Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Pengumuman Penting! Sebagian besar link download file di web ini telah terhapus. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini :(. Kami akan segera mengunggah kembali file yang telah terhapus :).

Tuesday, January 5, 2016

Cara Bermain Shogi - Part 2 Piece

Hai semua ^_^ Kembali lagi sama ane, admin yang terhebat, Admin K. Hari ini, ane bakal lanjutin tentang cara bermain shogi yang part 1-nya. Seperti janji mimin, mimin bakal kasih tau cara gerak piece atau buah shogi itu kayak gimana sih? Apakah mirip dengan catur? Cekidot.







Dalam permainan papan kayak shogi dan catur pasti ada yang namanya buah atau piece. Piece ini sangatlah penting karena tanpa piece maka permainan tidak akan berlangsung dan gak ada yang bakal dimainin. Piece dalam shogi, ada yang gerakannya sama kayak piece yang ada di catur dan ada pula yang beda. Mari kita mulai dari yang paling penting

1. King/Raja (Gyokushou atau Oushou)

Inilah piece yang paling penting dalam permainan shogi. Yap, King, tanpa King Shogi gak bisa dimainkan dengan benar. Gerakan raja pada shogi sama kayak catur. Jadi, yang tau catur gak usah pusing-pusing buat ngehafalnya.

2. Rook/Benteng (Hisha)
Yang kedua adalah Rook atau benteng. Gerakannya masih sama kayak dicatur. Tentu saja bisa bergerak horizontal sama vertikal semaunya dengan bebas tapi gak bisa melangkahi piece lain.

3. Bishop/Menteri (Kakugyou)
Kalo benteng bisa gerak horizontal sama vertikal maka menteri atau Kakugyou bisa bergerak diagonal dengan jumlah kotak bebas tapi gak bisa ngelangkahin piece lain ya. Jadi, gerakannya sama kayak Bishop catur.

4. Gold General/Jenderal Emas (Kinshou)
Nah, ini dia yang beda sama catur. Yap, inilah piece khusus shogi yang memiliki gerakan spesial. Tampangnya emang dianggap remeh bagi pemula (kayak ane XD) karena keliatan kurang berguna dibanding Kakugyou (Menteri) sama Hisha (Benteng) tapi dibalik semua itu tersimpan kekuatan yang luar biasa tergantung penggunaya. Kinshou (Jenderal Emas) mampu bergerak kayak King kecuali diagonal bawah.

5. Silver General/Jenderal Perak (Ginshou)
Selain emas, disini juga ada perak. Inilah Ginshou (Jenderal perak) yang merupakan kembarannya Kinshou (Jenderal emas). Kembar tapi beda, tapi hal itulah yang membuat mereka saling melengkapi. Gerakannya hanya satu langkah diagonal atau ke depan.

6. Knight/Kuda (Keima)
Kalo ini ane julukin adeknya kuda di catur, soalnya hanya bisa maju doang. Gerakannya emang mirip sih tapi hanya diantara dua titik. Sama kayak di catur, Keima bisa ngelangkahin piece yang lain.

7. Lance/Tombak (Kyousha)
Ini adalah makhluk astral yang sukanya tinggal di pojokan. Kyousha atau tombak hanya bisa maju dengan jumlah kotak bebas tapi gak bisa ngelangkahin piece laen.

8. Pawn/Pion (Fuhyou)
Yang terakhir, makhluk paling malang dan terus dijadiin bulan-bulanan. Yaa, benar sekali pion atau fuhyou. Gerakannya sangat menyedihkan, satu langkah ke depan aja. Pion di shogi beda sama pion di catur. Pion di shogi kalau mau makan tetap makan maju bukan diagonal kayak catur. Pion di shogi juga hanya boleh satu-satu langkah beda sama catur yang langkah awalnya boleh dua.

Sekian pos ane tentang gerakan buah atau piece shogi. Capek juga ya pake paint buat ngegambarnya? Sekarang udah bisa main kan? Eits, belum! Masih ada aturan lain yang belum ane kasih tau! Di part 3 ane bakal kasih tau posisi buah shogi ^_^ Sekian and goodbye.

Part 3 ada disini

Jangan lupa juga
Baca komik Kampus Holic
Tau arti kata "gelinjang"
Menilai logo blog ini
Baca tentang hal-hal yang dapat membuat mata tetap melek
Baca tentang cara keren nyontek saat ujian
Baca cerita lucu 

No comments:

Post a Comment