Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Friday, February 12, 2016

Kanokis - Huruf Bibir

Hai semua ^_^ Okey, hari ini mimin bakal ngelanjutin lagi proyek bahasa baru, Bahasa Kanoka. Kalo dulu mimin baru kasih tau soal huruf vokal, sekarang mimin kasih tau soal huruf bibir. Huruf apakah itu? Bagaimanakah bentuknya dalam Bahasa Kanoka? Cekidot









Huruf bibir adalah huruf yang disebutkan harus dengan pertemuan dua bibir. Huruf-huruf tersebut adalah B, F, M, P, dan V. Dalam abjad Kanoka, huruf bibir berada di urutan keenam sampai kesepuluh setelah huruf vokal. Okey, mari kita mulai dari huruf B.

Huruf B
Huruf "B" dalam bahasa Kanoka emang tampak kayak huruf "ha" dalam Bahasa Arab. Tapi, mimin gak terinspirasi dari situ. Sebenarnya mimin rencananya mau ngegambar lebah atau "Bee". Karena hurufnya telah ber"evolusi", jadinya kayak gitu deh. Walhasil, mirip kayak huruf "ha" dalam Bahasa Arab. Bdw, cara penulisannya mirip tapi ekornya lurus ke bawah.





Huruf F

Huruf "F" dalam Huruf Kanoka, sama kayak "E" dalam huruf latin. Kenapa bisa gitu? Entahlah, mimin lupa kenapa mimin bikin kayak gitu.











Huruf M
Huruf "M" ini terinspirasi dari huruf "Mu" Bahasa Yunani, okey? Bukan terinspirasi sih, tapi emang gitu.










Huruf P
 Huruf "P"-nya diambil dari simbol Pi a.k.a 3.14blablabla dan tentu saja merupakan huruf Yunani. Kenapa mimin pake simbol "Pi"? Karena menurut mimin "Pi" adalah simbol yang sangat tidak rasional. Nggak ngerti? Yasudah, belajar math sono.







Huruf V
 Kalo huruf "F" berubah menjadi "E" maka huruf "V" berubah menjadi "F". Kenapa mimin bikin kayak gitu? Karena bunyi kedua huruf ini sama. Untuk ngebedain, dalam Bahasa Kanoka, huruf "V" dibaca dengan menggigit bibir bawah dengan gigi atas kayak "V" dalam Bahasa Inggris.






Okey, itulah huruf-huruf bibir dalam Bahasa Kanoka. Dengan huruf-huruf tersebut dan digabungkan dengan huruf vokal, ente bisa membuat tulisan yang bersifat rahasia dan orang tertentu saja yang bisa membacanya, kayak gini.
Bacaan yang salah : "Pino dan eahro minilkao uaya"

Bacaan yang benar : "Beni dan Fahri menyukai Maya".

Wah, beda jauh, kan? Manfaatnya makin terasa karena semakin banyak huruf yang diubah semakin susah buat orang lain tau bacaannya XD hehe. Tapi ini masih belum sempurna. Masih ada huruf laen lagi yang belum mimin kasih tau. Selanjutnya mimin bakal kasih tau tentang huruf ujung lidah. Eh, jangan lupa juga yah, tambahin kata dalam kamus Kanoka, biar bahasa ini jadi lebih berkembang XD hehe. Yasudah, sekian and goodbye V(^_^)

No comments:

Post a Comment