Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Thursday, June 29, 2017

Tipe-Tipe Data dalam Bahasa Pemrograman

Yo All! Yo! Kali ini mimin yang pintar lagi keren ini bakal share soal pemrograman. Pada era modern yang penuh dengan kecanggihan digital ini yang kaya dengan gadget2 yang beraneka ragam bentuknya, banyak skali orang2 bego awam yang gak ngerti basic ato dasar dari pemrograman. Padahal, meskipun ente bukan seorang programmer, mengerti sedikit soal koding2an itu penting lho! Gak harus jadi programmer buat blajar koding. Cukup memiliki barang elektronik yang punya banyak aplikasi sudah membuat ente wajib untuk memahami koding. Cukup paham aja gak usah mendalami. Yaudah, langsung cekidot aja.






Dalam koding, ada yang dikenal dengan nama "Data". Data adalah catatan yang disimpan dalam suatu media penyimpanan digital. Data dalam dunia digital disimpan dalam bentuk bilangan biner. Kenapa disimpan dalam bentuk bilangan biner? Karena alat elektronik hanya mengenal on dan off ato 0 dan 1. Jadi, meskipun data yang ente simpan berupa bilangan desimal yang notabene ada yang terdiri dari angka selain dari 0 dan 1 atopun berupa tulisan huruf2 tetap aja ditranslate ke bentuk biner saat ente menyimpannya dan tentu saja hanya sedikit orang yang menyadarinya.

Tentu saja di dunia ini banyak sekali bentuk data baik berupa tulisan, angka, gambar, suara, dll. Pada dasarnya semua itu hanya tersusun dari dua angka yakni 1 dan 0 yang ditranslate oleh OS sebelum menampilkannya pada kita. Bahkan game skalipun hanya terdiri atas file2 gambar, suara, serta file2 teks yang digabungkan oleh seorang ato dua orang programmer sehingga jadilah sebuah game.

Ehem, mari kita bahas data lagi. Seperti yang ane bilang di atas, data ada banyak skali. Disini mimin hanya akan memberikan beberapa tipe data sederhana yang ada dalam bahasa pemrograman. Tipe data laen bisa ente cari di google yah.

1. Tipe Data Numeric (Angka)

Yang pertama ialah tipe data numeric ato angka. Tentu aja ente taulah data ini berbentuk angka. Tipe data Numeric juga terbagi dua yakni integer dan real. Integer adalah tipe data bilangan bulat sedangkan real adalah tipe data bilangan real termasuk bulat dan non-bulat. 2 Tipe2 data ini juga terbagi dalam berbagai bentuk kategori tergantung rentang angka dan jumlah byte tempat penyimpanan data tersebut. Untuk informasi lebih lanjut bisa ente cari di google ato request di komen wkwk.

2. Tipe Data String (Karakter)

Selain angka, ada juga data yang berbentuk kumpulan karakter termasuk di dalamnya huruf, angka, serta simbol. Tipe data string biasanya terdiri dari beberapa data karakter yang disusun sesuai urutan yang diinginkan. Tipe data string membutuhkan lebih banyak tempat penyimpanan dibandingkan tipe data laen (CMIIW).


3. Tipe Data Boolean

Tipe data yang paling kecil yang nilainya hanya diantara 1 dan 0 atau TRUE dan FALSE. Tipe data ini adalah tipe data logika. Kayaknya hanya butuh 1 bit penyimpanan.

Oke, itulah postingan singkat mimin wkwk. Mimin males ngetik, makanya hanya itu aja yang bisa mimin sampaikan. Sisanya, tinggal ente cari di google wkwkland. Postingan ini walau singkat, yang penting gak mencurry, hehe. Kalo ada kesalahan, mohon dikasih tau di komen yah. Yap, kalo ada pertanyaan ato gak paham, silahkan komen juga. Yosh, skarang mimin akhiri dengan To be continued . . . ....

Jangan lupa juga
Belajar Bahasa Kanoka
Nikmati blog ini dengan benar
Download software penghitung warisa

No comments:

Post a Comment