Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Monday, October 17, 2016

Tutorial Menguasai Bahasa Baru

Yo All! Yo! Balik lagi sama mimin K yang Kakkoi dan pintar. Dimana lagi dong kalo bukan di KNK Blog. Setelah melihat postingan Haruskah Buaya Takut Kepada Semut karya Admin laen, kehidupan mimin menjadi berubah dan mimin pun menyadari hal yang terpenting dalam hidup ini yakni jangan gampang tertipu dengan postingan yang gambarnya gak dibuat pake paint, mungkin itu postingan jahat, buka yang pake paint aja. Oke deh, daripada banyak gajean, kali ini mimin bakal kasih tau gimana cara mempelajari bahasa pada umumnya. Yap, pada dasarnya dalam mempelajari bahasa asing itu sama aja caranya. Bagaimanakah cara mempelajari bahasa baru yang baik dan benar? Hmm, Baiklah mimin bakal kasih tau



1. Pelajari Tulisannya
Yap, setiap bahasa pasti berbeda huruf yang digunakan dalam penulisannya. Misalnya Bahasa Indonesia sama Bahasa Inggris menggunakan huruf latin. Pada dasarnya sih sebenarnya ente harus tau bunyi hurufnya karena setiap bahasa pasti punya huruf yang berbeda dengan bunyi yang berbeda pula, contohnya bunyi huruf "ص" dalam bahasa arab yang tidak ada dalam Bahasa Indonesia. Yang pasti, sebelum mempelajari kata-kata, ente harus mengenali bunyinya.

2. Hafal Kosa Kata
Sebelum mempelajari grammar atau tata bahasa, sebaiknya ente menghafal kosa kata karena dalam mempelajari grammar, kita juga butuh kata, ya kan? Sebelum membuat satu kalimat, kita harus bisa mengetahui apa saja pembentuk kalimat tersebut yakni kata. Menghafal kosa kata nggak susah kok. Nah, biar ente bisa menghafal kosa kata dengan cepat dengan cara yang mudah, mimin bakal ngerekomendasiin aplikasi android buat ente biar bisa ngehafal kosa kata dengan mudah. Nama aplikasinya adalah "Memrise". Aplikasi ini bukan hanya untuk mempelajari satu bahasa tetapi banyak bahasa yang bisa kita pelajari melalui aplikasi Memrise ini. Selain bahasa, juga ada banyak ilmu laen yang bisa kita pelajari. Ente bisa mendownloadnya di Play Store dengan mengklik link ini.

3. Pelajari Sedikit Grammar
Grammar emang penting tapi dalam menguasai bahasa baru kita gak perlu repot2 ngehafal grammar. Ya, tergantung penggunaannya sih. Kalo ente pengen menguasainya sebagai ahli bahasa, maka ente harus ngehafal grammar. Tetapi, kalo ente hanya pengen menguasainya untuk percakapan2 biasa, yah ente gak perlu banting-banting otak buat ngehafalin grammar, cukup dengan sering berlatih, ente bisa berkomunikasi dengan pengguna bahasa tersebut. Grammar pada dasarnya gak perlu dihafal tapi dikuasai. Tenang aja, dengan sering membaca teks suatu bahasa atau melakukan percakapan, ente bisa menguasai gramatisasinya secara otomatis tanpa menghafal karena bahasa adalah keterampilan bukan pengetahuan. Tapi kalo ente masih pengen ngehafalin grammar yah gak masalah sih. Gak rugi juga toh.

4. Sering Baca Teks
Setelah ente udah hafal banyak kosa kata dan sudah mengetahui sedikit grammarnya, ente bisa langsung membaca teks. Tentu saja ente bisa mencari teks di internet kalo emang ada, atau tempat kursus kalo ente emang lagi kursus bahasa asing. Oh ya, kalo ente ngebaca teks bahasa asing, sebaiknya ente sediain kamus. Dengan begitu, ente bisa gampang mencari arti kata2 yang terdapat dalam teks. Nah, dengan begitu juga, pastinya kosa kata yang ente punya makin banyak dan lebih banyak lagi saat ente membaca teks. Membaca teks juga dapat melatih ente biar lebih terlatih dalam menyusun kata menjadi kalimat sesuai dengan grammar tanpa mempelajari grammar. Lebih baik lagi ente membacanya dengan bersuara bukan dari dalam hati untuk melatih pengucapan biar lebih fasih terutama untuk bahasa yang memiliki pelafalan huruf atau kata2 yang berbeda. Teks yang paling seru buat dibaca adalah cerita.

5. Jangan Cuma Baca Teks, Cari Media Laen
Yap, yang namanya baca teks pasti membosankan, bukan? Kalo bosan gimana dong? Cari media laen seperti film, game, dan musik yang menggunakan bahasa asing yang ente pelajari. Misalnya saja kalo ente lagi belajar Bahasa Jepang maka ente pun boleh nonton anime biar bisa ngelogat kayak orang Jepang. Mimin sendiri bisa jago Bahasa Inggris melalui game RPG yang tentu saja Bahasa Inggris lah. Game RPG atau game yang banyak dialognya sangat cocok untuk mempelajari bahasa asing. Tapi sayangnya kebanyakan game berbahasa inggris sehingga untuk bahasa laen ente bisa melatihnya melalui media laen kayak film atau musik.

6. Pelajari Budaya Mereka
Tau nggak? Budaya juga dapat mempengaruhi bahasa lho! Dengan mempelajari budaya orang asing yang bahasa kita pelajari dapat membuat kita lebih memahami bahasa mereka. Terkadang ada istilah dalam bahasa mereka yang tidak terdapat dalam kamus. Istilah itu mungkin saja tidak bisa diartikan ke bahasa manapun karena hanya mereka saja yang dapat memahaminya atau bahkan diartikan berbeda tapi maknanya sama. Oke, contoh kecilnya adalah "You're Welcome" dari Bahasa Inggris. Apa arti dari "You're Welcome"? Biasanya kita mengartikannya menjadi "Sama-sama" atau "Terima kasih kembali". Namun, kalo diartikan kata per kata menjadi "Kau disukai" atau "Kamu diterima dengan senang hati"/ Kedengaran gak sreg kan? Gak paham maksudnya kan? Contoh lain adalah "Ahlan wa Sahlan" dari Bahasa Arab. Banyak yang mengartikannya menjadi "Selamat datang". Padahal arti sebenenarnya adalah "Keluarga dan Kemudahan", maksudnya adalah jika ente disambut dengan kalimat ini maka ente dianggap layaknya keluarga dan diberikan kemudahan. Oke, di Indonesia kalo ada orang yang ngasih sesuatu atau ngebantu kita maka kita bilangnya "Terima Kasih". Lah, terus apa makna dari dua kata "Terima Kasih". Gak ada artinya kan? Artinya yah "Terima Kasih". Nah, itulah yang dinamakan budaya. Jika kita mengenal dan memahami budaya maka kita akan lebih mudah mempelajari bahasa asing.

7. Ulangi Lagi Langkah 1 Sampai 6
Yap, dalam mempelajari bahasa yang harus kita lakukan adalah mengulang kembali apa yang kita pelajari, serta menambah kosakata. Lakukan terus menerus, terutama dalam latihan pengucapan atau pronunciation. Soal grammar atau tata bahasa dapat dipelajari secara otomotis sembari membaca teks atau dialog.

Nah, itulah cara mempelajari bahasa baru dengan baik dan benar. Kalo ada yang salah, silahkan dikritik sepedas-pedasnya di komen sampai mimin nangis. Semoga postingan ini bermanfaat yah. To be continued .. . ... ..

Jangan lupa juga yah
Download Ebook Ekonomi Kelas 11
Lihat tutorial cara membuka penutup botol sambal
Download game Pokemon

No comments:

Post a Comment