Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.




Tuesday, April 20, 2021

Operasi pada Matematika Part 2 (Perpangkatan)

 

pangkat

Hai hai semua ^_^ Aye Admin K. Pada tahun 2018, aye pernah membuat postingan tentang operasi pada matematika yang part 1. Wah, lama banget yah, udah bertahun-tahun tapi belum keluar-keluar part 2-nya. Nah, oleh karena itu aye inisiatif untuk membuat part 2-nya yang gak panjang-panjang, hanya ngebahas satu operasi saja yakni operasi perpangkatan.


Di part 1, aye pernah bilang kalo perkalian adalah penjumlahan yang berulang. Terus, gimana kalo kita kembangkan operasi baru yang menunjukkan perkalian yang berulang? Tentu saja kita bisa melakukannya. Nama dari operasi ini adalah perpangkatan.

 

Secara umum, notasi perpangkatan sebagai berikut.

 

, dengan suku perkalian ada sebanyak kali.

 

Contoh:

 

 

 


 

 

 

Gimana? Mudah, bukan? Ini baru operasi perpangkatan untuk bilangan asli. Jadi, bagi kalian yang udah tau perpangkatan untuk bilangan riil secara umum jangan protes dulu yah. Kita bahas operasi pelan-pelan. Baiklah, cukup sekian postingan aye kali ini. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

No comments:

Post a Comment