Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Friday, June 3, 2016

Bolehkah Mensholati Orang Yang Meninggalkan Sholat?

Yo All! Yo! Udah lama yah mimin gak share lagi soal agama. Yap, tentu saja postingan ini bukan 100% buatan mimin dan berasal dari sumber yang terpercaya. Mimin disini bertugas buat nge-share (dan diedit dikit biar lebih komunikatif). Okedeh, kita mulai.










Sering timbul pertanyaan, apakah boleh mensholati orang yang semasa hidupnya tidak sholat? Pertanyaan ini muncul bukan tanpa dasar. Tentu saja ini berasal dari pertanyaan yang muncul sebelumnya yakni apakah orang yang meninggalkan sholat termasuk kafir? Hmm, sepertinya agak sulit yah. Terdapat dua sebab atau kemungkinan orang meninggalkan sholat:
1. Kemalasan, masih terdapat perselisihan apakah dia kafir atau tidak
2. Berkeyakinan kalo meninggalkan sholat tidak mengapa, para ulama' sepakat bahwa ia telah kafir

Nah, kalo kemungkinan yang kedua sih gak diragukan lagi kalo orang tersebut telah kafir. Namun, jika alasannya malas, para ulama berbeda pendapat dengan hal itu. Al-Imam Abu Hanifah, Malik, dan Syafi'i berpendapat bahwa ia tidak kafir, sedangkan Imam Ahmad berpendapat bahwa ia kafir. Bingung kan? Yah, tergantung ente mau pilih yang mana. Meski begitu pendapat yang lebih kuat wallahu a'lam adalah pendapat yang menyatakan bahwa jika terus menerus meninggalkan sholat (bukan hanya sekali-sekali), maka ia menjadi kafir. Hal ini berdasarkan beberapa hadits :

Hadits Pertama


بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ وَالْكُفْرِ تَرْكُ الصَّلاَةِ


Artinya : “(Pembatas) antara seseorang dengan kesyirikan serta kekufuran adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim no. 257)


Hadits Kedua

الْعَهْدُ الَّذِى بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمُ الصَّلاَةُ فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ

Artinya : “(Perjanjian) pemisah antara kita dengan mereka (orang kafir) adalah sholat. Barangsiapa yang meninggalkannya (sholat) maka ia telah kafir (H.R Ahmad)

Dan masih banyak lagi hadits lainnya (XP mimin malas nulis)
Tuh, serem-serem kan ancamannya kalo ninggalin sholat? Ancamannya adalah menjadi kafir. Dan tau kan orang kafir tempatnya dimana? Di NERAKA KEKAL SELAMANYA. Ngeri banget kan? Makanya jangan pernah ninggalin sholat.

Lalu udah bisa dijawabkan pertanyaan diatas? Yap, orang yang sering meninggalkan shalat itu kafir, dan orang kafir haram buat dishalati (orang kafir haram dishalati dalilnya ada di at-Taubah ayat 84, liat aja). Yah, meski masih tergantung sih. Kalo sebabnya karena adanya keyakinan tidak wajibnya shalat maka pastilah ia kafir, sedangkan kalo hanya malas, kita lihat dulu apakah ia terlalu sering meninggalkan shalat ataukah hanya sekali-sekali. Kalo hanya sekali-sekali mungkin dia lalai atau masih mau belajar, atau mungkin baru tobat mau mulai shalat. Kalo orangnya sering-sering meninggalkan shalat, nah ini dia orang yang meremehkan shalat.

Makanya pesan dari mimin, rajin-rajinlah shalat buat para pengunjung yang beragama Islam (Yey, amalan yang terputus, ilmu yang bermanfaat). Baiklah, mimin minggat dulu yah ... To Be Continued ت



No comments:

Post a Comment