Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Wednesday, February 24, 2016

Kanokis - Huruf Ujung Lidah Part 1

Hai semua ^_^ Hari ini mimin bakal ngelanjutin proyek bahasa baru milik mimin, tidak lain adalah Bahasa Kanoka atau Kanokis. Kalo dulu, mimin pernah kasih tau tentang huruf vokal sama huruf bibir, sekarang mimin bakal kasih tau tentang huruf ujung lidah yakni C, D, J, L, N, R, S, T, dan Z. Yasudah deh, langsung aja cekidot.






Huruf ujung lidah adalah huruf yang disebut ketika lidah menyentuh langit-langit. Sebenarnya sih bukan ujung lidah saja tapi sama tengah lidah juga, hehe. Yasudah, huruf apa sajakah itu? Hurufnya adalah C, D, J, L, N, R, S, T dan Z. Ada 7 huruf, hmm sepertinya postingan ini bakal panjang. Kalo begitu mimin bagi dua part aja. Yasudah, langsung saja dari huruf C.

Huruf C
Huruf C bentuknya jadi huruf O atau bulet. Kenapa bisa gitu? Apakah karena terinspirasi dari kata "circle"? Bukan, mimin hanya terinspirasi dari kata "see" karena huruf C jika dieja dalam Bahasa Inggris maka dibaca "see". "See" adalah melihat dan melihat adalah tugas mata. Mata bentuknya bulet, sehingga C dalam huruf Kanoka harus bulet. Itulah sejerah sebenarnya, hehe.







Huruf D
D menyimpang dan gak mau berubah kayak huruf laen. Karena itulah D dalam Abjad Kanoka gak beda sama Abjad Latin. Karena D adalah Deviasi atau penyimpangan. D satu-satunya yang menyimpang dari aturan. Dimana huruf laen berbeda, tapi dia nggak. Oh iya, ini gak ada hubungannya sama anime One Piece.










Huruf J
J berubah menjadi huruf J yang ditambah coretan. Sebenarnya J gak berubah kayak huruf D. Namun, karena dulu mimin pernah bikin huruf G jadi huruf J sehingga huruf J dalam Bahasa Kanoka ditambahkan coretan biar beda sama huruf G dalam Bahasa Kanoka.










Huruf L
L Kanoka sama kayak L latin tapi ditambah garis atau bisa dibilang double L. Mimin lupa kenapa mimin bikin L kayak gini, jadi biarin aja.













Okey, gitu aja. Untuk 5 huruf laen bakal dilanjutkan di part 2 biar gak panjang. Baiklah, mari kita uji coba menulis Bahasa Indonesia dengan mengganti beberapa huruf menjadi huruf Kanoka yang sudah ada. Kita lihat seberapa sulit orang yang nggak tau apa-apa membacanya.

Cara baca yang salah : ox ... apaan tuh? ... oxpa? ooxpa.. dih jajanon noh uimnir
Cara baca yang benar : coba deh jajanin nih lemper

Nah, sekarang udah tau kan manfaat Bahasa Kanoka dalam dunia perahasiaan? Hehe. Jangan lupa juga, bukan hanya hurufnya yang diubah tapi katanya juga, silahkan buka Kamus Kanoka untuk mengganti beberapa kata. Biar lebih berkembang, jangan lupa tambahin saran. Yasudah, sekian and goodbye (^_^)V

No comments:

Post a Comment