Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Monday, October 12, 2020

Pembuktian Teorema Phytagoras

 


Hai semua ^_^ Aye  Admin K. Yap, kali ini aye bakal share lagi pembuktian teorema Phytagoras. Sebelumnya sebenarnya aye sudah pernah menulis tentang ini disini. Nah, postingan ini aye buat untuk nge-remake postingan tersebut biar makin rapi aja.

Rumus Pythagoras, siapa yang nggak kenal sama rumus legend ini? Rumus ini sangat penting dalam dunia matematika yang entah dimana itu berada. Mungkin kalian semua pada bingung sampe gak bisa tidur, kenapa bisa ada rumus kayak gitu? Emang rumusnya muncul dari dunia antah barantah gitu? Ataukah rumus ini muncul begitu aja pada ilmuwan matematika setelah disambar petir gitu? Eits, jangan salah ya. Para ilmuan nemuin rumus gak asal-asalan loh! Sebenarnya ada banyak sekali cara buat ngebuktiin rumus ini loh! Tapi disini aye bakal share satu cara aja yang sudah cukup meyakinkan dan tidak dapat dibantah XD Simak baik-baik, jangan asal skip ya.

Okey, mari kita lihat gambar segitiga siku-siku.

Perhatikanlah! Tatap! Tatap dan rasakan! Jadi mesin! Skiip.

Selanjutnya, mari kita copas/duplikasi/perbanyak segitiga tersebut jadi empat segitiga, kemudian susun menjadi seperti berikut dan voila jadilah persegi.

Selanjutnya, kita misalkan panjang sisi miringnya c, lalu panjang sisi lainnya masing-masing a dan b.


Karena segitiga yang lainnya juga adalah kloningan, maka panjang sisinya juga adalah a, b, dan c.


Nah, setelah dimisalkan semua sisinya. Selanjutnya perhatikan luas persegi di atas. Terdapat 2 cara mencari luas persegi di atas, bisa dengan...

langsung menguadratkan sisinya, sehingga luasnya adalah

Selain langsung menguadratkan sisinya, bisa juga dengan menghitung luas persegi yang ada di dalam lalu dijumlahkan dengan luas keempat segitiga.



Yap, teorema Phytagoras terbukti secara geometri.

Nah, cukup sekian postingan aye kali ini. Sebenarnya ada banyak pembuktian yang lain yang bisa kalian baca di sini. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

No comments:

Post a Comment