Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.




Wednesday, March 16, 2022

Catur For Dummies - Seri 4 (Gerakan Benteng)

 


Hai hai semua ^_^ aye Admin K. Kembali lagi di seri Catur For Dummies di KnK Land. Sebelumnya, aye udah ngebahas tentang gerakan pion, raja, dan menteri. Kali ini, aye akan membahas gerakan benteng (bahasa Inggrisnya Rook).


Benteng adalah buah catur yang kuat bagaikan benteng. Bentuk dari buah catur benteng tentu saja mirip dengan benteng di dunia nyata. Bedanya, di dunia catur, benteng bisa geser-geser dan makan orang. 


Gerakan benteng sangatlah simpel. Benteng bisa bergerak maju, mundur, kiri, atau kanan sejauh mungkin per giliran. Ya, dia bisa bergerak seperti menteri cuma sayang gak bisa bergerak secara diagonal. Tentu saja, si doi gak bisa melangkahi buah catur yang lain. Benteng dianggap sebagai buah catur terkuat setelah menteri/ratu.


Benteng bisa bergerak ke arah vertikal atau horizontal sejauh yang diinginkan pemain (sumber: SS chess.com)

Jika ada buah catur lain yang menghalanginya, benteng tidak bisa melangkahi buah catur tersebut baik buah catur sendiri ataupun buah catur lawan. Untuk buah catur lawan, bisa dimakan tapi untuk buah catur sendiri tidak bisa (yah, ngapain makan buah catur sendiri).



Nah, itulah gerakan benteng. Semoga kalian semua paham dan pahim yaah, hehe. Benteng adalah salah satu buah catur yang aneh karena bisa gerak-gerak padahal benteng di dunia nyata gak kayak gitu. 


Oke, cukup sekian postingan kali ini. Di seri selanjutnya, aye bakal ngebahas tentang Bishop. Sampai jumpa di postingan selanjutnya ya. Bye~



No comments:

Post a Comment