Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Sunday, April 26, 2020

Fungsi Ideasional Bahasa

 

Halo semua ^_^ aye Admin K. Selamat datang di KnK Land. Tentu, kalian tahu apa itu bahasa. Bahasa adalah sesuatu yang biasa kita gunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tanpa bahasa, kita semua akan kesulitan untuk saling mengerti satu sama lain. Dengan bahasa, kita bisa menyampaikan apa saja yang ada di dalam pikiran kita. Aye menulis ini juga menggunakan bahasa.



Bahasa mempunyai banyak manfaat, dengan bahasa kita bisa memberikan informasi kepada orang lain. Selain itu, kita juga bisa memberikan perintah serta menggali informasi dengan bertanya.

Bahasa mengemban tiga fungsi utama yang disebut dengan metafungsional. Ketiga fungsi tersebut yaitu fungsi ideasional, fungsi interpersonal, dan fungsi tekstual. Ketiga fungsi ini menunjukkan realitas yang berbeda. Ketiga fungsi ini sebenarnya tidak berdiri sendiri secara lepas-lepas.

Seperti yang sudah disebutkan di atas. Salah satu fungsi bahasa adalah fungsi ideasional. Apa itu fungsi ideasional? Fungsi ideasional adalah fungsi untuk mengungkapkan sesuatu yang berkenaan dengan interpretasi dan representasi pengalaman. Di bawah fungsi ideasional, bahasa digunakan untuk mengungkapkan realitas fisik-biologis berkenaan dengan interpretasi pengalaman. Jadi, dengan bahasa kita bisa mengungkapkan atau merepresentasikan pengalaman yang pernah terjadi pada kita.

Metafungsi ideasional juga terdiri atas metafungsi ekspriensial yakni mengekspresikan makna eksperiensial sebagai hasil dari realitas pengalaman dan metafungsi logikal yakni merealisasikan makna logikal (logico-semantic) sebagai hasil dari realitas logis yang menghubungkan antarpengalaman tersebut.

Baiklah. Sekian postingan dari aye. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Kalau ada tambahan atau kesalahan, silakan sampaikan di kolom komentar. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Babai~ \(0_0)/

Referensi: http://repository.ut.ac.id/4240/1/BING4214-M1.pdf


No comments:

Post a Comment