Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.






Tuesday, November 30, 2021

Daftar Presiden Indonesia

Monday, November 29, 2021

Bagiamana Aku

Bagaimana Aku

Setelah memutuskan persoalan yang cukup besar, aku terjebak dalam riuh suasana yang begitu pelik. Aku pun mencoba menjalaninya dengan bersikap biasa saja. Tetapi perlahan-lahan suasana itu mulai menggoyahkan diriku, besar dan semakin membesar. Tiap kali aku tak menghiraukannya, suasana itu melemah. Tiap kali aku coba menghiraukannya, suasana itu mengacaukan yang ada, kacau sekacau-kacaunya.

Aku banyak berdiam diri di kamar gelap, mencoba membayangkan jadi apa aku nanti, mencoba membayangkan akan berlibur kemana aku nanti, mencoba menerka akan menemukan hal unik apa aku nanti, mencoba membayangkan bertemu orang baik apa aku di jalan nanti. Tetapi aku rasa waktu itu semakin dekat dan perlahan mulai ku hapus kebiasaan aneh itu. Mencoba realistis pada apa yang terjadi, mencoba menyakini bahwa membayangkan adalah hal paling tidak seru untuk terus aku lakui. 

Selalu ada cara untuk bahagia atau terlihat bahagia. Contohlah aku ini, kata orang-orang aku ini bahagia. Selalu ada cara untuk menyakiti orang lain. Contohlah aku ini, kata orang-orang aku ini suka menyakiti hatinya. Jadi, aku ini apa sih sebenarnya? Orang yang bahagia, kah? Atau orang yang suka menyakiti? Atau, aku ini adalah orang yang bahagia saat menyakiti orang lain? Entahlah, untuk sekadar tidur tenang malam ini saja aku tidak bisa hanya karena memikirkan penilaian orang lain tentangku.

Pagi hari aku lupa beribadah, siang hari aku tutupi itu semua dengan kata-kata mutiara, sorenya aku menelan ludah, malamnya aku ganti dengan doa-doa. Jadi, aku ini apa sebenarnya? Manusia suci, kah? Atau manusia yang menyebalkan? Atau, aku ini adalah manusia yang suka menyebalkan hati orang-orang suci. Ah sudahlah, untuk sekadar menikmati kopi dengan tenang saja aku tidak bisa hanya karena memikirkan vonis orang lain tentangku yang sebenarnya itu adalah hak Tuhan.

Perasaan itu mudah berubah. Aku yang malam suka gundah, siangnya bisa sangat patriotik. Malam ini bisa sangat menyukaimu, paginya bisa saja memblokir nomormu di kontakku. Ya, gejala yang biasa terjadi di tiap-tiap orang di muka bumi. Yang tidak biasa adalah ketika semalaman ini kau melamun, paginya kau singkirkan semua kewajibanmu, sorenya kau lanjut melamun, malamnya kau tak lekas sadar. Aku banyak menemuinya di cerita berkala orang lain, sedangkan aku? Tak jauh beda sepertinya. 

Berjalan, aku berjalan menemui orang lain di jalan, kadang aku menyapanya dengan suara, atau menyenyuminya saja, kadang kala aku tak hiraukan dia. Tak ada salahnya menutup diri, toh apa yang ingin orang tau tentang kita. Sepenting apa aku ini? Kalau menurutmu aku sangat penting dalam makna hidupmu, boleh dong kau berjanji untuk bersamaku selamanya!? Tetapi masalahnya kan kau tak berani berjanji seperti itu. Jujur saja, aku tidak begitu penting dalam hidupmu, tetapi kau terpaksa mengatakannya hanya karena kau takut dianggap tidak atau sangat tidak penting untukku.

Hari-hari sering aku habiskan untuk memikirkan hal besok, coba bayangkan betapa tidak berharganya hari ini untukku. Aku singgah kesana-kemari tetapi untuk membicarakan hari kemarin dan harapan ke depannya. Jarang kita bertanya, "Sibuk apa kamu hari ini." Tetapi kita malah akan semakin liar saat membicarakan, "Kamu inget ga kejadian waktu itu, ih masa ga inget, kamu harus inget, itu lucu banget sumpah." atau "Gimana ke depannya, apa yang akan kamu mau lakukan? Lulus kapan? Kapan kita bisa seperti ini lagi?" Tak ada salahnya mencari topik seperti tadi tetapi cobalah beri ruang untuk kejadian hebat yang sudah kita lakukan hari ini. Bersama orang yang tepat, kejadian sepele pun bisa sangat dihargainya, bersama orang yang salah, kejadian luar biasa pun selalu bisa menjadi bahan bercandaan. Silahkan pilih, mau bersama orang yang selalu mengapresiasimu atau orang yang selalu bisa menghiburmu, keduanya baik, jadi tenang saja.

Refleksi itu perlu, kebanyakan refleksi kau lupa dirimu. Aku sering menyesalkan kenapa aku harus memutuskan keputusan tersebut, tetapi udahlah, namanya juga aku, suka begitu. Mungkin banyak alasan dan pertimbangan aku melakukannya. Tetapi sebagai manusia biasa aku wajar untuk menyesalkannya, mungkin aku benar-benar salah atau mungkin aku sudah benar melakukan itu. Maka, beri aku satu kesempatan lagi untuk bisa menulis sesuatu untukmu. Sebab aku bisa menebak sedang melakukan apa kau tadi sore!? Pasti kau asyik main hp. Hah tebakanku masih terlalu umum ya. Yasudah biar ku coba lagi, aku tau apa yang kau lakukan tadi pagi!? Pasti sedang belajar ya, itu kantuk dan kantong matamu begitu terlihat. Oh, masih tetap terlalu umum ya tebakanku. Yasudah beri aku kesempatan terakhir untuk menebak apa yang kau lakukan malam ini!? Sudah jelas, pasti malam ini kau sedang sibuk yaa, entah apa kesibukanmu malam ini hingga akhirnya kau tidur tanpa sedetikpun melihat pesan-pesan dariku. Yasudah begitu saja, hari juga tampak sudah gelap, aku harus tidur untuk mensyukuri nikmat Tuhan hari ini. Terima kasih, aku sudah bisa tampak bahagia.
Sumber: Pinterest


Refleksi itu perlu, kebanyakan refleksi aku lupa kesepianku.

Wednesday, November 24, 2021

Bentuk Jamak Isim (Jamak Mudzakkar Salim, Jamak Mu'annats Salim, dan Jamak Taksir)

 


 Hai hai semua ^_^ aye Admin K. Halo, kali ini aye bakal ngebahas lagi mengenai isim dalam bahasa Arab. Sebagai pengingat, isim adalah kata benda atau kata sifat dalam bahasa Arab. Nah, dalam bahasa Indonesia, untuk menyatakan benda secara jamak, kita menggunakan kata ulang misal "burung" menjadi "burung-burung", "bintang" menjadi "bintang-bintang", dan lain-lain, sangat mudah. Kita juga bisa menambahkan kata "para" di depan untuk menyatakan kalau jumlahnya banyak misal "para pelajar". Sangat mudah menyatakan kejamakan benda dalam bahasa Indonesia. Nah, bagaimana dengan bahasa Arab? Apakah sama? Jawabannya adalah tidak sama.

Saat Kamu Tidak Baik-Baik Saja, Ucapkan

Tuesday, November 23, 2021

R. L. Wysong

 

Hai hai semua . Ketemu lagi sama aye Admin K yang kece lagi oPeN mInDeD . Tentu saja, masih di blog kesayangan kita yang penuh dengan postingan oPeN mInDeD ini, KnK Land. Kali ini, aye bakal memperkenalkan salah seorang tokoh pseudosains yang bernama R.L Wysong. Siapah dia? Langsung aja kita cekidoot.

Friday, November 19, 2021

Integral dari log(x - log(x - ...)), logaritma dalam logartima, apakah hasilnya akan mencengangkan?

 


 

Hai hai semua ^_^ Aye Admin K. Kali ini aye bakal ngebahas soal integral unik yang integrannya merupakan fungsi logaritma bersarang (logaritma dalam logaritma). Bersarangnya pun gak cuma 2, 3, atau berhingga kali tapi tak berhingga kali. Langsung aja kita selesaikan bersama-sama.

Thursday, November 18, 2021

Pelabelan Ajaib Jarak Graf (Distance Magic Labelling)

 


Hai hai semua ^_^ Aye Admin K. Di postingan ini aye bakal ngebahas tentang salah satu jenis pelabelan dalam teori graf. Jadi, sebelum membaca postingan ini, aye sarankan untuk mempelajari terlebih dahulu dasar-dasar teori graf dan pengertian pelabelan. Baiklah, langsung aja kita cekidoot.

 

Tuesday, November 16, 2021

"Ambil Sebarang Polinomial Peubah Banyak Berkoefisien Bilangan Bulat" Simulator

Monday, November 15, 2021

Seseorang Berpikir Kalau Dirinya Lebih Hebat dari SmallAnt dalam Permainan Super Mario Odyssey

Video ini berisi potongan-potongan video live streaming SmallAnt di Twitch saat dia menunjukkan kemampuan speedrun-nya dalam permainan Super Mario Odyssey

Friday, November 5, 2021

Konvolusi Sinyal





   Halo, selamat pagi/malam/sore/siang para pembaca knkland yang sangat budiman dan jenius. Kali ini, saya sebagai penulis artikel ini, akan membahas tentang konvolusi sinyal. Dimulai dari intuisinya sampai pada kegunaan konvolusi sinyal pada sebuah sistem LTI ( Linear Time Invariant ). Jadi, tanpa berbasa dan basi, langsung saja menyelam ke air keruh ini.

1.1  Definisi 

Menurut wikipedia berbahasa inggris:
" convolution is a mathematical operation on two functions (f and g) that produces a third function () that expresses how the shape of one is modified by the other. The term convolution refers to both the result function and to the process of computing it. It is defined as the integral of the product of the two functions after one is reversed and shifted. The integral is evaluated for all values of shift, producing the convolution function " 

dari definisi diatas singkatnya, konvolusi merupakan integral dari perkalian antara dua fungsi dimana salah satu fungsi tersebut ( yang dinamai: kernel ) digeser ( shifted )  dan dibalik ( reversed ). Untuk lebih jelas, secara matematis, definisi diatas dapat dituliskan sebagai berikut:



1.2 Intuisi 

 Sebenarnya definisi tersebut menggambarkan apa? dan untuk apa? dan gimana cara mudah untuk menghafalkan definisi tersebut?. pertanyaan-pertanyan inilah yang akan menjadi pokok utama untuk bagian ini dan seterusnya. Untuk seksi ini, akan dijawab pernyataan " definisi tersebut menggambarkan apa ? dan cara mudah menghafalkan definisi tersebut? ". karena gambaran seringkali lebih mudah dihafal, dan karena yang dibicarakan adalah gambaran maka kita akan mengunakan teknik analogi.

Bayangkan,  di sebuah perkotaan hiduplah seorang dukun nan sakti bernama Mbah Erlangga. Mbah Erlangga memiliki kesaktian mengubah 1.000 rupiah menjadi dua buah mobil, tetapi Mbah Erlangga membutuhkan waktu untuk mengubah uang tersebut menjadi mobil,  lama Mbah Erlangga untuk memproduksi mobil  dengan uang 1.000 rupiah adalah 1 hari, jadi, mobil kedua akan siap diproduksi 1 hari setelahnya.  Sehingga, jika saya memberikan Mbah Erlangga 1.000 rupiah pada hari senin, maka saya akan mendapatkan 1 mobil di hari selasa dan 1 mobil di hari rabu. Dan jika saya memberikan pak Erlangga 2.000 rupiah di hari minggu, maka saya akan mendapatkan 2 mobil di hari senin, dan 2 mobil di hari selasa.  

Gambar 1.1 Ilustrasi transaksi perdukunan


Tapi bagaimana jika saya memberi pak Erlangga 1.000 rupiah di hari senin, dan 1.000  di hari selasa. Jawabannya adalah di hari selasa saya akan mendapatkan 1 mobil, di hari rabu saya akan mendapatkan 2 mobil ( 1 mobil hasil dari 1.000 rupiah di hari senin dan 1 mobil hasil dari 1.000 rupiah di hari selasa ), dan terakhir 1 mobil di hari rabu. 

Gambar 1.2 Masih ilustrasi transaksi perdukunan 


Dan, bagimana bila saya memberikan 20 ribu di hari senin, 100 ribu di hari selasa, 300 ribu di hari rabu, dan 50 ribu di hari kamis? berapakah mobil yang saya dapat di hari rabu,selasa, kamis, jum'at, dan sabtu?. Nah, konvolusi datang untuk menjawab pertanyaan ini. misal kita ambil pertanyaan, berapakah mobil yang akan saya dapatkan di hari kamis? tentu jawabannya: 100 mobil ( uang hari selasa ) + 300 mobil (uang hari rabu) = 400 mobil. bagaimana dengan hari lainnya? ini dapat kalian jawab dengan cara serupa.

1.2.1 Aljabar Linear

   Ternyata praktik perdukunan mbah Erlangga dapat kita jadikan sebuah fungsi,  Sebut saja fungsi respon total  M(t) merupakan fungsi banyaknya mobil yang Mbah Erlangga produksi pada hari t =, dan dungsi input U(x) merupakan fungsi uang yang saya berikan pada Mbah Erlangga pada hari x. Berhubung terdapat pertalian erat antara matrik dan fungsi, dengan demikin fungsi dapat diubah menjadi matriks menjadi bentuk berikut: 




untuk bisa menghubungkan M(t) dan U(x), disini dibutuhkan matrik transformasi ( sebut saja ) x, yang dapat mengubah U(x) menjadi M(t). Matrik x ini dapat dicari dengan mengamati respon Mbah Erlangga terhadap besar uang yang diterima. 



Warning: seharusnya matriks x berdimensi 7x7 mengikuti banyak baris M(t) dan (Ux)

dari pola ini, dapat digeneralisir sehingga matriks x menjadi:



dimana setiap kolomnya merupakan respon dari fungsi U(x) ke x.  Dan jika digeneralisir lebih lanjut untuk semua fungsi input, matriks transformasi x menjadi matriks Toeplitz:
 

                                               


sehingga konvolusi menggunakan perkalian matriks dapat ditulis:




karena fungsi C(k) merupakan dot product, maka C(k) untuk k tertentu menjadi :



sehingga, untuk kasus kontinyu:


Bukankah ini fungsi yang persis dengan seusai definisi wikipedia (kecuali untuk penggunaan variabel). Dari sini, dapat disimpulkan bahwa konvolusi berguna untuk membentuk fungsi yang dapat meghitung akumulasi keluaran dari fungsi input F(k) sebelumnya pada k tertentu. Menggunakan analogi kasus Mbah Erlangga, konvolusi berfungsi untuk membuat sebuah fungsi yang dapat menentukan jumlah berapa mobil yang akan saya dapatkan pada hari tertentu, karena banyaknya mobil yang akan saya dapatkan itu merupakan hasil saya memberikan uang kepada Mbah Erlangga pada hari-hari sebelumnya, maka pastilah fungsi tersebut merupakan akumulasi respon (pembuatan mobil) Mbah Erlangga  terhadap uang yang saya berikan padanya di hari-hari sebelumnya.

1.3 Konvolusi dan Sitem LTI

   Seksi ini, akan membahas kaitan antara konvolusi dan sistem Linear Time Invariant ( linier dan invarian [ tidak berubah ] terhadap waktu ).  kenapa sistem ini harus linear dan time invariant? karena ini merupakan syarat untuk dapat membentuk matriks Toeplitz, jika matriks tersebut tidak dapat dibentuk maka definisi konvolusi yang digunakan akan tidak berguna. 



pertama, yang harus dipahami adalah sistem berfungsi untuk mengubah sinyal input menjadi sinyal output. Jadi, sinyal output dipengaruhi oleh sinyal input. bagaimana caranya agar dapat mengetahui sinyal output untuk setiap sinyal input yang akan dimasukkan dalam sistem LTI? disini konvolusi datang. Karena sesuai pembahasan diatas, bahwa konvolusi berguna untuk mencari fungsi yang dapat mengakumulasi tanggapan sistem terhadap input sebelumnya. Hal pertama dicari adalah tanggapan impuls sistem, yaitu respon sistem terhadap sinyal unit impuls.



karena sinyal lainnya, hanyalah merupakan kumpulan banyaknya sinyal impuls yang di-scaling, maka menggunakan fakta ini, sinyal output dapat dicari dengan mencari fungsi yang mengakumulasi kumpulan tanggapa sistem berdasarkan sinyal input yang akan dimasukkan ke dalam sistem. Fungsi tersebut hanya dapat didapatkan menggunakan konvolusi, sehingga dalam sistem LTI, Sinyal output didefinisikan sebagai berikut: 


untuk visualisasi kalian dapat menonton video ini: Convolution and Unit Impulse Response - YouTube

Sekian, terimakasih bagi yang sudah membaca.

r‌eferensi: 

Thursday, November 4, 2021

Download Contoh Draft Laporan Praktikum Biologi Cara Pembuatan Tape Ketan

 

Laporan Pratikum Biologi
Hai semua ^_^ Aye Admin K. Kalian tahu tape? Yap, tape adalah makanan hasil fermentasi yang bisa terbuat dari berbagai macam bahan seperti beras, singkong, dll. Apakah kalian tahu cara pembuatan tape? Tape terbuat dari bahan-bahan tersebut, dicampur dengan ragi, kemudian disimpan dalam ruang tertutup selama bebarapa hari. Nah, di postingan kali ini, aye akan membagikan draft laporan pembuatan tape yang bisa kalian gunakan sebagai contoh untuk mengerjakan tugas kelompok/individu mata pelajaran biologi SMA. Ingat, ini masih dalam bentuk draft serta formatnya kalian harus sesuaikan dengan format yang diminta guru kalian. Berikut link downloadnya.

Wednesday, November 3, 2021

Cara Menang Tic Tac Toe Sebagai Penonton

Tic tac toe

Hai hai semua ^_^ Aye Admin K. Sebelumnya aye udah membagikan cara biar gak kalah main tic tac (atau tak tik tol atau lingkar silang) sebagai pemain pertama ataupun pemain kedua. Nah, kali ini aye akan membagikan tips cara menang tic tac toe sebagai penonton? Eits, gak perlu terheran-heran gitu. Aye gak bercanda, kalian bisa menang tic tac toe bukan sebagai pemain tapi sebagai penonton, kok. Penasaran gimana caranya? Langsung aja kita cekidoot.

Tuesday, November 2, 2021

Admin Tertinggi Menang Medali Perak Kompetisi KNMIPA 2020

 

Ini adalah pengumuman yang telat dikasih tau, ternyata Admin tertinggi disini peraih medali perak kompetisi KNMIPA 2020 bidang matematika. Sekian info dari aye, sampai jumpa~

Thursday, October 28, 2021

November Rain Music Video by Guns N' Roses

Wednesday, October 27, 2021

Watch TODAY ALL Day

Watch TODAY ALL Day! Solutions for your busy life, must-have shopping finds and the TODAY family all day long!

Tuesday, October 26, 2021

Amil Nashab pada Bahasa Arab

 

Hai haii semua . Ketemu lagi sama aye, Admin K yang pinter lagi dermawan . Tentu saja, masih di blog kesayangan kita yang penuh dengan postingan-postingan jitu untuk kita semua, KnK Land. Kali ini aye akan ngebahas grammar bahasa Arab atau biasa disebut "nahwu". Nah, untuk kali ini aye akan ngebahas tentang amil nashab atau huruf nashab. Oh yah, sebelum membaca tulisan ini, aye sarankan kalian untuk mempelajari tentang i'rab dalam bahasa Arab biar kalian gak pusing sampai elektron otak kalian pecah. Baiklah langsung saja, kita cekidout .