Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.




Monday, March 22, 2021

Game Rekomendasi Seru Sambil Belajar Bahasa Inggris

 


Hai hai semua ^_^ Aye Admin K. Kali ini aye akan membahas tentang gim-gim rekomendasi aye buat belajar bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris di zaman moderen ini mungkin sudah bisa disebut sebagai kewajiban apalagi bagi kalian yang ingin berkomunikasi dengan orang luar negari. Selain untuk berkomunikasi, akses informasi kalian juga semakin luas apabila udah jago bahasa Inggris misalnya membaca buku bahasa Inggris atau menonton konten Youtube berbahasa Inggris. Di postingan sebelumnya yakni postingan tahun 2018, aye (mimin) pernah memberikan tips cara mudah belajar bahasa Inggris dan salah satunya adalah bermain gim berbahasa Inggris.


Nah, mari kita langsung saja dari permainan video yang pertama.


1. Pokemon Core Series


Pokemon Core Series adalah seri permainan RPG yang sangat populer sejak dulu kala hingga saat ini. Dalam permainan ini, kita bisa menangkap monster yang disebut pokemon. Monster-monster ini sangat banyak spesiesnya serta mempunyai kemampuan dan tipe yang berbeda-beda. Pokemon yang sudah ditangkap dapat dipertarungkan dan menaikan levelnya. Tentu saja, yang namanya permainan RPG ada jalan ceritanya, ada quest sampingannya, dll. Dengan banyaknya dialog, nama-nama item, dan lain-lain, ini semua dapat membantu kalian dalam mempelajari bahasa Inggris. Apalagi komunitas Pokemon sangatlah besar, bahkan di Indonesia sendiri ada banyak komunitas Pokemon sehingga jika kalian seumpamanya stuck atau tersendat dalam game, kalian bisa nanya-naya di komunitas-komunitas tersebut yang bisa kalian temukan di media sosial seperti facebook. 

 

Sampai saat postingan ini ditulis, Pokemon Core Series adalah seri pokemon yang terdiri dari beberapa generasi yakni generasi pertama yang dapat dimainkan di Gameboy (terdiri dari Pokemon Red, Blue, dan Yellow), hingga generasi kedelapan yang dapat dimainkan di Nintendo Switch (terdiri dari Pokemon Sword dan Shield). Di antara kedua generasi tersebut, ada juga seri Pokemon Core Series yang dapat dimainkan di Nintendo DS dan Nintendo 3DS. Silakan kalian mau pilih yang mana, sesuaikan dengan selera dan dompat kalian (kalau kalian orang jujur yang gak suka main bajakan ;-) tapi kalo kalian pengen main bajakan fyi game ini ada bajakannya dan bisa dimainkan di emulator)


2. Megaman Battle Network Series


Menggambungkan dua genre, Action dan RPG itulah Megaman Battle Network Series. Dalam permainan ini, selain melatih kalian berbahasa enggres, permainan ini juga bisa melatih kemampuan refleks dan motorik kalian. Game ini aye pikir lumayan underrated karena memang game jadul dan gak dilanjutkan lagi serinya. 

 

Dalam game ini kalian berperan sebagai seorang anak yang hidup di zaman trend-trend-nya navi. Apa itu navi? Navi itu kayak semacam avatar yang berguna sebagai perwakilan kita saat menjelajahi internet. Selain itu, navi juga bertugas sebagai asisten, pengingat pesan, serta bisa diajak bicara bahkan curhat. Tugas penting lainnya dari navi adalah memperbaiki sistem atau jaringan, dan tentu saja yang penting adalah bertarung melawan virus (virus busting). Selain bertarung melawan virus, kalian juga dihadapkan dengan makhluk cyber yang lain seperti navi yang lain atau program yang dirasuki virus. Model pertarungannya pun lumayan bagus, menggabungkan action dan nuansa RPG, dalam game ini "jurus"nya menggunakan istilah "chip" yang bisa kalian pilih sebelum memulai aksi pertarungan. Selain itu, "chip" bisa kalian kumpul dan atur di tempat yang dinamakan "folder" sehingga akan muncul saat kalian bertarung. Tentu saja, dari segi petualangannya, cukup mudah diikuti, kalian cukup tekan tombol L, agar navi (atau operator/diri kalian saat mode menggerakkan navi di dunia internet) kalian memberikan "hint" mau kemana untuk melanjutkan story.  

 

Dari segi pembelajaran bahasa Inggrisnya, ya lumayan bagus juga, kalian akan diberikan misi yang berbeda-beda, terdapat pula side quest yang lumayan banyak, ini akan menambah vocabulary kalian. Jangan sekali-kali skip dialog ya, biar kalian tau jalan ceritanya sambil belajar bahasa Inggris. Bahkan sebenarnya tanpa baca dialog pun, kalian bisa dapat kata-kata baru dengan melihat nama-nama chipnya.


3. Harvest Moon


Game Harvest Moon adalah game simulasi bercocok tanam dan beternak. Ada banyak sekali seri game bahkan sampai berganti nama menjadi Story of Season atau Rune Factory. Namun, inti dari semua game itu sama, sama-sama game bercocok tanam. Tentu saja, setiap game Harvest Moon punya keunikan masing-masing dan tidak hanya tentang bercocok tanam. Ada juga hal-hal lain yang bisa kalian lakukan dalam game, ada yang bisa memancing, buat rumah, menikah, bikin anak, jualan di pasar, produksi barang, ngatur tanah, dll yah tergantung seri yang mana kalian mainkan. Nah, karena game ini banyak dengan cocok tanam, maka ini bisa membantu kalian menambah vocabulary terutama nama-nama buah, sayuran, atau tanaman dalam bahasa Inggris. Lebih bagus lagi kalau kalian berinteraksi dengan penduduk desa di game Harvest Moon yang kalian mainkan. Dengan begitu, kalian bisa membaca dialog mereka dan dapat meningkatkan kemampuan reading kalian.


4. Yu-Gi-Oh


Game Yu-Gi-Oh bisa dimainkan di dunia nyata dengan menggunakan kartu fisik yang tentu saja harus kalian beli. Selain menggunakan kartu fisik, Game Yu-Gi-Oh juga terdapat versi video game-nya. Ada yang di PS, ada yang di GameBoy, ada yang di PC, ada di Nintendo DS, 3DS, dll. Permainan Yugi ini bisa meningkatkan kemampuan reading kalian juga terutama saat kalian mau memahami logika dan efek dari setiap kartu. Selain meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris, kemampuan strategi kalian juga ikut terlatih lho.

 

 5. Intinya sih...


Intinya sih carilah game yang melibatkan banyak item di dalamnya, atau banyak dialog, atau ada jalan ceritanya entah game-game simulasi atau RPG. Otomatis, kita dituntut harus baca teks bahasa Inggris. Otomatis, nambah vocabulary. Otomatis, makin kebiasa ama grammarnya. Bahkan, kalo kita main bareng teman, kita juga bisa ngucapin nama-nama item yang berbahasa Inggris saat bicara pas maen. Hindari permainan seperti moba, FPS, arcade, dll yang lebih melibatkan aksi serta minim dialog karena permainan-permainan ini ya emang kurang direkomendasikan.


Nah, itulah game-game seru yang bisa kalian mainkan sambil belajar bahasa Inggris. Mungkin ada game yang udah kalian mainkan, mungkin ada yang belum. Bagi yang udah pada main, bagaimana? Apakah mengasyikkan? Bagi yang belum main, ayo main karena seru. Semoga tulisan ini bisa berfaedah dan semoga kalian enjoy. Kalo ada permainan lain yang seru dan bisa membantu kita belajar bahasa Inggris, silakan sampaikan di komen ya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye~





No comments:

Post a Comment