Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Sunday, April 23, 2017

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Yo All! Yo! Bertemu lagi sama mimin yang pintar dan kece, Admin Pottasium aka Admin K. Dimana lagi kalo bukan di KNK Land. Knout, hari ini mimin pos soal biologi. Postingan ini adalah dasar banget dari ilmu biologi yakni ciri2 makhluk hidup. Oh yah, gambar disamping adalah gambar asam nukleat. Anggap aja gambar asam nuklueat yah. Eh ada bintik hijau disampingnya, itu kesalahan gambar mohon maklum. Baiklah daripada banyak bacot mending cekidot.





Ini adalah ciri2 makhluk hidup menurut biologi. Kalau kita mengatakan semua yang bergerak adalah makhluk hidup maka semua yang ada di dunia ini adalah makhluk hidup karena semuanya bergerak meski tampak diam. Setiap massa akan selalu saling tarik menarik akibat gaya gravitasi. Nah, bagaimana suatu zat atau campuran zat baru bisa dibilang makhluk hidup menurut biologi? Yap, cekidot aja, berikut ciri2 makhluk hidup

A. Bergerak

Ciri pertama adalah bergerak. Semua benda sebenarnya bergerak. Jika ciri2 makhluk hidup hanya ini aja maka setiap benda itu sebenarnya hidup. Tau gerak Brown? Yap, atom bergerak secara acak. Apakah ada semacam gaya yang mengarahkannya? Ataukah setiap atom memiliki pikiran? Wallahualam.Yang pasti setiap makhluk hidup bergerak. Kita manusia mampu bergerak. Meskipun tubuh kita lumpuh, organ dalam kita terutama otak masih bekerja. Jika seluruh organ terutama otak sudah gak bekerja lagi maka kita sudah dikatakan mati. Hewan, bakteri, tanaman semuanya bergerak baik pergerakan eksternal maupun internal

B. Berespirasi

Berespirasi atau juga diartikan bernafas yakni menghasilkan energi dari suatu senyawa (makanan). Senyawa dipecah dalam tubuh sehingga menghasilkan energi untuk bisa digunakan sebagai bahan menjalankan fungsi hidup seperti bergerak, berkembang biak, bahkan respirasi juga bisa membutuhkan energi dari respirasi itu sendiri. Contohnya pada manusia yang membutuhkan oksigen agar bisa membakar zat2 makanan yang dapat berupa karbohidrat untuk menghasilkan energi.

C. Membutuhkan nutrisi

Yap, nutrisi sangat dibutuhkan bagi makhluk hidup. Nutrisi berfungsi untuk menghasilkan energi, penyusun tubuh, serta untuk berkembang biak. Jika tidak ada nutrisi pastinya makhluk hidup bakal tepar lalu tewas.

D. Berkembang biak

Dari tadi mimin sebut berkembang biak terus ya? Ini bukan berarti mimin lagi sange yah. Justru hal yang paling unik dari makhluk hidup adalah berkembang biak. Kenapa bisa gitu? Karena proses ini adalah proses paling magic di dunia yakni menghasilkan individu yang baru yang juga HIDUP. Hidup itu misteri lho! Mimin rasa sebenarnya makhluk hidup itu gak harus berkembang biak tapi makhluk hidup itu diantara mampu berkembang biak ataupun hasil kembang biak soalnya kita semua bisa dapati ada yang manusia yang mandul. Bukan berarti dia bukan makhluk hidup lagi lho! Mengertilah!

E. Tumbuh dan Berkembang

Ciri selanjutnya adalah tumbuh dan berkembang. Setiap makhluk hidup punya siklus yang sama yakni "bayi" -> dewasa (opsional) -> berkembangbiak (opsional tapi dewasa dulu) -> mati. Dalam menjalankan kehidupan yang penuh dengan lika liku ini, semua makhluk hidup pasti mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Ini adalah fakta, semua makhluk hidup pasti mengalaminya. Adapun pertumbuhan ialah bertambahnya volume atau jumlah sel tubuh yang sifatnya irreversibel atau tidak bisa kembali seperti semula. Jadi, kegemukan gak termasuk pertumbuhan karena orang gemuk bisa kembali kurus. Adapun perkembangan adalah munculnya fungsi tubuh baru dari makhluk hidup atau bahkan muncul organ baru yang memiliki fungsi yang baru pula misalnya saja organ kelamin pada manusia yang fungsi baru muncul saat puberitas, munculnya bulu di beberapa tempat, dll atau bisa dibilang "kedewasaan tubuh" alias puberitas. Secara singkat, pertumbuhan adalah peningkatan secara kuantitatif sedangkan perkembangan adalah peningkatan secara kualitatif.

F. Peka terhadap rangsangan (Iritabilitas)

Makhluk hidup pasti akan berperilaku sesuai apa yang terjadi di lingkungannya. Contohnya aja pada tanaman yang akarnya akan tumbuh menjalar untuk mencari air, mata kita akan berkedip jika silau, serta siput akan masuk ke dalam cangkangnya jika disentuh. Ini semua disebut iritabilitas. Bagaimana dengan orang yang ente suka? Apakah dia punya iritabilitas? Tentu saja, jika dia adalah makhluk hidup pastilah dia peka sama ente. Nggak? Mungkin ente kurang rangsangan. Ehem, kok pembicaraanya jadi OOT gini. Lanjut.

G. Adaptasi

Salah satu ciri berikutnya adalah adaptasi. Adaptasi dapat diartikan sebagai kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Setiap makhluk hidup pasti hidup di lingkungan yang berbeda2 sehingga tentu saja memiliki cara beradaptasi yang berbeda pula tergantung spesiesnya. Adaptasi ada yang disengaja dan tidak disengaja yah tentu saja semua adaptasi terpaksa dilakukan kecuali kalo pengen mati. Kemampuan adaptasi ini berhubungan dengan iritabilitas dimana tubuh menghasilkan respon terhadap lingkungan yang berbeda2. Contohnya saja yah daun teratai yang hidup di perairan beradaptasi dengan lingkungan yang banyak air dengan daun yang lebar agar penguapan di daun terjadi lebih cepat. Contoh laen, bunglon mengubah warna tubuhnya. Tentu saja semuanya adalah cara2 makhluk hidup melakukan adaptasi sehingga cocok untuk hidup di lingkungannya.

H. Mengeluarkan zat sisa/ekskresi

Tidak semua zat makanan dapat digunakan oleh tubuh. Zat makanan yang tidak terpakai disebut zat sisa. Zat sisa ini akan menjadi racun jika tertumpuk dan tidak dikeluarkan. Oleh karena itu, setiap makhluk hidup pasti mengeluarkan zat sisa dari makanan yang sudah dimakan. Zat sisa dapat berupa kotoran, keringat, atau sisa metabolisme laen. Selain sisa zat makanan, sisa respirasi juga dikeluarkan seperti karbon dioksida.

I. Regulasi

Regulasi adalah sistem pengatur keserasian dalam tubuh makhluk hidup. Sistem regulasi terdiri atas syaraf dan hormon yang terdapat pada makroorganisme. Sistem ini emang sangat penting bagi seluruh makhluk hidup karena dengan adanya sistem ini sudah bisa dikatakan sesuatu hidup. Adapun regulasi dalam sel dilakukan oleh nukleus terutama asam nukleat yang terjadi pada seluruh makhluk hidup.

J. Tersusun Atas Sel?

Tubuh makhluk hidup bisa terdiri dari satu, dua, tiga, puluhan, ratusan, ribuan, bahkan milyaran sel hingga triliunan juga bisa kalo mau. Yap, makhluk hidup tersusun atas sel. Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup. Di dalam sel terdapat organel2 sel yang memiliki berbagai fungsi. Di dalam sel juga terdapat asam nukleat yang berisi gen ato informasi tentang suatu makhluk hidup. Yang menjadi perdebatan ialah virus. Virus bisa bergerak, berkembang biak, bahkan memiliki gen. Namun, virus tidak memilki sel. Oleh karena itu virus tidak termasuk kedalam kingdom manapun bahkan tidak dianggap sebagai makhluk hidup. Virus digolongkan sebagai suborganisme (makhluk jadi-jadian). Meski begitu virus memiliki cabang sendiri dalam biologi yakni virologi. Bahkan ada yang namanya viroid dan lebih parah lagi prion yang juga sama2 suborganisme. Jadi menurut ente apakah makhluk hidup harus tersusun atas sel? Ya, terserah sih mau pilih yang mana yang penting udah tahu dan paham.

Yap, itulah ciri2 makhluk hidup ala KNK Land. Kalo ada yang salah mohon dikasih tau (gausah dimaafkan, gak rugi juga). Maklumlah ane orang math bukan bio meski juga jago bio, hehe. Oke, sekian pos mimin, To be continued.... .  ..

Jangan lupa juga
Belajar Bahasa Alien
Ketahui tentang kulit atom
Ketahui Horon Jones

No comments:

Post a Comment