Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Wednesday, May 22, 2019

Rahasia dan Kiat Sukses Dalam Mengikuti LKS SMK

Hai..
Welcome to Knk Land, website yang mirip deep web :v
Sebelum mengacu pada inti pembahasan, kenalkan saya penulis baru disini, saya harap kalian suka hehe

Gambar pihak ketiga oleh disdik.jabarprov.go.id

Oleh Wikipedia, Lomba Kompetensi Siswa (LKS) adalah kompetensi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. LKS ini setara dengan OSN yang diadakan di SMP/SMA. Pemenang LKS tingkat Nasional akan mewakili Indonesia ke ASEAN Skill dan World International Competition.

Enaknya bilang, LKS itu Olimpiade yang memiliki bidang lomba sesuai dengan jurusan yang ada di SMK contohnya Teknik Komputer dan Jaringan(TKJ) yang kegiatan lomba nantinya tidak akan jauh dari mainan komputer, Multymedia yang lomba nya juga tidak akan jauh dari mainan camera, Teknik Kendaraan Ringan(TKR), Rekaya Perangkat Lunak(RPL), dst..

Untuk tahap pada Lomba Kompetensi Siswa(LKS) sendiri adalah;
1. Siswa menjadi perwakilan sekolah ke tingkat Kabupaten
2. Juara 1 tingkat Kabupaten menjadi perwakilan Kabupaten ke tingkat Provinsi
3. Juara 1 tingkat Provinsi menjadi perwakilan Provinsi ke tingkat Nasional
4. Juara 1 tingkat Nasional akan menjadi perwakilan Indonesia ke ASEAN Skills/LKS tingkat ASEAN dan World Skills International Competition/LKS tingkat Dunia.

Dan tanpa banyak basa-basi lagi,langsung saja kita skip ke inti postingan.

1. Niat
Dari berbagai aspek, niat selalu menjadi point utama oleh karena nya kamu harus memiliki dan membangun hal tersebut. Walau kadang suasana selalu menghancurkan nya sekali lagi yakin kan lah dirimu akan Niatmu, tidak ada hal yang akan bertahan lama jika Konsekuensi Niat kamu ingkari.

2. Membiasakan Diri/Belajar
Konsep sederhana dari belajar sendiri adalah proses dan kamu bisa memulai itu semua dengan membiasakan diri pada al-hal yang bersangkutan pada materi yang akan diperlombakan. Contohnya jika kamu anak TKJ kamu bisa membiasakan bermain dengan laptop, TKR dengan membiasakan diri dengan segala sesuatu yang berbau mesin, dst..

3. Berlatih 
Sama hal nya dengan belajar, yang berbeda hanya pada konsep yang akan kalian lakukan nantinya. Berlatihlah dengan mengerjakan soal-soal LKS yang sesuai dengan bidang lomba yang kamu ikuti dari Minta lewat Kakak kelas yang pernah mengikuti LKS atau bahkan menantang dirimu sendiri untuk mengerjakan soal LKS Tingkat Nasional yang pasti akan sangat cuma-cuma bersebaran di Internet. 

4. UpToDate 
Mintalah guru/ketua kejuruan didalam sekolahmu untuk mencari informasi perihal LKS Tingkat Kabupaten yang akan diadakan setiap awal tahun nantinya, biasanya 6 bulan lebih sebelum pelaksanaan LKS Informasi-informasi itu akan disebar luaskan pada forum guru/kepala sekolah.
Tidak hanya itu, kamu juga harus mencari Informasi sendiri di Internet. Untuk bidang perlombaan biasanya akan diupdate 6 bulan sebelum pelaksanaan LKS Tingkat Kabupaten di Website pesertadidik.ditpsmk.net ya sekitar pada bulan juni/juli.
Stay UpToDate Ya :)

5. Mempelajari Soal LKS Pada Tahun-Tahun Sebelumnya 
Salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan, karena saya pernah mendapat Informasi bahwa pada LKS bidang perlombaan IT Network System Administrator Tingkat Kabupaten di Kota Bandar Lampung tahun 2017/2018, ternyata soalnya sendiri pure dari Soal LKS IT Network System Administrator Tingkat Nasioanal ditahun 2016/2017 alias tahun sebelumnya. Duhh, sangat disayangkan sekali ya kalau sampai kudet sedikit saja :D

6. Mencari Kisi-Kisi Lomba
Seperti halnya Ujian Sekolah, lomba pun memiliki kisi-kisi, apalagi lomba yang setingkat olimpiade seperti ini. Fungsi/Manfaat kisi-kisi pun adalah untuk melatih diri kita sendiri dalam persiapan Lomba yang akan datang.
Untuk mencari kisi-kisi nya sendiri, kamu bisa mendapatkannya secara mandiri di Internet atau melalui website pesertadidik.ditpsmk.net .

Btw bocoran sedikit, yang menjadi perwakilan sekolah dalam ajang LKS itu bebas diikuti oleh siswa/i SMK baik dari kelas 10-12. Tapi, untuk anak kelas 12 sudah dipastikan perjuangannya hanya akan sampai menjadi Juara 2 di tingkat Kabupaten saja karena alasannya untuk LKS tingkat Provinsi saja biasanya dilaksanakan pada bulan Mei dan pasti anak kelas 12 udah lulus kan :D
Dan cukuplah sampai disini topix pembahasan ini, semoga bermanfaat..
Jangan lupa tinggalkan komentar dan berlangganan ya:)
Nuhun.....


Semua gambar ilustrasi didapatkan dari freepik.com

No comments:

Post a Comment