Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.


Saturday, January 30, 2021

Definisi Fungsi Kritis dalam Pengujian Hipotesis

 


Hai hai semua ^_^ Aye Admin K. Kali ini, aye bakal ngebahas sedikit tentang statistika yakni mengenai pengujian hipotesis. Dalam pengujian hipotesis ada yang namanya fungsi kritis atau fungsi keputusan. Fungsi inilah yang menunjukkan peluang suatu hipotesis diterima dan peluang hipotesis ditolak. Nah, postingan ini hanya singkat saja, guys. Disini aye hanya memampangkan definisinya aja.



Misalkan adalah peubah acak (random variable) dengan nilai dalam ruang sampel/sample space yang distribusinya berada dalam keluarga (family) ( adalah ruang parameter distribusi). 

 

Misalkan pula diberlakukan testing atau pengujian hipotesis melawan hipotesis alternatif


Misalkan adalah fungsi terukur (measurable function) pada sehingga untuk setiap . Jika hipotesis tersebut diuji dengan pengujian acak, sehingga probabilitas ditolak adalah saat hasil eksperiemen dan dan peluang diterimanya adalah , maka disebut fungsi kritis dari uji tersebut.

 

Yap, begitulah kira-kira definisi dari fungsi kritis. Fungsi kritis inilah yang menentukan seberapa besar kemungkinan diterima atau ditolaknya suatu hipotesis. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Oke, cukup sekian, maaf kalau terlalu singkat. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye~


Referensi:

https://encyclopediaofmath.org/wiki/Critical_function 

https://www.eolss.net/sample-chapters/C02/E6-02-04-04.pdf

No comments:

Post a Comment