Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.




Tuesday, April 20, 2021

Catur For Dummies - Seri 3 (Gerakan Ratu/Menteri)

 


Hai hai semua ^_^ Aye Admin K. Kembali lagi di seri Catur For Dummies. Kalo sebelumnya aye udah ngebahas tentang gerakan pion dan gerakan pion dan gerakan raja. Nah, kali ini, aye bakal ngebahas tentang gerakan ratu atau menteri (bahasa Inggrisnya Queen). Okeh, langsung aja yah kita cekidoot.


Kalau raja adalah biji catur terpenting, maka menteri adalah biji catur terkuat. Seperti aja, menteri bisa bergerak maju, mundur, kiri, kanan, serta diagonal. Bedanya adalah menteri bisa melangkah sejauh mungkin ke setiap arah hanya saja tidak bisa melangkahi biji catur yang lain.

 

Bentuk biji catur menteri mirip-mirip sama raja yakni sama-sama kepalanya memakai mahkota sehingga kadang pula dalam permainan sering tertukar tapi itu tidak masalah selama disepakati kedua pemain. Biar gampang diingat, biasanya biji catur raja ada salibnya.




Menteri bisa bergerak ke arah mana saja sejauh yang diinginkan pemain (sumber: SS chess.com)


Jika ada biji catur lain yang menghalanginya, menteri tidak bisa melangkahi biji catur tersebut baik biji catur sendiri ataupun biji catur lawan. Untuk biji catur lawan, bisa dimakan tapi untuk biji catur sendiri tidak bisa.




Pada gambar di bawah ini, terdapat beberapa biji catur lain selain menteri putih. Nah, semua posisi yang ditandai warna hijau adalah posisi yang dibolehkan menteri putih bergerak ke situ.




Nah, gimana? Paham, kan? Ratu atau menteri adalah buah catur terkuat di atas papan catur. Menteri bisa jadi senjata terkuat, pertahanan terkuat dan bahkan bisa menjadi kelemahan kalian atau lawan. Karena menteri adalah buah catur yang sangat kuat, jangan sampai menteri kalian dimakan oleh lawan kecuali kalian mengorbankannya agar posisi kalian makin bagus atau untuk mempercepat skakmat. 


Baiklah, cukup sekian postingan aye kali ini  mengenai gerakan menteri. Untuk seri selanjutnya, aye akan membahas gerakan gajah (bishop) dan benteng (rook). Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

No comments:

Post a Comment