Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Wednesday, February 14, 2018

Teknik Sipil (Civil Engineering)

Halo semua ^_^ Ketemu lagi sama saya, Admin Si Pedang di KnK Land. Kali ini saya akan membahas salah satu cabang ilmu yang terdapat di dunia yang fana ini. Cabang ilmu tersebut adalah teknik sipil. Kenapa saya membahas tentang teknik sipil? Apakah ada hubungannya dengan saya? Tentu saja tidak karena saya yah cuma pengen nulis doang aja. Okeh, langsung saja yah.






Perlu saya tekankan, teknik sipil dan pegawai negeri sipil itu beda yah. Jadi, kalau mau jadi PNS, bukan berarti kamu masuk jurusan teknik sipil atau kalau kamu lulus jurusan teknik sipil bukan berarti kamu jadi PNS yah. Itu sesat dan sungguh sesat.

Teknik Sipil (Civil Engineering) adalah Ilmu yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, renovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Istilah Civil Engineer sendiri dikenalkan oleh John Smeaton seorang kebangsaan inggris yang telah banyak berkarya membangun bebagai macam struktur sperti “Eddystone Lighthouse” yang dibangun tahun 1756 (sumur).

Dalam mempelajari teknik sipil, tentu harus memiliki banyak persiapan seperti peralatan misalnya kalkulator, alat gambar, komputr hingga textbook. Apakah saya jurusan teknik sipil? Hmm, mungkin iya mungkin tidak. Ayo tebak apakah saya masuk jurusan teknik sipil atau tidak di kolom komentar di bawah. Jawaban yang benar dan pertama akan saya berikan hadiah (sediakan nomor telpon). Tidak boleh ada jawaban berganda dengan nomor telepon sama. Jadi, jawabannya gak valid (dua-duanya).

Mungkin ada yang bertanya-tanya. Apa sih perbedaan antara teknik sipil dan arsitektur? Sekilas terlihat sama. Tapi ternyata ya beda lah. Memang, masyarakat lebih mengenal yang namanya arsitek dibandingkan teknik sipil. Cita-cita anak kecil juga biasanya banyak yang ingin menjadi arsitek tapi jarang sekali anak kecil bilang ingin jadi teknik sipil. Arsitek itu sendiri berperan dalam merancang atau mendesain suatu bangunan. Sedangkan teknik sipil, berperan penting dalam hal kekuatan bangunan. Biasanya kalo bangunan bagus yang dipuji arsiteknya, sedangkan kalo banguan roboh atau anjlok, eh yang dihina teknik sipilnya. Bisa dibilang, arsitek adalah pendesain, sedangkan teknik sipil adalah pemeriksanya. Arsitek sama teknik sipil harus menjalin kerjasama yang baik, gak boleh egois dalam membangun suatu bangunan.

Nah, itulah postingan tentang teknik sipil yang semoga dapat memberikan pembaca lebih banyak wawasan. Sampai jumpa di postingan selanjutnya, bye~

No comments:

Post a Comment