Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.




Sunday, November 8, 2020

Kumpulan Soal Fisika Dasar Kuliah

 

Hai semua ^_^ Aye Admin K. Kali ini, aye bakal ngeshare soal-soal fisika dasar kuliahan sebagai bahan latihan, sangat cocok bagi kalian yang maba di fakultas MIPA terutama jurusan fisika-fisikaan. Soal-soal disini dibagi ke dalam berbagai bidang. Baiklah, langsung saja cekidoot.. Oh ya, soal-soal di post ini juga suatu saat akan ditambah. Jadi, kalian juga bisa balik lagi kesini kalau mau.


Gelombang

5.
Gelombang tranversal dinyatakan dengan fungsi gelombang y = (8/100π) cos(2πx+πt) dengan x dan y dalam meter dan t dalam detik.
  a. Tentukan panjang gelombang dan frekuensi gelombang ini.
  b. Tentukan kecepatan penjalaran gelombang dan arahnya.
  c. Tentukan kecepatan tranversal dan arahnya dari suatu titik dalam medium pada jarak x = 2 m
      dan t = 7/6 detik.

6.
Gelombang tranversal berfrekuensi 120 Hz merambat pada tali yang berapat massa 0,28 kg/m. Amplitudo gelombang tersebut merambat ke arah x positif dan pada keadaan semula x = 0 dan y = 0, hitunglah:
  a. Kecepatan penjalar gelombang
  b. Persamaan gelombang tersebut
Kunci: a. v = 19 m/s     b. y = 0,28 sin(0,39x - 784t) cm.

Optika Geometri

12.
Garis tengah matahari mengapit sudut kira-kira 32 menit (32') di tempat manapun di bumi. Tentukan tempat dan diametr bayangan matahari yang dibentuk cermin bola cekung dengan jari-jari 400 cm.

14.
Jarak sebuah objek bercahaya sampai ke layar adalah 40 cm. Lensa (f = + 9 cm) digeser-geser sepanjang jarak tersebut. Ada dua posisi dimana lensa dapat membentuk bayangan dari objek itu pada layar. Tentukanlah kedua posisi tersebut.

15.
Sebuah lensa bikonveks, jari-jarinya r1 = r2 = 20 cm. Indeks bias kaca lensa n = 1,50. Hitunglah jarak fokus lensa ini:
 a. bila dalam udara.
 b. bila tercelup dalam karbon disulfida, dan n = 1,63.

Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa download disini.

Baiklah, cukup sekian postingan aye kali ini. Selamat latihan, sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

No comments:

Post a Comment