Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Pengumuman Penting! Sebagian besar link download file di web ini telah terhapus. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini :(. Kami akan segera mengunggah kembali file yang telah terhapus :).

Sunday, September 17, 2017

Bilangan Bulat

Yo Semua! Kembali lagi sama mimin yang kece dan penuh random, mimin Q. Setelah banyak bacot ngedongeng di dunia angka, akhirnya mimin bisa posting postingan yang lebih ilmiah (wkwk ilmiah). Sebelum membaca postingan ini (yah, udah terlanjur kebaca), alangkah baiknya ente refresying dulu main game. Namun, karena ente udah terlanjur baca, yah baca aja terus gak usah main game. Ayo langsung cekidot.

Sebelum kita membahas bilangan bulat, mari kita ingat2 dulu pelajaran waktu kita masih kecil (Teringat Shelly, mantan mimin. Cuma boongan kok).

Bilangan Asli

Bilangan Asli timbul dari berhitung. Mari kita berhitung anak-anak!

Objek gaada -> 0
Satu objek -> 1
Dua objek -> 2
Tiga objek -> 3
... dan seterusnya...

Kita juga bisa menggambarkannya dalam garis bilangan satu dimensi. Berikut adalah grafik dari 6 bilangan asli pertama yakni 0, 1, 2, 3, 4 dan 5.

Kita hanya menaruh tanda dot (titik hitam tebal) hanya untuk bilangan yang termasuk yakni 0 sampe 5. Karena 6 tidak termasuk 6 bilangan asli pertama maka 6 tidak dikasih tanda dot.

Terkadang bilangan asli disebut bilangan cacah. Namun, para matematikawan tradisional tidak setuju kalo bilangan asli itu sama dengan bilangan cacah. Menurut mereka, 0 tidak termasuk bilangan asli. Di Indonesia sendiri, kebanyakan sekolah mengajarkan kalo bilangan asli itu dari 1 dan seterusnya. Ya, sebenarnya itu gak masalah sih. Itu hanya masalah definisi atau pengertian aja gausah dipusingkan. "Yah terserah dari anda mana yang lebih masuk akal buat anda" (dengan suara Bos Darling, nabi dari kaum FE-lers).

Kurang Dari (<) dan Lebih Dari (>)

Dalam garis bilangan, semakin ke kiri maka bilangan akan semakin kecil. Sebaliknya, semakin ke kanan, bilangan akan semakin besar. Ada dua tanda yang pasti ente taulah untuk membandingkan dua angka yakni kurang dari (<) dan lebih dari (>) yang bentuknya kayak mulut buaya. Bilangan yang berada di sebelah kiri kurang dari lebih kecil daripada bilangan yang ada di sebelah kanannya. Sebaliknya, bilangan yang di sebelah kiri lebih dari lebih besar daripada bilangan yang ada di sebelah kanannya.

Contoh:
1 < 5
Seperti yang kita ketahui bersama, 1 itu lebih kecil dari 5.

7 > 3
Ini juga, 7 lebih besar dari 3.

Biar gampang menghafalnya. Anggap aja tandanya adalah buaya yang sedang lapar. Pastinya buaya lebih senang dengan mangsa yang lebih besar. Mulut sang buaya pasti akan mengarah ke mangsa yang lebih besar.

Bilangan Negatif

Bilangan negatif berada di setengah bagian sebelah kiri dari garis bilangan. Kebanyakan nubi pasti agak sedikit pusing tentang bilangan negatif. Bilangan negatif ditandai dengan tanda minus (-) yang terletak di depannya. Contoh ya
-3
-4,55

-e
-√2


Kelima bilangan diatas kalo digambarkan dalam garis bilangan akan menjadi seperti ini:


Kegunaan dari Bilangan Negatif

Seperti yang kita ketahui tidak ada objek yang berjumlah negatif. Penggunaan bilangan negatif misalnya:
-Pada suhu, ada suhu di bawah 0 derajat
-Pada saldo bank yang overdrawn
-Menunjukkan lawan arah pada vektor
-dll

Skarang waktunya kita bicara tentang bilangan bulat

Bilangan Bulat

Apa itu bilangan bulat? Apakah bilangan yang berbentuk bulat? Berarti bilangan bulat 0 dong? Kalo ada yang bulat berarti ada yang datar dong? Eh anjay, kok mimin malah nyebar ajaran sesat bilangan datar sih. Okeh, bilangan bulat yaitu bilangan2 yang terdiri atas:
-Bilangan asli negatif (..., -3, -2, -1)
-Nol (0)
-Bilangan asli positif (1, 2, 3, ...)

Perlu diingat, bilangan bulat itu gak termasuk bilangan pecahan ato bilangan yang ada angka selain nol di belakang koma.

Bilangan2 bulat dapat dituliskan dalam garis bilangan seperti ini

Nah, jika suatu bilangan semakin ke kiri maka akan semakin kecil. Begitupun sebaliknya.

Membandingkan Bilangan

Nah, setelah ente udah tau apa2 aja bilangan positif itu. Skarang waktunya kuis yeaah.
Masukkan tanda "<" atau ">" di titik2 berikut ini. Orang yang komen pertama dengan jawaban yang benar bakal mimin kasih hadiah. Gimana? Asik bukan? Siapa cepat dia dapat. Hadiahnya tentu saja pulsa 10.000 rupiah. Gak rugi kok kalo ente jawab dengan bener. Nih soalnya..

A. -7962 .... 7818
B. -6609 .... 9441
C. -6419 .... 8010
D. -7885 .... -8889
E. -5998 .... 4209

Ayok dijawab. Penjawab pertama yang benar bakal mimin kasih hadiah pulsa 10.000 rupiah... Monggo dijawab kuy. Nanti, mimin juga bakal bikin iven matematika di blog ini. Bersiap2lah!

Okey, cukup sampe disini dulu yok. Nanti mimin bakal ngebahas soal nilai mutlak. Jangan lupa kunjungi blog ini dan jangan lupa komen dan klik iklan. Salam elit global dan papay~

Oh yah, postingan ini sebenarnya bersumber dari sini ->sini<-  Mimin hanya mentraslate aja dengan "sedikit" editan. Tapi, mimin gak cuma asal ambil materi tanpa disertai ilmu lho! Jangan lupa kunjungi intmath.com. Hanya sekedar info saja, papay lagi~

Jangan lupa juga
~Baca hadits tentang tidak batalnya seseorang yang menunggu saat disuruh menunggu. Eh, gimana tuh?~
Merekam suara dengan hape
Baca cerita lucu

No comments:

Post a Comment