Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.




Thursday, November 23, 2017

Cara Pasang (Parsing) Kode HTML pada Template XML Blogger

Yo semua! Ketemu lagi sama mimin yang super lagi baik hati, mimin K. Tentu saja, masih di blog kesayangan mimin, KnK Land. Nah, kali ini mimin akan memberikan tutorial cara biar kode html seperti kode google adsense bisa dimasukkan ke tempat pengeditan HTML halaman blogger. So, langsung aja cekidot.







Mungkin ente pernah mendaftar adsense, trus dikasih kode htmlnya buat dipasang di header. Lalu, ente pun buka halaman blogger, trus ente copas kodenya ke bagian HTML. Eh, pas dipaste, tulisannya jadi merah dan kodenya gak berhasil. Ini terjadi bukan karena kodenya HTML salah. Namun, kode HTML-nya itu harus diubah dulu ke format XML. Nah, proses pengubahan ini disebut parsing (CMIIW :3).

Bagi yang blum tau, parsing adalah semacam proses untuk mengecek input (apakah bener ato salah) trus memperbaikinya ato mengubahnya sedemikian rupa tergantung pembuat parser. Nah, kita bisa memparsing kode HTML untuk mengubahnya menjadi kode XML biar bisa dipake di blogspot ato blogger. Caranya sangat mudah lho!

Okeh, misalnya saja ente pengen masukin kode google adsense yang kayak gini di bagian head:
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
google_ad_client: "ca-pub-123456789",
enable_page_level_ads: true
});
</script>


Seperti yang ente liat, kode HTML-nya itu emang valid dan bisa digunakan. Namun, pada format XML, syntax tersebut memiliki banyak kesalahan. Contohnya saja ada atribut yang nggak pake seperti atribut async. Padahal dalam XML, atribut harus ada valuenya. Ya gitulah, XML lebih ketat daripada HTML. Oleh karena itu, kita harus memparsing kode HTML biar bisa masuk ke XML. Untuk memparsingnya, ente hanya perlu menggunakan layanan situs parser. Nih, mimin kasih linknya:
-http://www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php
-http://www.htmlparse.com/

Setelah terbuka, silahkan copas kode HTML yang diinginkan di form yang disediakan dalam link tersebut. Setelah itu, silahkan klik Parse ato Encode. Niscaya akan menghasilkan kode syntax baru yang bisa ente masukan ke template blogger ente ^_^ Contohnya, kode adsense yang diatas bakal berubah kayak gini:
&lt;script async src=&quot;//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js&quot;&gt;&lt;/script&gt;
&lt;script&gt;
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
google_ad_client: &quot;ca-pub-123456789&quot;,
enable_page_level_ads: true
});
&lt;/script&gt;


Jangan takut meski kode barunya tampak agak kurang meyakinkan. Kodenya masih bisa bekerja seperti biasanya kok ^_^

Nah, itulah cara masang kode HTML yang gak bisa kepasang pas ente mau edit template blog ente di Blogger. Kalo ada kesalahan ato kurang paham, silahkan bilang di komen. Nanti mimin yang imut ini bakal respon kok :3 Skian papay~

Jangan lupa juga
Download mod game Moto GP 2013 versi terbaru
Baca postingan sampah
Baca cerita abal - Raja Singa

No comments:

Post a Comment