Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Pengumuman Penting! Sebagian besar link download file di web ini telah terhapus. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini :(. Kami akan segera mengunggah kembali file yang telah terhapus :).

Wednesday, September 13, 2017

Bilangan (Just a Little Story)

Yo Semua! Kembali lagi sama mimin yang pintar lagi baik hati, Admin Q. Mungkin ente bertanya-tanya kenapa Admin K berubah menjadi Admin Q. Ya terserah mimin lah mau Admin K mau Admin Q mau apalah, semua terserah mimin. Nah, kali ini mimin akan membahas soal bilangan mulai dari dasar terdasar di antara semua dasar dalam bentuk cerita. Yuk, cekidot.








Bilangan
Semua orang tau tentang bilangan
Angka satu dua dan tiga
Bilangan bulat nol positif negatif
Menghitung adalah anugerah besar
Bilangan riil yang lahir
Imajiner yang terbayang
Menyatu dalam kerumitan
Eh anjay malah puisi. Sori, akhir2 ini mimin punya ketertarikan sedikit sama puisi. Baiklah, mari kita mulai dongengnya,,,

Pada zaman dahulu kala di dunia angka, ada sesosok angka yang kesepian. Angka tersebut bernama Satu. Satu pun membuat sebuah mesin operasi. Mesin pertama yang ia ciptakan bernama mesin penjumlahan. Setelah selesai, mesin itu dapat menjumlahkan angka baik dengan dirinya sendiri ataupun dengan angka lain. Satu pun menggunakan mesin tersebut untuk menjumlahkan dirinya sendiri. Walhasil, Satu memiliki teman baru yang bernama Dua.

Satu merasa sangat senang punya teman yang bernama Dua. Sayangnya mereka masih merasa kesepian. Akhirnya Satu dan Dua menggunakan mesin tersebut untuk memunculkan angka baru. Walhasil, lahirlah Tiga, Empat, Lima, dan seterusnya.

Semua angka hidup dengan bahagia. Mereka sangat senang menggunakan mesin tersebut dan mendapatkan teman baru. Mereka melakukannya terus menerus sampai tidak terhitung berapa jumlah mereka.

Suatu hari, mereka mengadakan rapat. Mereka semua berpikir dengan kritis. Mereka menyadari kalau faktanya ada kebalikan dari penjumlahan yakni pengurangan. Akhirnya mereka memutuskan untuk menciptakan mesin pengurangan. Beberapa saat kemudian, mereka pun menggunakannya.

Pada awalnya mereka hanya berpikir kalau mesin pengurangan ini hanya bisa digunakan jika angka yang lebih besar dikurangi dengan angka yang lebih kecil. Mereka pun mulai berpikir bagaimana jika dua angka yang sama saling dikurangi. Akhirnya mereka mulai bereksperimen. Lahirlah angka baru yang melambangkan ketiadaan, Nol.

Dengan lahirnya Nol, angka lainnya banyak yang ngefans sama Angka Nol. Terkadang mereka mengajak Angka Nol untuk menggunakan mesin penjumlahan dan pengurangan. Angka Nol sangat menarik perhatian saat itu.

Suatu hari mereka memiliki ide yang lebih liar. Mereka berpikir bahwa mungkin ada angka yang lebih kecil dari Angka Nol. Mereka mulai bereksprimen dengan mengurangkan bilangan kecil dengan bilangan besar. Walhasil, lahirlah banyak bilangan negatif. Setiap angka positif memiliki pasangan masing-masing yang negatif. Sayangnya, ini mengakibatkan angka-angka selain Nol menjadi sibuk sendiri dengan pasangannya. Nol pun menjadi kesepian. Kasian yah si Nol.

Terlepas dari kesepiannya Nol, para angka tidak habis ide untuk membuat mesin baru. Mereka pun membuat mesin perkalian. Setelah itu, adalah mesin pembagian. Mereka pun memiliki punya banyak teman baru yakni para pecahan. Tentu saja dunia angka menjadi sangat ramai dengan munculnya banyak sekali angka. Salah satu hal yang unik, mesin pembagian menjadi error saat suatu angka dibagi dengan Nol. Nol pun kembali menjadi menarik bagi angka lain. NolLovers pun bertambah banyak.

Dunia angka memang sangat luas. Para angka melakukan berbagai penelitian. Membuat mesin baru merupakan hal yang sangat menarik bagi para angka. Saat mereka kekurangan ide, mereka hanya menggunakan mesin lama secara berulang-ulang. Mereka berpikir, kalau penjumlahan dilakukan terus menerus akan menghasilkan perkalian, berarti kalau perkalian terus menerus akan menghasilkan apa. Walhasil, mereka pun membuat mesin pangkat.

Mesin pangkat pun menarik banyak perhatian. Mereka merasa mungkin akan ada angka yang baru bisa lahir dari mesin pangkat ini. Walhasil lahirlah para irasional. Bahkan, si Akar Negatif Satu yang bernama i, pun terlahir dari sini sehingga muncullah bilangan imajiner. Jika bilangan real dan imajiner saling menjumlahkan, lahirlah bilangan kompleks.

Ternyata, tidak sampai disitu saja. Di Kuil Geometri, muncul sesosok bilangan yang bersifat transenden. Dia bernama Pi. Pi terlahir dengan mukjizat dan merupakan bilangan (wkwk, mimin gak pake kata "angka" lagi) irasional. Pi adalah rasio dari keliling lingkaran dan diameternya. Pi juga memiliki saudara yang bernama Tau. Tau adalah rasio dari keliling lingkaran dan jari-jari. Pi dan Tau pun membuat dunia angka (dunia bilangan wkwk) menjadi ramai.

Tidak sampai disitu saja, ada sesosok bilangan yang dengan mukjizat muncul di Bukit Fungsi. Dia bernama Euler si Logartima Natural. Dunia angka pun menjadi sangat ramai dengan bilangan. Mereka pun melakukan banyak atraksi seperti berfaktorial, bertrigonometri, beraljabar, bermatriks dll. Terkadang mereka membuat mesin baru yang bisa digunakan hanya dengan satu bilangan yang bernama mesin fungsi. Namun, ada juga yang bisa lebih dari satu bilangan. Dunia angka pun menjadi sangat ramai dan penuh dengan keceriaan... TAMAT.

Yap, itulah cerita tentang bilangan. Bilangan muncul dari bilangan asli (1, 2, 3, dst). Terus muncul namanya angka nol (0). Selanjutnya apa yang terjadi setelah bilangan kecil dikurangi bilangan besar? Yap, muncul bilangan negatif (-1, -2, -3, dst). Bilangan positif, negatif dan nol adalah bilangan-bilangan bulat. Lalu muncullah pecahan. Terus bilangan irasional. Lalu, bilangan imajiner. Terus bilangan kompleks. Sebenarnya bilangan bukan hanya itu saja di dunia ini. Dunia matematika emang sangat luas dan terasa semakin luas saat dipelajari lebih lanjut. Oke, skarang postingan mimin udah selesai, dan waktunya mimin untuk berteriak, PAPAYYY

Jangan lupa juga
Pelajari Bahasa Kanoka
Membuat logo KNK dalam koordinat kartesius
Kuasai remot TV

No comments:

Post a Comment