Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Saturday, June 3, 2017

4 Sehat 5 Sempurna

Yo All! Yo! Yap, kembali lagi sama mimin yang pintar dan kuat, Mimin K. Tentu saja di blog kesayangan kita, KnK Blog. Yap, sesuai judul, mimin akan ngebahas tentang 4 sehat 5 sempurna. Sejak SD, kita sudah diajarin tentang ajaran sesat ini. Nah, daripada banyak bacot muter2 kayak maen game RPG berbahasa mandarin, mending kita langsung cekidot aja.









4 Sehat 5 Sempurna, empat kata yang terdengar keren. Bahkan, mimin ingat waktu SD dengan PDnya, guru mimin mengucapkannya dengan cukup keren. Lalu apa sih 4 sehat 5 sempurna itu? 4 kan angka sial. Terus 5 kok sempurna sih? Padahal kan yang sempurna hanya Tuhan. Ehem, mimin mulai ngaco. Empat Sehat Lima Sempurna adalah istilah keren dari empat jenis bahan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh lalu limanya adalah makanan (minuman sih) yang konon tidak wajib untuk dikonsumsi tapi berfungsi sebagai pelengkap. Empat Sehat Lima Sempurna terdiri atas makanan pokok, lauk-pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan yang paling lejen adalah susu. Mari kita bahas satu per satu. Mulai dari ...

Makanan Pokok

Makanan pokok, sesuai dengan namanya, makanan ini pokok. Itu berarti makanan ini wajib ada di piring kita setiap harinya. Kalo ente makan pake mangkok yah wajib di mangkok lah. Makanan pokok adalah sumber energi karena kebanyakan makanan pokok adalah sumber karbohidrat yang merupakan sumber energi manusia. Tentu saja, walaupun namanya makanan pokok, tetap saja nutrisinya kurang lengkap. Oleh karenanya, kita juga harus mengonsumsi 3 sehat yang laen. Setiap negara, bahkan daerah memiliki makanan pokok yang berbeda2 lho! Nah, contoh makanan pokok adalah nasi, jagung, kentang, sagu, singkong, roti, gandum, bahkan daging ikan merupakan makanan pokok bagi bangsa eskimo yang tinggal di tempat yang dingin.

Lauk-Pauk

Lauk adalah makanan yang wajib ada sebagai teman nasi (menurut wikipedia). Jadi, lauk merupkan sumber protein bagi tubuh. Adapun protein berfungsi sebagai penyusun tubuh. Lauk-pauk tidak hanya bersumber dari hewan aja tapi juga ada yang berasal dari tumbuh2an yang kaya protein seperti kedelai. Contoh lauk adalah ikan, daging, telur, tempe, tahu, dan sebangsanya.

Sayur-Mayur

Sayur adalah segala masakan yang disebut sayur yang sebagian besar bahannya berasal dari tumbuhan. Sayur mengacu pada pendamping nasi yang berkuah cair ato agak kental (bantuan wikipedia, mimin payah). Sayur-mayur tentu saja berkadar air tinggi serta mengadung vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral ini penting untuk pelaksanaan fungsi tubuh kita. Contoh sayuran yakni wortel, kubis, terong, sawi, bayam, dan sebangsanya.

Buah-Buahan

Buah adalah buah. Ya, buah. Buah adalah benda yang dihasilkan oleh tumbuhan sebagai cadangan makanan bagi anaknya (bijinya). Sangat disayangkan, buah ini umumnya dimakan oleh makhluk laen yang nggak bertanggung jawab misalnya saja manusia. Tapi benarkah seperti itu pengertian buah? Ada juga lho buah yang gak buat kasih makan anaknya tumbuhan, misalnya pisang. Sama kayak sayuran, buah kaya akan vitamin dan mineral. Setiap buah memiliki kandungan yang berbeda2. Apa bedanya buah sama sayur? Tomat buah ato sayur? Kalo soal ini mimin bakal pos laen kali kalo ada yang request di komen. Kalo ada. Contoh buah misalnya pisang, apel, semangka, durian, naga, nangka, dan antek2 laennya.

And the Last, Susu

Ya, susu. Ada banyak sekali jenis susu. Susu adalah cairan yang berasal dari anunya mamalia betina. Ya, kalian pasti taulah. Susu sebenarnya berfungsi sebagai makanan utama bagi hewan2 mamalia yang masih muda yakni anak dari penghasil susu tersebut. Terkadang susu juga bisa diminum oleh spesies hewan laen misalnya saja susu sapi diminum oleh manusia. Sungguh biadab yah? Susu bukan hanya berasal dari hewan saja lho! Ada yang namanya susu kedelai. Bukan keluar dari anunya kedelai betina yah tapi emang terbuat dari kedelai. Meskipun sebenarnya bukan susu tapi tetap dikatakan susu karena warnanya kayak susu. Susu katanya kaya akan kalsium dan zat gizi laennya yang sangat lengkap. Contoh susu misalnya susu sapi, susu kambing, susu kuda, susu manusia, dan susu beruang. Susu juga sering dijadikan aneka olahan terutama hasil fermentasi misalnya keju, yoghurt, susu asam, dll. Tentu saja yang paling sehat bagi manusia adalah susu manusia tapi sayangnya gak etis kalo diminum setelah dewasa (padahal sehat lho, mungkin laris manis kalo dijual). Jangan suudzan kalo mimin berpikiran kotor. Mimin menulis ini secara objektif yah bukan subjektif. Sumpah.

Oke, itulah serba-serbi tentang 4 sehat 5 sempurna dan tahukah anda 4 sehat 5 sempurna itu hanya ada di Indonesia? Konsep 4 sehat 5 sempurna ini sendiri dipopulerkan oleh bapak gizi Indonesia, Prof. Poerwo Soedarmo pada tahun 1950-an. Mungkin ente baru ya? Mungkin iya karena saat itu ente blum lahir. Sebenarnya sih 4 sehat 5 sempurna ini udah jadul banget, sekarang udah zamannya "Pedoman Gizi Seimbang". Mari kita beralih ke pedoman gizi seimbang yang lebih sehat. Apakah mimin bakal pos tentang pedoman gizi seimbang? Tentu saja tergantung sistem random yang dimiliki mimin tapi bisa juga dipaksa oleh komen pengunjung. Oke, skian, to be continued .. . .

Jangan lupa juga yah
Baca cerita abal tentang Raja Singa
Ketahui arti keampuhan
Ketahui dan imani tugas2 para malaikat

No comments:

Post a Comment