Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Pengumuman Penting! Sebagian besar link download file di web ini telah terhapus. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini :(. Kami akan segera mengunggah kembali file yang telah terhapus :).

Sunday, September 24, 2017

Bacaan Imalah

Yo semua! Kembali lagi sama mimin yang baik hati dan senang berbagi ilmu, mimin K. Tentu saja, di blog yang hebat ini, KnK Blog. Nah, kali ini mimin akan mengajak ente2 semua untuk mempelajari salah satu bacaan dalam ilmu gharib. Bacaan yang bakal mimin bahas ialah bacaan imalah. Apa itu bacaan imalah? Seperti apakah bacaan imalah? Kenapa dibaca imalah? Yaudah, mending kita cekidot.







Dalam Al-Quran terdapat beberapa ayat yang ada bacaan khususnya. Nah, ilmu yang mempelajarinya disebut ilmu gharib. Disebut ilmu gharib karena bacaannya terdengar asing bahkan hanya beberapa yang muncul di dalam Al-Quran. Salah satu bacaannya adalah imalah.

Apa itu imalah?
Secara bahasa, imalah berarti memiringkan atau membengkokkan. Sedangkan, secara istilah imalah itu artinya memiringkan bunyi fathah ke kasrah atau bunyi alif ke ya'. Saat kita membaca bacaan imalah, bunyi "a" fathah agak dibengkokkan ke bunyi "i" kasrah sehingga memunculkan bunyi baru kayak "e" dalam "pare". Nah, bacaan imalah ini hanya muncul satu kali dalam Al-Quran makanya bacaan ini termasuk dalam ilmu gharib.

Satu2nya ayat yang punya bacaan imalahnya ialah QS. Hud ayat 41. Nih ayatnya
وَقَالَ ارْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ
Artinya: Dan Nuh berkata: "Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya". Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Nah, liat huruf "رَا" yang mimin kasih warna biru. Huruf ra ini dibaca imalah. Jadi, cara bacanya diantara fathah dan kasrah yang menghasilkan bunyi yang mirip "e". Sehingga tulisan yang merah dan biru tersebut dibaca "majreha" bukan "majroha" (mimin saranin belajar bacanya dari gurunya yang ahli secara langsung).

Kenapa bisa gitu? Apaa alasan dibalik bacaan imalah ini? Alasannya silahkan liat di spoiler berikut ini.
Spoiler:
Kata (مَجْرٰىهَا) berasal dari kata (جَرَى) yang artinya berjalan di daratan atau berjalan/mengalir di permukaan air/laut. Nah untuk membedakan mana yang "majraha" yang berjalan di darat sama "majraha" yang berjalan/mengalir di laut maka untuk "majraha" yang berjalan di laut diimalahkan sehingga menjadi "majreha". Sebenarnya sih "majraha" yang biasa saja bisa buat kedua-duanya tapi karena perjalanan di laut cenderung tidak stabil daripada di daratan. Nah, itulah alsan kenapa bacaan "majraha" dibaca imalah ^_^

Imalah sebenarnya diyakini termasuk sebagai dialek bahasa Arab standar untuk penduduk Najed dari suku Tamim, Qais dan Asad. Bacaan ini bermanfaat untuk memudahkan bacaan huruf.
Yap, itulah postingan mimin kali ini. Semoga bagi ente2 yang menyaksikan postingan ini mendapatkan manfaat. Oh yah, kalo ada kesalahan mohon dikasih tau di komen biar mimin perbaiki, okey? Sekian dulu and papay~

Jangan lupa juga
Belajar Bahasa Kanoka
Bermain Pokemon GO dengan Hepi
Ketahui hukum dan sebab dilaksanakan shalat gerhana

No comments:

Post a Comment