Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Saturday, November 16, 2019

Arti Kata - Apresiasi

Hai-hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang keyen lagi kece . Tentu saja, masih di blog kesayangan qta yang penuh dengan kebahagiaan dan keindahan yang luas ini, KnK Land. Kali ini, aing akan membahas tentang arti dari suatu kata. Kata tersebut adalah kata "apresiasi". Bagi kalian yang udah pernah duduk di bangku sekolah mungkin sering mendengar kata "apresiasi" terutama pas pelajaran seni budaya. Bener gak? Kalo gak bener berarti guru kalian gak becus ngajarnya. Okey, langsung saja qta cekidoot guys .





Saat aing gugling arti dari kata "apresiasi", yang muncul bukan hanya pengertian apresiasi secara tapi yang banyak muncul justru apresiasi khusus karya seni. Trus, apa itu apresiasi sendiri? Sebenarnya kalian bisa mencarinya di gugel tapi ternyata setelah dicari di gugel malah muncul blog ini trus kalian klik. Padahal, ada situs laen yang lebih bagus misalnya kbbi onlen atau wikipedia onlen.

Menurut kabebei onlen yang kutubuku itu:
apresiasi/ap·re·si·a·si/ /aprésiasi/ n 1 kesadaran terhadap nilai seni dan budaya; 2 penilaian (penghargaan) terhadap sesuatu; 3 kenaikan nilai barang karena harga pasarnya naik atau permintaan akan barang itu bertambah;

Jadi, apresiasi merupakan kata benda yang memilki arti lain kesadaran, penilain, atau penghargaan. Pengertian no.1 dikhususkan untuk karya seni. Dalam pengertian no. 1, apresiasi diartikan sebagai kesadaran akan nilai-nilai dalam seni misalnya keindahan, kegunaan, atau makna dibalik seni atau kebudayaan. Selanjutnya pada pengertian no. 2, apresiasi diartikan sebagai penilaian baik berupa pujian ataupun kritikan termasuk penilaian terhadap karya seni atau budaya. Adapun pengertian no. 3 tampaknya merupakan pengertian apresiasi dalam ilmu ekonomi. jika suatu berang diapresiasi oleh banyak orang, otomatis barang tersebut akan menjadi populer dan laku sehingga mengakibatkan nilai barang tersebut naik.

Apresiasi merupakan suatu bentuk penghargaan terhadap sesuatu terutama yang berhubungan dengan karya seni. Apresiasi merupakan kesadaran kita akan nilai-nilai yang terkandung dalam karya seni. Apresiasi bisa berbentuk pujian ataupun penghargaan. Dengan melakukan apresiasi terhadap karya seni, kita dapat mendukung si pembuat karya seni tersebut yang biasa disebut seniman atau artist (anak art :v).

Ada banyak karya seni yang bisa kita apresiasikan misalnya seni lukis, seni patung, seni musik (haram), seni kerajinan tangan, dan air seni lainnya. Ada juga berbagai cara mengapresiasikan karya seni tergantung seperti apa dan siapa si pembuat karya seni. Misalnya saja, meskipun gambar anak kecil yang biasanya relatif jelek, kita tidak boleh langsung bilang jelek (toh dia anak kecil apa yang kamu harapkan dari anak kecil?). Yang bisa kita lakukan adalah mengapresiasi secara pedagogik seolah-olah kita adalah guru. Kita harus memberikan saran dan tidak boleh menyakiti hati si anak kecil (kasian, masih kecil).

Baiklah, mungkin itu aja pembahasan arti dari apresiasi. Semoga kalian semua bisa paham dan sehat selalu. Oh yah, kalo ada yang mau ditambahkan atau ada kesalahan, silakan ajukan unek-unek kalian di komengtar mau itu keritik, saran, atau perasaan kalian ke aing yang sifatnya baik hati ini, muehehe. Sampe jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

Jangan lupa juga

Baca cerita Start Point
Ketahui cara cepat perkalian
Ketahui cara menghafal perkalian dengan cepat

No comments:

Post a Comment