Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.


Friday, January 29, 2021

Catur For Dummies - Seri 1 (Gerakan Pion)

Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang menyamankan lagi kalem . Tentu saja, masih di blog kesayangan kita yang penuh dengan informasi ini, KnK Land. Setelah memberikan tutorial cara bermain shogi, kali ini aing bener-bener bakal kasih kalian tutorial cara bermain catur bagi pemula serta tips trik dalam bermain catur untuk pemula. Untuk postingan pertama ini, tentu saja aing bakal memperkenalkan tentang biji-biji catur serta gerakannya masing-masing. Baiklah, siapkan diri kalian, perbaiki tempat duduk atau berbaring kalian agar nyaman, kita akan mulai pembahasannya, cekidaut .




Permainan catur adalah permainan papan yang sangat populer di seluruh dunia. Saking populernya, sering diadakan berbagai turnamen baik dari tingkat daerah maupun tingkat internasional. Permainan catur terdiri atas papan catur dan biji atau piece catur. Tentu kalian sudah mengetahui bagaimana bentuk dan warna papan catur. Papan catur adalah papan bermotif kotak-kotak yang banyaknya adalah 8×8. Biasanya papan catur berwarna hitam dan putih, kalaupun gak hitam putih, biasanya menggunakan kombinasi warna terang dan gelap. Berikut adalah gambar papan catur.

Selanjutnya, kita bakal membahas biji catur. Biji catur adalah benda-benda yang kita gerakkan di atas papan catur. Setiap biji catur diletakkan pada salah satu kotak yang ada di papan catur yang kemudian bisa dipindahkan ke kotak lain setiap giliran. Biji catur terdiri atas raja (king), menteri (queen), benteng (rook), gajah (bishop), kuda (knight), pion (pawn). Ya, namanya dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia emang beda, tiap daerah juga bisa kasih nama yang beda-beda.



Buah/biji catur yang pertama bakal aing bahas adalah pion. Pion adalah biji catur yang paling lemah dari semua biji caturnya yang ada. Ukurannya relatif lebih kecil dari biji catur yang lain dan jumlahnya lebih banyak daripada biji catur yang lain. Pion adalah biji catur yang palanya bulat lagi botak. Tiap pemain baik pemain hitam dan putih masing-masing punya 8 pion untuk dimainkan yang semuanya berada di rank 2 (baris kedua terdekat dengan pemain). Sebagai tambahan, baris pada catur disebut rank dan disimbolkan dengan angka (1 sampai 8), sedangkan kolom disebut file dan disimbolkan dengan huruf (A sampai H). Ini dinamakan koordinat dalam permainan catur.



Pion hanya bisa bergerak maju satu langkah ke depan. Namun, kalau pionnya masih di rank 2, pion bisa maju sejauh 2 langkah. Saat memakan lawan, pion hanya bisa makan secara diagonal sejauh satu langkah. Selain itu pion juga punya gerakan spesial yakni promosi pion dan el passant yang bakal dibahas pada seri yang akan datang.


Perhatikan gambar berikut. Terdapat 2 pion. Pion yang ada di c2 (sebelah kiri) bisa melangkah 1 langkah (ke c3) atau 2 langkah (ke c4) karena masih di rank 2. Pion yang di e3 hanya bisa bergerak 1 langkah ke (e4) karena sudah di rank 3. Pion yang ada di rank 3 sampai rank 7 hanya bisa maju satu langkah, selama gak ada bidak catur di depannya.



Jika ada bidak/piece menghalangi di depannya, pion tidak bisa maju. Contohnya pada gambar berikut, hanya pion putih di h4 yang bisa maju ke h5. Sedangkan pion di d4 dan f4 tidak bisa bergerak sama sekali.

 
 

Meskipun pion gerakannya maju, pion hanya bisa me"makan" piece lawan secara diagonal. Perhatikan gambar di bawah. Panah biru menunjukkan gerakan legal (dibolehkan) sedangkan panah biru menunjukkan gerakan yang ilegal.


Semua gambar kecuali 3 gambar paling atas adalah hasil screenshot di chess.com

Nah, seperti itulah gerakan pion dalam catur. Sebenarnya ada gerakan lain selain gerakan makan atau gerakan biasa yakni gerakan spesial yang disebut en passant. Selain itu, ada juga yang dinamakan promosi pion saat pion sudah sampai di baris paling ujung. Namun, en passant dan promosi bakal aing bahas lain kali di seri berikut-berikutnya.


Nah, cukup sekian postingan aing kali ini. Semoga kalian enjoy. Kalau ada pertanyaan, tambahan, atau koreksi, silakan sampaikan di kolom komentar. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

No comments:

Post a Comment