Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Pengumuman Penting! Sebagian besar link download file di web ini telah terhapus. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini :(. Kami akan segera mengunggah kembali file yang telah terhapus :).

Thursday, January 21, 2016

Cara Bermain Shogi - Part 4 Promosi Bagian 1

Hai semua ^_^ Hari ini ane bakal ngebahas lagi tentang cara main shogi. Dulu ane udah kasih tau gimana sih posisi awal buah atau piece shogi? Nah, sekarang ane bakal kasih tau tentang promosi. Apaan tuh? Mau jualan terus promosi? Mau ngenalin atau mau jual produk shogi, gitu? Ya, nggaklah. Ini promosi dalam artian beda. Ingat! Beda! Coba liat di kamus besar Bahasa Indonesia, perhatikan baik-baik arti dari promosi! Yasudah, langsung aja, cekidot!









Promosi artinya kenaikan pangkat. Ya, benar, piece shogi sama kayak pion yang ada di catur, mereka bisa naik pangkat dan berubah gerakannya bahkan namanya. Inilah yang disebut dengan... promosi. Kalo di catur, promosi atau naik pangkatnya dilakukan di petak-petak baris pertama di papan atau baris yang paling dekat dengan lawan maka dalam shogi bisa dilakukan di petak-petak 3 garis pertama atau daerah lawan. Perhatikan gambar!
Inilah alasan mengapa ane ngebaginya jadi tiga wilayah yakni wilayah ente, wilayah lawan, sama bukan wilayah siapa-siapa karena ini penting lho! Penting dalam aturan promosi. Nah, sekarang kapan suatu buah shogi bisa berpromosi? Jawabannya adalah ketika memasuki wilayah lawan! Yap, sekali buah shogi ente masuk ke daerah lawan, ente bisa milih buat promosi apa nggak sih? (Kecuali buat yang wajib dipromosi, entar bakal dibahas).

Pertama-tama ane kasih tau dulu, shogi itu beda sama catur. Kalo di catur promosinya pionnya bisa berubah diantara Rook, Bishop, Knight sama Queen seenak udel. Tapi, kalo di shogi gak kayak gitu. Di shogi, bukan hanya pion atau pawn atau fuhyo yang bisa berpromosi. Namun, semua buah kecuali Gold sama King bisa berpromosi. Nah, nama sama gerakannya pun bakal jadi beda sesuai buah shogi yang bakal dipromosi. Berikut daftar gerakan buah shogi setelah berpromosi.


Yang pertama adalah si mister geser-geser alias Rook atau Hisha atau Benteng juga boleh. Okey, perubahan yang terjadi adalah...
Nama :
-Bahasa Inggris : Rook -> Dragon
-Bahasa Jepang : Hisha -> Ryuou
-Bahasa Indonesia : Benteng -> Raja Naga
Gerakan :
Setelah dipromosi, gerakannya bukan hanya geser kanan-kiri atas-bawah. Si mister geser-geser ini akhirnya bisa nyerong juga satu langkah secara diagonal setelah dipromosi. Membuatnya lebih gesit dan lincah, bergerak lebih fleksibel XD


Setelah mr. geser-geser, waktunya mrs. miring-miring beraksi. Kenapa ane panggil "mrs."? Apakah dia perempuan? Entahlah, mendengar kata Bishop ane teringat sama buah bishop yang ada pada catur. Kepala buah bishop catur itu kayak pake kerudung gitu sehingga ane pikir kalo Bishop atau Menteri itu perempuan plus penampilannya itu loh yang feminin banget. Maaf ya kalo pemikiran ini salah atau rada aneh atau mungkin ente sendiri pernah mikir kayak gitu? Yeh, berarti kita bukan saudara dong. Yasudah, kita lanjutin soal promoshi Bishop a.k.a Kakugyou a.k.a  Menteri. Bagaimanakah perubahannya?
Nama :
-Bahasa Inggris : Bishop -> Horse
-Bahasa Jepang : Kakugyou -> Ryuuma atau Ryuume
-Bahasa Indonesia : Menteri/Gajah/Peluncur. -> Kuda Naga (padahal kalo ikutin aturan bahasa inggris namanya pasti kuda. Namun, jatah nama "Kuda" udah diambil sama Knight padahal Knight artinya ksatria. Orang Indonesia menyebut Knight sebagai kuda karena Knight catur gak mirip ksatria sama sekali bahkan lebih mirip kuda XD)

-Gerakan :
Sekarang petak yang nggak bisa dimasukin Kakugyou bisa dimasukin oleh Ryuuma (Kakugyou terpromosi). Semenjak dipromosi, akhirnya dia bisa berjalan vertikal sama horizontal satu langkah memungkinkan bisa masuk ke semua petak di papan.

Sekian dulu yok, ane capek apalagi buat ngedit gambar plus internet yang rada lelet. Ane juga agak kurang semangat buat lanjutin post tentang cara main shogi ini. Karena itu, ane pengen ente semua semangatin dengan komen di kotak komentar noh. Bakal dilanjutin di part 5 atau Promosi bagian 2. Sekian and goodbye (^_^)V

Biar enak nih link kompilasinya yang lengkap
<link>

2 comments:

  1. Lanjuuuttiiiinnnn dong. Haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah komen ^_^ Mimin tambah semangat buat ngelanjutinnya

      Delete