before I saw him that he might be where he was because men were afraid of him, but I realize that he owes his position to the fact that no one is afraid of him and everybody trusts him.”


~H.G. Wells on Stalin


Kita mulai dari pertanyaan, apa sih kedudukan stalin di rezim komunis USSR?

 

Kedudukan atau jabatannya dalam USSR atau bahkan partai komunis itu sendiri bukan yang paling tertinggi. Ia bukan presiden dari Presidium dari komite eksekutif pusat seluruh soviet, jabatan itu dipegang oleh kalinin, yang secara umum dapat disebut sebagai Presiden dari USSR. Ia juga bukan presiden dari Sovnarkom RSFSR atau USSR ( jabatan yang pernah dipegang lenin ), posisi tersebut dipegang Molotov, yang secara umum dapat disebut sebagai perdana menteri dari parlemen demokrasi. Ia juga bahkan bukan presiden dari presidium komite sentral partai, Si stalin ini itu hanya sekretaris jenderal dari partai.


sebagai sekretaris jendral pun, ia pernah mengajukan pengunduran diri, tercatat 4 kali. 


Stalin sendiri terpilih sebagai sekretaris jenderal itu pada april 1922, mencoba resign pertama kali di meeting komite sentral setelah kongress ke 13, Stalin disini mengundurkan diri karena surat dari lenin yang mengatakan kalau stalin itu terlalu kasar,  tapi ditolak oleh mayoritas delegasinya bahkan oleh trotsky yang kita tau nantinya jadi oposisi. Terus melakuka dua kali percobaan resign lagi dari 27 desember 1926 dan 19 desember 1927. Percobaan resign terkahir atau keempat itu pada tahun 1952, pada saat itu ada suara dari lantai " Kita perlu memilih kamerad stalin sebagai sekretaris jendaral CC CPSU dan Ketua dewan Menteri Uni Soviet ", kemudia, Stalin nyahut " Tidak, aku bahkan meminta untuk dicopot dari dua jabatan itu". 


Mana mungkinkan seorang diktator mengajukan pengunduran diri seperti stalin. 


Terus dari Gover Furr, Stalin itu bahkan ingin mereformasi demokrasi. Menurutnya ada tige programnya paling essensial, yaitu :


a) Untuk melaksanakan pemungutan suara dan pengambilan keputusan universal pada sebagian besar pertanyaan terpenting dari kehidupan pemerintahan baik dalam bidang sosial dan ekonomi, serta dalam pertanyaan tentang kondisi kehidupan dan perkembangan budaya;


b) Untuk mengembangkan inisiatif legislatif secara luas dari bawah, dengan memberikan hak kepada organisasi sosial untuk tunduk pada proposal Tertinggi Soviet untuk undang-undang baru;


c) Untuk mengkonfirmasi hak warga negara dan organisasi sosial untuk secara langsung mengajukan proposal kepada Soviet Tertinggi tentang pertanyaan paling penting dari kebijakan internasional dan internal;


Yang terakhir adalah surat dari CIA sendiri





USSR sendiri mempunyai prinsip pemerintahan Sentralisme sukarela atau demokrasi tersentral, jadi putusan itu dipilih secara kolektif ketika putusan telah terpilih maka mau gk mau semua harus menjalankan keputusan tersebut. 






Seperti yang terlihat digambar diatas ada 16 Soviet Socialist Union Republics dan berbagai turunannya.




 



Seperti terlihat diatas Soviet Tertinggi itu memiliki dua bagian atau kamar, yang pertama Soviet of the Union dan yang kedua Soviet of the Nationalities. Yang mana dua bagian ini dipilih secara berbeda, lihat tanda panahnya. Sebagai tambahan setiap deputy itu dipilih oleh rakyat dan bisa dengan begitu langsung diberhentikan oleh yang memilih. Ini berbeda dengan pemilu kita, yang ketika terpilih maka yang terpilih mempunyai kekuasaan sampai batas waktu yang telah ditentukan. Untuk aspek-aspek lain dari pemerintahan soviet, kalian bisa baca buku di referensi ke-7 dibawah.

Dengan Stuktur yang sangat kolektif ini, bagaimana muncul kediktatoran?

Yak, jadi segini dulu postingan saya kali ini, disini saya gk mencoba untuk merubah pandangan kalian ya, disini saya cuma menyuguhkan penggambaran sejarah yang berbeda.

Jadi, terima kasih yang sudah membaca, Sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya. Bye ~~~

Referensi : 


[1] Stalin on Enlarging the Central Committee – Seventeen Moments in Soviet History (msu.edu)
[2] Service, R, Stalin : A Biiography
[3] Pyzhikov, A. “N.A. Voznesenskii o perspektivakh poselvoennogo obnovleniia obshchestva.” in Furr, Stalin and the Struggle for Democratic Reform
[5] Sidney and Beatrice Webb: Is Stalin a Dictator? (mltranslations.org)
[6] COMMENTS ON THE CHANGE IN SOVIET LEADERSHIP (cia.gov)
[7] V. Karpinsky, HOW THE SOVIET UNION IS GOVERNED


Wednesday, May 26, 2021

Natural Dyes and Sythetic Dyes

 

Clothing, bags, shoes, hair, food and drinks are some of the things around us that have a variety of beautiful colors who see it interested to have it. But most of us don't know and don't want to know about the type of dyes used on these objects, is it safe for health and how it effects if these dyes enter our bodies. Therefore, here is the information about coloring substances, especially in food.

Download Komik One Piece Chapter 374 (File CBR)

Tuesday, May 25, 2021

Daftar Isi Seri Eksperimen Pikiran

Proyek Penulisan Buku "Buku Tak Berguna" [Update 25 Mei 2021]


Hai semua para pengunjung KnK Land . Di postingan ini, aing, Admin K mau  mengumumkan kalau aing punya proyek pembuatan buku. Buku ini berjudul "Buku Tak Berguna". Sesuai dengan judulnya, buku ini memang tidak berguna. Kenapa tidak berguna? Ya, silakan baca di bukunya kalau pengen tahu. Buku ini berisi berbagai konten tentang berbagai macam hal yang disajikan seperti buku-buku matematika. Buku ini diawali dengan sedikit basa-basi, kemudian intinya dibuka dengan pembahasan logika. Intinya sih, buku ini disajikan untuk melatih berpikir. Namun, sepertinya buku ini bakal sedikit sulit dicerna oleh orang-orang, ya itu emang disengaja soalnya aing pengen membuka sedikit space kosong bagi kalian yang pengen menafsirkan isi dari buku ini.

Monday, May 24, 2021

Seri Eksperimen Pikiran : Burdian's Ass

 


  Hai.. pembaca knkland yang saya sayangi dan cintai, pada seri postingan singkat seri eksperimen kali ini kita akan kembali lagi ke ekperimen yang berhubungan dengan pengambilan keputusan. Kali ini kita akan bahas mengenai burdian's Ass atau keledai si burdian.


Eksperimen pikirannya simpel,


asumsinya disini adalah keledai tersebut akan bergerak, bayangkan ada seekor keledai, ia dihadapi oleh dua tumpukan jerami, yang jaraknya relatif ke dirinya adlah sama atau, dengan kata lain, si keledai tepat persis di tengah-tengah kedua tumpukan jerami tersebut. Karena asumsi tadi pastinya si keledai bakalan mati kan? karena memang tidak ada yang bisa ia pilih ( keduanya memiliki jarak yang sama ).


Apakah hal ini dapat diterima? atau coba kita ambil bentuk lain yang lebih praktikal, kita ganti keledai ini sebagai manusia yang rasional. 


Bayangkan ada Seorang manusia yang rasional dia hadapkan oleh dua benda yang sama persis secara kualitas dan kuantitas. kemudian orang tersebut disuruh memilih, manakah yang ia akan pilih? 


disini pastinya dia gk bakalan secara gamblang milih salah satu diantara lainnya dikarenakan dia bakalan tidak memakai pertimbangan atau rasionalitasnya. Jadi, bagaimana dan apa yang harus ia pertimbangkan untuk memilih hal yang sama tersebut?


ada beberapa respon untuk ekperimen kali ini.


Beberapa orang akan mengatakan bahwa dia akan berakhir tidak memilih keduanya, karena memang situasinya tidak memungkinkan memilih. Tapi disini kita dapat mempertanyakan lagi, tapi tidak memilih juga merupakan hal yang tidak rasional karena bagaimanapun lebih baik memilih dibanding tidak memiliki apa-apa. Bagaimana juga kasusnya adalah ia kelaparan dan dihadapkan dua makanan yang sama. kalau tak memilih, mati konyol.


Beberapa orang lainnya, dan saya yakin ini juga merupakan pilihannya admin K ( ingat!! salah satu filosofi dari knkland ), admin K saya yakini bakalan memilih cara me-random-isasi, dia bakalan ngambil dadu atau koin buat nentuin apa yang nantinya akan dia pilih. Tapi solusi ini juga tidak menyenangkan secara aqli, ada dua masalah.


pertama, acak bisa saja dikatakan tidak cukup rasional, wut,, bergantung pada hal gak jelas, orang --- dari kota mana?


kedua, Ini akan mengakibatkan kasus burdian lagi, disini kita bisa bertanya lebih baik mana? menggunakan dadu atau koin atau 10 koin? kan sama aja, bagaimana kamu memilihnya? nah, masalah lagi kan. perntanyaan lainnya bisa dilayangkan lagi, okelah sudah milih salah satu alat, misal koin, tapi masalahnya adalah bagaimana kamu menentukan mana yang kepala dan mana yang ekor? Muncul lagi kan dillemanya. Ya dapat diakatakan bahwa milih random generator itu tidak memadai untuk menyelesaikan permasalahan.


Bagaimana para pembaca, apakah kalian punya solusi dari ekperimen ini? silahkan tulis di kolom komentar jika ada.


Oke, sekian dulu postingan kali ini, bye ~~~~~


Friday, May 21, 2021

Seri Eksperimen Pikiran : Kucing Schrodinger

 



Halo ngab, balik lagi dengan saya di pos singkat seri eksperimen pikiran, kali ini kita akan berpindah dari soal mengenai pikiran ke kucing-kucingan. Sesuai judul, mungkin sebagian para pembaca-pembaca budiman knkland yang kita cintai ini dan kebanyakan orang sudah pada tau atau setidaknya denger eksperimen pikiran ini. Tapi, sayang kebanyakannya itu malah missing atau tidak dapet hal essensial yang si pembuat ini ingin sampaikan. Jadi, itulah alasan mengapa saya ingin membuat tulisan ini.


Sebenarnya tujuan Einstein dan Schrodinger dalam membuat ini tuh bukan untuk pengajaran bahwa superposisi itu ada dan dapat dibayangkan sebagai kucing yang dalam keadaan hidup dan mati. Malah sebaliknya, eksperimen pikiran ini dibuat untuk memberikan intuisi bahwa pada dasarnya teori superposisi itu tuh absurd. Jika kita memang superposisi itu ada terus konsekuensinya bakalan ada tuh yang namanya kucing hidup dan mati. Tapi kan nyatanya di dalam dunia ini dan dalam skala makroskopik, hal tersebut secara aqli tidak dimungkinkan ada. makanya bentuk ekperimennya begini :


Bayangkan ada sebuah kucing dalam kotak ( sistem tertutup ), didalamnya juga terdapat geiger counter yang memiliki subtansi radioaktif yang dalam sejam akan meluruh atau tidak. jika meluruh maka akan mentrigger sebuah  palu untuk memecahkan botol yang didalamnya ada asam hidrosianida.


pertanyaanya apa yang akan terjadi dalam sejam kemudian jika kita meninggalkan kotak tersebut? Jelas jika meluruh, kucing bakalan mati sedangkan bila tidak meluruh maka kucing tersebut akan hidup. Tapi, kalau kita lihat pada inteprestasi kopenhagen kucing akan menjadi dalam keadaan hidup dan mati selama tidak ada pengamat. Ini merupakan hal yang absurd dan karenanya pasti intepretasi ini salah. Einstein pun juga mengatakannya begitu dalam suratnya kepada Schrodinger tetapi disini einstein menyebut sistemnya adalah atom radioaktif + amplifier + Bubuk mesiu + kucing dalam kotak. jadi meraka menyimpulkan bahwa ada variabel tersembunyi dalam mekanika kuantum yang belum mereka ketahui sehingga membuat teori kuantum terlihat paradoksial atau kontradiksi.


Tapi, ternyata pada tahun 1964, bell lewat teorema bell membuktikan bahwa dugaan si dua fisikawan tersebut salah.


oke, kawan-kawan. Jadi segini dlu untuk eksperimen pikiran pada kali ini. seperti biasa komenlah sesuka hati selagi tidak melangar aturan yang diterapkan admin k.

Stay alive dan jangan mengarthuria.. bye ~~

Wednesday, May 19, 2021

"Ambil Sebarang Bilangan Constructible" Simulator

Tuesday, May 18, 2021

Seri Eksperimen Pikiran : Teka-teki racun si Kavka

 


  Halo.... ketemu lagi sama saya alias Sawer Dong. kali ini kita akan melanjutkan pos singkat seri eksperimen pikiran. Kali inikita bakalan bahas yang berhubungan dengan filsafat politik, kenapa dikatakan begitu? karena kali ini kita akan membahas tentang decision atau keputusan.

 Eksperimen pikiran kavka adalah eksperimen yang diciptakan oleh seorang filsuf moral dan politik yang bernama Gregory Stephen Kavka, eksperimen ini ia ciptakan untuk mendukung teori pencegahan yang berhubungan dengan pemakain nuklir. Kavka berpendapat bahwa ada situasi dimana intensi ( niat ) dan aksi dari orang rasional itu berbeda. Mari kita mulai ekperimennya :

Bayangkan anda adalah seorang yang sangat beruntung karena telah mendapatkan tawaran dari seorang biliuner aneh, ia memberikan penawaran bahwa jika anda pada malam ini berniat akan meminum racun yang ia berikan besok sore,  maka, paginya anda akan mendapatkan uang 1 triliun darinya. 
 
kemudian si billionare ini menegaskan dua hal: pertama racun tersebut tidak akan membahayakan hidup anda atau memberikan efek samping yang merugikan di kemudian hari, yang terjadi adalah anda akan kesakitan yang amat sakit selama satu hari. kedua : sebenarnya anda tidak perlu meminumnya, cukup anda berniat saja pada malam harinya. jika besok anda berubah pikiran maka anda boleh saja menolak untuk meminumnya dan uangnya pun sudah terkirim paginya.

 Untuk orang rasional, pasti kalian bakalan berniat begitu karena ini merupakan pilihan yang menguntungkan. dan bakalan membuat sebuah rencana jenius berupa berniat untuk meminumnya dan besoknya merubah niatan ini. tapi apakah hal tersebut bisa terjadi? 

sayangnya menurut kavka ini tidak dapat terjadi, sebagai orang rasional anda tidak dapat berniat untuk meminum racun tersebut. kavka berpendapat karena yang dapat menghasilkan uang bukan aksi memimumnya tapi niat meminumnya. 

pada saat pertama anda bakalan bisa saja berniat untuk meminum racun tersebut tapi setelah si bilionare itu memberitahu bahwa ternyata meminumnya itu tidak berarti apa-apa. maka intensi/niat anda secara tidak langsung dan tidak dapat dikontrol bakalan tidak akan berniat meminum racun tersebut. Kenapa bisa terjadi? karena dalam kepala orang rasional intensinya akan secara tidak langsung mengarah pada hal rasional. yaitu tidak berniat meminum racun tersebut. 

jadi, karena tidak seperti aksi/putusan, intensi/niat tidak bisa kita paksa untuk diniatkan. maka menurut kavka, anda telah gagal mendapatkan uang tersebut hanya karena tambahan 1 informasi.

Mungkin kalian punya sanggahan untuk kavka ini? bisa anda tulis di kolom komentar. Gk cuma sanggahan, kalian bisa mengetik apapun di kolom komentar terkecuali hal-hal yang dilarang admin k.

Jadi.. begitu saja ekperimen pikiran kali ini, see you next time ~~




Monday, May 17, 2021

Seri Eksperimen Pikiran : Otak China

 



Ha.. ha.. lo.. halo.. semuanya, ketemu lagi dengan saya yaitu Sawer Dong. Postingan kali ini merupakan awal untuk seri postingan singkat yang akan saya buat yaitu Seri Eksperimen Pikiran. Pada seri ini saya sendiri akan membawa kalian ya para pembaca untuk mengekplor berbagai eksperimen-eksperimen pikiran, untuk postingan pertama ini, saya akan membahas tentang Otak china.


Eksperimen otak china merupakan eksperimen pikiran yang tujuan utamanya itu menunjukkan seberapa tidak intuitifnya ide/gagasan dari kubu fungsionalis, yang kira-kira argumennya adalah bahwa 


" Kesadaran itu tercipta dari peran fungsinya "


jadi, menurut fungsionalis ini selama sesuatu itu sama seperti perannya otak manusia maka sesuatu tersebut akan menghasilkan kesadaran, bisa aja dari kumpulan kayu, batu, logam, dan tak terkecuali manusia. 


BTW, eksperimen ini dinamakan otak china karena banyaknya populasi warga china itu setidaknya yang hampir mendekati neuron di otak. Jadi, langsung aja ke eksperimennya.


Bayangkan bahwa setiap warga china itu bekerja layaknya neuron (mengrim/menerima sinyal ) dengan menggunakan alat komunikasi dua arah misal makai walkie talky. Kemudian laku mereka ini kita tangkap menggunakan satelit terus kita tampilkan di layar. Ntar akan ada satu radio yang akan kita anggap sebagai sensor input. 


diatas kita telah memnuhi semua aspek yang fungsionalis inginkan yaitu mental state, input sensorik dan outputnya. Berarti apakah akan seketika muncul kesadaran disana?


Salah satu yang mengatakan iya adalah daniel dannetts, alasan? ya karena memang begitu kesadaran tercipta :V.


Tapi, jujur. bagi saya dan kebanyakan orang dengan intuisi yang telah diberikan, susah membayangkan kalau kesadaran akan muncul. Coba bisa gk kalian bayangkan kesadaran seperti apa yang akan muncul? kan aneh kalau ntar ada yang namanya perasaan negara china ( secara literal ) atau kesadaran dari negara china. Jujur, masih sangat sulit.


nah, itulah eksperimen pikiran otak china. kalau kalian ada pendapat, keluhan, kritikan, saweran, curhatan, dll yang dapat diketik dan ingin disampaikan disini, kalian bisa menggunakan fasilitas kolom komen.


yak, jadi begitu saja dari saya, terimakasih bagi yang telah membaca. sampai jumpa di eksperimen pikiran selanjutnya. Bye ~~