Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Tuesday, May 23, 2017

Berbagai Trik Melakukan Pencarian di Google

Yo All! Yo! Kembali lagi sama mimin yang keren lagi pinter, mimin K. Dimana lagi kalo bukan di KnK Blog. Kali ini mimin bakal ngebahas tentang mesin pencari google. Bayangkan aja kalo ente main internet tapi gak ada mesin pencari. Pastinya ente bakal menderita, kan? Yap, apa2 yang ente gak tau pastinya ente cari di mesin pencari. Sekarang udah bukan zamannya nanya2in orang tapi sekarang udah zamannya nanya2in robot. Hampir semua orang sering menggunakan Google setiap hari. Tapi tentu saja, google belum sempurna karena biasanya hasil pencarian yang dicari google terkadang kurang memuaskan atau kurang relevan tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Nah, agar hasil pencarian google sesuai dengan apa yang kita inginkan, maka terdapat berbagai trik dalam melakukan pencarian di situs raksasa ini. Apa saja sih triknya? Yang pasti ini bukan trik abal2. Daripada lama2 mending ckidot aja.



Trik 1: Gunakan tanda minus atau "-" di depan kata yang tidak ingin ente cari

Agar pencari lebih spesifik, kita menggunakan filter. Yap filter pencarian digunakan untuk menyaring hasil pencarian sehingga hasil pencarian tertentu tidak ditampilkan. Salah satu filter yang bisa kita gunakan adalah tanda "-" ato garis datar. Jika kita menaruh garis datar di depan salah satu kata kunci di kotak pencarian, maka kata semua laman yang mengandung kata tersebut tidak akan ditampilkan dalam pencarian. Misalnya saja ente ingin mencari tentang cara membuat puding enak. Namun, pudingnya gak mengandung cokelat. Maka, yang harus ente lakukan adalah menggunakan filter ini dengan menulis tanda "-" di depan kata cokelat. Sehingga, yang harus ente ketik di kotak pencarian google jika ente ingin mencari cara membuat puding yang gak mengandung cokelat adalah "Cara membuat pudding -cokelat" bukan "Cara membuat puddding gak pake cokelat". Walhasil, semua hasil pencarian emang berisi kata "cara", "membuat" dan/atau "pudding" tapi tidak ada satupun yang beerisi kata "cokelat".

Trik 2: Gunakan tanda petik "" untuk mencari frasa bukan kata per kata

Tahukah ente, kalo Google dalam mencari tulisan tidak mencari kalimat ato frasa tapi mencari kata per kata yang ditulis di kotak pencarian? Yap, meskipun ente menulis "Bahasa Indonesia" ato menulis "Indonesia Bahasa" maka dapat memberikan hasil pencarian yang sama meskipun urutan laman hasilnya berbeda dan akan semakin berbeda jika kata kuncinya makin  banyak. Terkadang hasil pencarian kalimat di google kurang memuaskan karena ternyata di hasil pencariannya gak ada yang memuat kalimat tersebut namun hanya kata2 yang terdapat di kalimat yang ente ketik di kotak pencarian. Yah, memang kata2nya ada tapi sayangnya terpisah2 sehingga hasil pencarian kurang relevan bagi ente. Sebenarnya hal ini jarang terjadi mengingat google emang memunculkan hasil pencarian yang paling dekat dengan kata kunci beserta urutannya di urutan paling atas. Misalnya ente ingin mencari tentang hukum shalat gerhana tapi tiba2 yang muncul gak relevan misalnya ada postingan tentang hukum dalam Islam yang kebetulan terdapat tulisan "shalat gerhana" namun terpisah. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan tanda petik agar beberapa kata dianggap "satu kata" dalam pencarian google

Trik 3: Gunakan "site:situsblabla.com" jika ingin mencari di situs tertentu

Terkadang ente pengen mencari sesuatu di situs tertentu tapi sayangnya di situs tersebut gak ada yang namanya search bar. Oleh karena itu ente boleh gunakan google untuk mencari konten pada situs tertentu. Misalnya ente pengen cari sesuatu di kaskus. Kaskus adalah situs forum raksasa pastinya banyak skali informasi di dalamnya. Misalnya ente pengen nyari cara memelihara marmut di situs kaskus. Maka, ente tinggal tulis di google "Cara memelihara marmut site:kaskus.co.id" maka hasil pencariannya hanya terdapat link ke situs kaskus.


Trik 4: Gunakan tanda * jika seandainya anda lupa kalimat tertentu

Misalnya ente lupa quote yang keren, ato lirik lagu yang ente suka dengerin. Ente pun mencarinya di google tapi gak tau mau nulis apa. Tenang aja, selama masih ada sedikit yang ente ingat, ente tetap bisa mencarinya di google. Misalnya aja ente lupa sama quote yang keren ini "Jangan jadi dirimu sendiri, jadilah apa yang ente inginkan karena sebanyak apapun ente berubah, ente tetaplah ente bukan orang laen" -Mimin K. Quote ini emang keren banget dan sangat memotivasi tapi karena saking panjangnya ente gak ingat beberapa bagiannya. Terus ente pengen nyari di google biar bisa ingat lagi. Nah, misalnya ente lupa kalo ada tulisan "karena sebanyak apapun" dan "tetaplah" maka ente harus menulisnya seperti ini di google "Jangan jadi dirimu sendiri, jadilah apa yang ente inginkan *, ente * ente bukan orang laen". Tanda * diartikan sebagai wildcard yang artinya dapat diisi dengan kata apa aja.

Trik 5: Mencari untuk periode tahun tertentu

Untuk melakukan pencarian untuk periode taun tertentu tinggal ente ketik tahun + 3 titik + tahun. Misalnya ente pengen nyari penemuan baru diantara taun 2010 sampe 2017 maka ente ketik "penemuan baru 2010...2017"

Trik 6: Mencari dengan gambar

Trik ini memang jarang orang tau pasalnya kebiasaan kita sebagai manusia modern adalah mencari dengan menggunakan kata kunci aja. Padahal kalo misalnya ente nemu gambar di internet terus ente pengen tau sumber gambar tersebut itu darimana maka yang perlu ente lakukan adalah membuka google images disini lalu klik gambar kamera (telusuri gambar kalo misalnya pake tulisan) disamping gambar kaca pembesar aka lup. Selanjutnya, tinggal gunakan insting perkomputeran ente. Kalo gak muncul, coba pake di pc ato ganti ke tampilan desktop kalo ente pake hp.


Trik 7: Trik laen-laen (yang pasti banyak sekali)

Yap, saking banyaknya trik pencarian google, mimin gak bisa paparin semuanya disini. Misalnya saja ente pengen cari suara hewan. Tinggal masukkan kata kunci nama hewan dalam bahasa inggris lalu tambahkan kata "sound". Contohnya saja ente pengen cari suara domba, maka ente hanya perlu ketikkan "Sheep Sound". Trik laennya adalah operasi matematika. Ente hanya perlu mengetik pengoperasian matematika di mesin telusur dan tentu saja butuh trik tersendiri jika operasi matematikanya emang rumit. Misalnya ente mau nyari hasil dari 4 + 5 x 3 maka tinggal ente tulis aja di google "4 + 5 x 3" atau "4 + 5 * 3". Hasilnya, kalkulator milik google pun muncul. Itulah beberapa trik sederhana di google. Sebenarnya masih banyak lagi triknya. Bagi yang punya daftar yang lebih lengkap silahkan share yah di komen.

Okedeh, cukup sekian pos mimin kali ini. Pos ini emang agak rada gimana gitu yah soalnya mimin lagi gak mood buat nulis di blog makanya agak rada gimana gitu posnya. Kalo ente punya trik yang laen silahkan share di komen yah. Baiklah, mimin akhiri aja, to be continued. . .. ..

Jangan lupa juga
Belajar asas afbau
Maen ama kucing di desktop
Maen shogi

No comments:

Post a Comment