Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.




Tuesday, April 6, 2021

Komputer Itu Mudah Dimengerti Part 1

Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang rakus lagi bersuara merdu ehem. Tentu saja, masih di blog kesayangan kita yang penuh dengan teka-teki kehidupan ini, KnK Land. Kali ini aing akan menceritakan betapa mudah dimengertinya komputer itu. Baiklah langsung aja, kita cekidoot .



Komputer ada di sekitar kita. Mereka terlihat begitu rumit tapi sesungguhnya dasarnya sangat mudah dimengerti. Komputer telah menjadi bagian dalam pola kehidupan kita sehari-hari. Marilah kita lihat bagaimana pola komputer bekerja.

Pola Data

Data terbuat dari pola-pola informasi. Pola-pola data tersebut dapat berubah-ubah bentuk. Sebagai contoh, saat kita menelpon, suara kita berubah menjadi listrik. Kemudian, di ujung sana, bakal berubah menjadi suara lagi. Komputer bekerja karena pola-pola listrik, cahaya, dan magnet. Pertama-tama mari kita perhatikan pola-pola listrik atau disebut e-pulse.

E-Pulse On dan Off

Sebuah saklar lampu membuat listrik menjadi on dan off. Listrik tersebut berubah menjadi cahaya saat sampai di bola lampu. Membolak-balik saklar dapat membuat pola listrik dan cahaya. Komputer membolak-balikkan listrik on dan off milyaran kali per detik. Nah, pulse atau pola on dan off dari listrik yang kita sebut e-pulse itulah yang merepresentasikan data. Sebelum komputer bekerja, semua data harus terubah dalam bentuk e-pulse on atau off.

Sebagai contoh,
Huruf "A" dalam aliran 8 e-pulse: off-on-off-off-off-of-off-on. Kalau dalam kode komputer tertulis seperti: 0 1 0 0 0 0 0 1.

Sedikit informasi, satu (1) artinya listriknya on, sedangkan nol (0) artinya off.

Istilah "digial" artinya data terbuat dari susunan pola 1 dan 0. Digital adalah bahasa basic atau dasar dari komputer. Saat kita menekan tombol di keybord, keyboard tersebut akan mengirimkan sinyal pola e-pulse ke chip microprocessor. Chip inilah yang merupakan otak dari komputer.

Lihat Chip Lebih Dekat

Lihatlah Chip lebih dekat. Chip dipenuhi oleh garis-garis dan banyak logic link. e-pulse melaju kencang melalui garis-garis tipis tersebut seperti mobil di jalan tol super. Logic adalah jalan data mengalir melalui chip-chip yang berbeda. 

 

Chip utama pada komputer disebut CPU. CPU menggunakan arahan perangkat lunak atau software untuk meng-on-kan atau meng-off-kan saklar-saklar kecil yang disebut transistor. Instruksi perangkat lunak bagaikan lampu lalu lintas yang mengontrol aliran data melalui komputer. 


Chip Komputer pertama memiliki sekitar ribuan transistor. Pada hari ini, chip  sudah mempunyai lebih dari milyaran transistor.

 

CPU

Chip microprocessor pada komputer disebut CPU atau Central Processing Unit. CPU mengirimkan atau mengeluarkan output e-pulse pada layar komputer.


sumber: Computers Are Easy to Understand, oleh Douglas J. dan Pakaket Alford

No comments:

Post a Comment