Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Friday, June 23, 2017

Ion, Kation, dan Anion

Yo All! Yo! Kembali lagi sama mimin yang pintar lagi kakkoi. Dimana lagi kalo bukan di KnK Land. Yap, kali ini mimin bakal pos lagi soal kimia. Tapi sebelum membaca postingan ini, alangkah baiknya ente harus tau dulu apa itu elektron sama proton. Kalo ente blum tau apa itu elektron sama proton maka dapat dipastiin ente gak bakal ngerti postingan ini. Oke, sambil baca postingan ini, alangkah baiknya ente sediakan pisang goreng disertai dengan sambal buat ngemil sambil ngebaca postingan ini karena postingan ini bisa saja bikin anda setres. Baiklah, waktunya cekidot.





Seperti yang kita tau bahwa di dalam atom terdapat yang namanya proton. Selain proton, sebagian besar atom di dunia ini mengandung yang namanya elektron. Proton bermuatan positif sedangkan elektron bermuatan bokep negatif. Jumlah atom dan proton di setiap atom berbeda2 tergantung jenisnya. Oh yah, zat bukan hanya sekedar berbentuk sebiji atom aja tapi juga ada yang saling berikatan berbentuk molekul. Nah, skarang apa itu ion? Ente pasti sering dengar apa itu ion terutama di iklan2 tv gitu misalnya iklan ponari sweat. Nah, apa ion? Ion adalah atom ato sekumpulan atom yang bermuatan listrik. Jadi gini, jika atom yang protonnya lebih banyak daripada elektron maka atom tersebut bermuatan positif. Sebaliknya, yah tentu saja bermuatan dewasa negatif.

Terus apa itu kation dan anion? Kation adalah ion yang bermuatan positif sedangkan anion adalah ion yang bermuatan negatif.

Lalu bagaimanakah ion terbentuk?
Nah, seperti yang kita tau, proton sukanya berada di inti atom. Proton itu hobinya mager, gak suka gerak kesana kemari. Sedangkan sahabatnya elekton senangnya bergerak kesana kemari bahkan ada yang sampe minggat ke atom laen. Walhasil, ada atom yang kehilangan elektron, dan ada atom yang ketambahan elektron. Yang kehilangan elektron menjadi bermuatan positif, sedangkan yang ketambahan elektron menjadi bermuatan negatif. Ini semua terjadi karena banyak sebab. Sebab utamanya ialah kecenderungan suatu zat agar bisa stabil. Salah, satu cara zat bisa stabil adalah berubah menjadi ion. Yeah.

Itulah sedikit tentang ion. Dunia kimia emang penuh dengan warna-warni. Beda ama matematika yang penuh dengan hitam putih. Meski begitu warna-warni sebenarnya hanyalah ilusi yang dibuat2 oleh mata dan otak kita yang merupakan konversi dari angka panjangnya gelombang cahaya. Lah, kok kita bahas yang laen sih? Oke, sekian postingan pendek dari mimin. Mimin post ginian biar mimin gak lupa apa yang mimin pernah pelajari. Jangan lupa juga cimiumiu (koreksi kalo ada yang salah). Pesan mimin : "Rajin belajar dan jagalah kesehatan". Sip, berakhirlah postingan ini, To be continued..  ...

Jangan lupa juga

Kerabat meninggal? Hitung warisan dengan software ini (innalillahi)
Pelajari Isim Isyarah, kata tunjuk dalam bahasa arab
Ketahui apa itu pertumbuhan ekonomi

No comments:

Post a Comment