Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.


Friday, February 12, 2021

Catur For Dummies - Seri 2 (Gerakan Raja)

 


Hai hai semua ^_^ Aye Admin K. Aye kembali lagi melanjutkan seri Catur For Dummies. Sebelumnya, aye pernah membahas tentang gerakan pion di seri pertama. Nah, di seri kedua ini, aye akan membahas tentang gerakan raja.

 

 

Raja adalah biji catur yang paling penting bagi seorang pemain catur. Apabila raja terancam untuk dimakan dan ancamannya gak bisa ditangkis, ditahan, atau dihindari lagi maka sang pemilik biji raja tersebut dinyatakan kalah. Inilah yang disebut skakmat. Skakmat adalah saat dimana raja seorang pemain dalam posisi pasti dapat dimakan di giliran selanjutnya. 

 

Berbeda dengan pion yang botak dan pendek, bentuk biji raja lebih tinggi dan ada beraneka ragam hiasan di kelapanya, ada yang pake salib, ada yang pake mahkota, tergantung pembuat biji catur atau untuk catur video game tergantung pembuat gamenya mau bentuk raja seperti apa.


Berbeda dengan pion, gerakan raja jauh lebih luas. Raja bisa melangkah selangkah ke atas, bawah, kiri, kanan, ataupun diagonal. Singkatnya, raja bisa bergerak selangkah ke segala arah.

 

Hasil screenshot dari chess.com


Meskipun terbilang kuat karena bisa bergerak ke segala arah, raja sejatinya adalah makhluk rapuh dalam dunia percaturan karena memang terancamnya raja sama dengan terancamnya pemain.


Okelah, itulah gerakan raja. Sebenarnya masih ada hal lain yang harus dibahas mengenai gerakan raja. Tapi sebelum itu, kita harus membahas terlebih dahulu mengenai gerakan biji catur yang lain seperti menteri, gajah, benteng, dan kuda. Gerakan-gerakan mereka bakalan dibahas pada seri-seri berikutnya. 


Baiklah, cukup sampai disini postingan kali ini. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye~


No comments:

Post a Comment