Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Sunday, October 2, 2016

Perdagangan Internasional

Yo All! Yo! Kembali lagi sama mimin K tentu saja di KNK Blog. Hari ini mimin bakal ngebahas soal perdagangan nasional. Yap, skarang udah gencar2nya Indonesia melakukan perdagangan internasional dengan adanya MEA. Lalu, apa itu perdagangan internasional? Mungkin ente2 semua pasti udah pada tau atau mungkin belum tau apa itu perdagangan internasional? Yaudah, di pos ini mimin bakal kasih tau tentang perdagangan internasional. Bdw, jangan copas postingan ini untuk dijadiin makalah atau tugas sekolah karena postingan ini tidak menggunakan bahasa yang gak baku alias pake bahasa mimin, hehe. Okedeh, daripada banyak bacot, mending kita cekidot.




Baiklah kita mulai dengan melihat frasa "Perdagangan Internasional" terdiri dari dua kata "Perdagangan" sama "Internasional". Kalo "perdagangan" pasti semua udah pada tau kan? Yap, benar sekali kayak aktivitas jual beli gitu, sedangkan "internasional" berhubungan dengan luar negeri. Langsung mimin simpulin aja dari dua pengertian mimin di atas, perdagangan internasional adalah aktivitas pertukaran barang dan jasa antara satu atau lebih penduduk dari suatu negara dengan penduduk dari negara lain. Yang pasti, perdagangan internasional harus melibatkan dua negara atau lebih.

Nah, udah paham kan apa itu perdagangan internasional? Perdagangan internasional adalah suatu aktivitas yang penting lho! Perdagangan internasional dapat memberikan para pelakunya manfaat yang besar, bahkan sangat bermanfaat bagi negara. Selain itu, ada juga kerugiannya contohnya aja penipuan, serta mudahnya jual beli benda berbahaya kayak senjata dan narkoba. Adapun manfaat dari perdagangan internasional adalah sebagai berikut :
1. Memperoleh devisa. Tentu saja tujuan utama dari perdagangan internasional adalah devisa atau mata uang asing. Kenapa kita butuh mata uang asing? Entahlah, coba pikirin sendiri.
2. Menstabilkan harga. Semakin langka suatu barang pada suatu negara maka semakin mahal pula harganya. Makanya dengan adanya perdangangan internasional, kita bisa memperoleh barang-barang yang kita butuhkan dari luar negeri sehingga harga barang pun kembali turun.
3. Kualitas konsumsi meningkat. Tentu saja, kita memang harus cinta terhadap produk dalam negeri tapi terkadang ada juga lho produk luar negeri yang kualitasnya bagus bahkan lebih bagus dari dalam negeri. Ini gak bisa dipungkiri, setiap negara pasti ada yang namanya kelebihan dan kekurangan. Nah, dengan adanya perdagangan internasional, kita bisa meningkatkan kualitas konsumsi dengan menggunakan produk barang dan jasa yang berkualitas.
4. Gak kudet teknologi. Teknologi kayak smartphone, mobil, TV, dan sebangsanya itu semua bukan buatan Indonesia lho! Darimana mereka semua berasal? Tentu saja dari luar negeri melalui perdagangan internasional. Mimin disini gak bermaksud menghina Indonesia tapi ini udah realita. Semoga aja Indonesia bisa lebih maju dan mampu membuatnya sendiri. Eh, udah ada yang buat? Loh kok, diambil luar negeri sih.
5. Memperluas lapangan kerja. Dengan adanya perdangangan internasional, konsumen bukan hanya berasal dari dalam negeri aja tapi dari luar negeri juga. Tentu saja, semakin banyak konsumen maka semakin banyak produk yang harus diproduksi makanya dibutuhkan tenaga kerja lebih sehingga kesempatan kerja pun semakin diperluas. Yap, dengan adanya perdangan internasional, semakin berkuranglah pengangguran. Bukan hanya dibutuhkan produsen saja tapi juga dibutuhkan distributor buat mengangkut barang yang diperdagangkan.

Nah, itulah manfaat dari perdagangan internasional. Perdagangan internasional juga terdapat faktor pendorong dan penghambat. Adapun faktor pendorongnya adalah perbedaan sumber daya alam, sumber daya manusia, kebudayaaan, gaya hidup, iklim, kesuburan tanah, dan IPTEK. Setiap negara pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing2 makanya setiap negara harus saling membantu satu sama laen. Adapun, faktor penghambat terjadinya perdagangan internasional adalah sebagai berikut :
-Tidak amannya suatu negara misalnya peperangan atau bencana alam sehingga para pedagang di negara tersebut mengungsi ke negara laen.
-Kebijakan pemerintah, seperti kuota, tarif, pelarangan, dan sebangsanya dapat menghambat perdagangan internasional karena tentu saja perdagangan internasional bukan hanya menguntungkan tapi juga merugikan jika berlebihan
-Takut kena tipu
-Perdagangan internasional sangat beresiko, bisa saja terjadi perampokan atau apalah yang mengakibatkan barang yang didagangkan diembat atau hilang saat pengangkutan
-Perbedaan mata uang
-Kualitas sumber daya rendah sehingga tidak mampu bersaing dengan negara laen

Oke, itulah serba-serbi soal perdagangan internasional. Semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua. Sampai disini aja yah postingannya, To be continued .. . . .. .. .

Jangan lupa juga
Kenali macam-macam bilangan dalam matematika
Bunuh nyamuk sepuasnya
Baca kamus bahasa alay

No comments:

Post a Comment