Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.


Friday, January 29, 2021

Berbagai Cara Menghitung Luas Segiempat -Sebarang-

 


 

Hai hai semua ^_^ Aye Admin K. Kalian tahu segiempat? Yap, segiempat adalah bangun datar yang terdiri dari 4 sisi dan 4 titik sudut. Segiempat ada banyak macamnya, misalnya persegi, persegi panjang, jajargenjang, trapesium, dan lain-lain. Di postingan kali ini, aye akan membagikan cara mencari luas segiempat sebarang diketahui parameter-parameter tertentu. Di postingan ini, aye hanya bakal ngebagiin formula saja. Bagi kalian yang ingin mencari bukti dari formula tersebut, mungkin kalian bisa cari saja di buku atau situs web lain. Namun, mungkin saja aye bakal bagiin buktinya lain kali di postingan lain. Tulisan ini hanya untuk practical use aja tapi kalo tertarik dengan buktinya lebih bagus lagi. Okay, langsung saja, kita cekidoot.


Untuk menghitung luas segiempat sebarang, kita harus menganalisa parameter-parameter apa saja yang diketahui. Kalau hanya diketahui panjang sisi saja maka kita tidak bisa menentukan luasnya. Kita juga harus mengetahui panjang diagonal atau besar sudut-sudut yang terdapat pada segiempat (tidak seperti segitiga).


Misalkan kita gambar segiempat sebarang sebagai berikut.


Pada gambar tersebut, adalah sisi-sisi segiempat, adalah sudut-sudut segiempat. Sedangkan, dan adalah diagonal-diagonal segiempat yang membentuk sudut di titik temunya. Nah, luas segiempat sebarang bisa ditentukan dan caranya tergantung dari parameter-parameter apa saja yang diketahui.


Luas segiempat diketahui panjang diagonal ( dan ) serta sudut yang dibentuknya ()



Luas segiempat diketahui panjang semua sisi () dan dua sudut yang berhadapan ( & atau & ) [Formula Bretschneider]


Tanpa mengurangi keumuman, misalkan yang diketahui & .


dengan adalah semiperimeter atau setengah keliling.


Luas segiempat diketahui panjang sisi () dan kedua diagonal ( dan ) [Formula Bretschneider Non-Trigonometrik]



atau

 

dengan adalah semiperimeter atau setengah keliling.



Luas Segiempat diketahui panjang semua sisinya () dan merupakan segiempat siklis (semua titik sudutnya ada dalam sebuah lingkaran yang sama) [Formula Brahmagupta]



sekali lagi dengan  adalah semiperimeter atau setengah keliling. Kalo diperhatiin, mirip-mirip formula Heron pada segitiga.


Yap, itulah formula-formula untuk mencari luas segiempat sebarang. Perlu aye ingatkan lagi, kita tidak bisa menemukan luas segiempat kalau hanya diketahui panjang sisinya sebab untuk menentukannya masih perlu informasi tambahan seperti pada persyaratan di atas. Baiklah, cukup sekian postingan dari aye. Semoga bermanfaat. Kalau ada pertanyaan, koreksi, atau tambahan, silakan sampaikan di kolom komentar. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

No comments:

Post a Comment