Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.

Saturday, March 10, 2018

Operasi pada Matematika Part 1 (Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian)

Hai hai semua . Ketemu lagi sama aing, Admin K yang keyen lagi emejing . Tentu saja, masih di blog kesayangan qta yang penuh kilau ini, KnK Land. Kali ini, aing akan ngebahas lagi tentang math soalnya akhir2 ini, aing senang skali menulis tentang math. Nah, dalam math tentu ada yang namanya operasi. Lalu apa itu operasi? Daripada lama-lami, mending qta cekidoot!








Mendengar kata operasi, mungkin yang ada di pikiran qta adalah pasien yang sedang dibedah oleh dokter trus organ2 dalamnya dipegang2, dielus2, bahkan diiris2 hinga dikeluarkan, ih serem. Namun, operasi yang aing maksud disini bukanlah operasi yang sesadis itu melainkan operasi2 bilangan yang ada pada matematika. Operasi merupakan suatu perlakuan (perhitungan) pada satu atau lebih bilangan hingga menghasilkan suatu bilangan baru yang merupakan hasil dari operasi. Tentu, sejak SD qta sudah mengenal  yang namanya penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, hingga perpangkatan. Semua itu adalah perlakuan yang qta lakukan pada bilangan-bilangan sehingga penjumlahan dan antek-anteknya bisa qta sebut sebagai operasi bilangan atau operasi hitung bilangan.

Operasi bilangan ada banyak macamnya. Tentu saja mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan, dst. Penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan bisa disebut sebagai operasi biner yakni operasi yang melibatkan 2 buah bilangan untuk menghasilkan 1 buah bilangan. Misalnya 3 + 4 menghasilkan 7; 8 × 5 menghasilkan 40; dll. Selain operasi biner (binary), ada juga yang dinamakan operasi uner (unary) yakni operasi yang hanya membutuhkan input 1 buah bilangan misalnya nilai mutlak, cosinus, dll. Ada juga operasi yang membutuhkan input tiga bilangan, empat bilangan, dan seterusnya. Operasi yang sering qta gunakan adalah operasi uner sama operasi biner.

Operasi juga bisa disebut sebagai fungsi. Aing gak tau apa perbedaan antara operasi dan fungsi soalnya keduanya sama2 memerlukan input dan menghasilkan output, yah, bergantung pada bagaimana operasi atau fungsi tersebut. Bagi yang tau apa bedanya operasi sama fungsi mohon tulis di komen soalnya pas aing cari di google gak nemu2.

Okeh, mari qta bahas mulai dari operasi yang paling sederhana yakni operasi penjumlahan. (Aing gak ngebahas operasi uner karena dalam operasi uner sebenarnya ada juga operasi biner yang bekerja di dalamnya)

Penjumlahan

Operasi penjumlahan merupakan operasi yang paling awal diajarkan di bangku sekolah. Seperti namanya, operasi ini menjumlah bilangan yang mau dioperasikan. Operasi ini sering dilambangkan dengan tanda plus (+) di antara dua bilangan yang ingin dijumlahkan. Contoh penggunaanya misalnya aing punya 2 buah jeruk lalu ditambah dengan 10 buah jeruk. Nah, 2 + 10 = 12. Berarti sekarang aing punya 12 buah jeruk horray.

Ilustarsinya sebagai berikut (anggap aja O adalah jeruk):
OO + OOOOOOOOOO = OO OOOOOOOOOO
2 + 10 = 12 

Pengurangan

Selanjutnya adalah operasi pengurangan. Operasi pengurangan ialah kebalikan dari penjumlahan. Kalo pada operasi penjumlahan, bilangannya ditambah maka pada operasi pengurangan, bilangannya dikurang. Operasi ini dilambangkan dengan tanda minus (-) di antara dua bilangan. Adapun bilangan yang ada di sebelah kiri merupakan bilangan yang bakal dikurangi sesuai dengan jumlah bilangan yang ada di sebalah kanan. Contohnya saja, aing punya 17 buah jeruk, terus 5 buah jeruk aing buang karena jeruk2 tersebut lagi gak beruntung. Nah, 17 - 5 = 12. Berarti skarang aing punya 12 buah jeruk yey.

Ilustarsi sebagai berikut (anggap aja O kayak diatas, yaps anggap aja jeruk):
OOOOOOOOOOOOOOOOO - OOOOO
Dari 17 jeruk mau diambil 5
OOOOOOOOOOOOOOOOO - OOOOO
Tim merah sama tim biru berantem, dua2nya mati, akhirnya sisa yang item
OOOOOOOOOOOOOOOOO - OOOOO = OOOOOOOOOOOO
17 - 5 = 12  

Semoga yu paham yah dengan ilustrasinya.

Perkalian

Misalnya aing setiap hari makan 3 buah jeruk. Dalam 5 hari berapa jeruk yang udah aing makan? Tentu, dengan mudahnya qta bisa katakan kalo aing telah memakan 5 × 3 = 15 buah jeruk dalam 5 hari. Namun, apa sih sebenarnya definisi dari perkalian itu sendiri? Perkalian adalah penjumlahan yang dilakukan secara berulang sesuai bilangan yang ada. Perkalian sering disimbolkan dengan simbol ex atau cross/silang (×), titik atau dot (), atau tidak ditulis untuk sebagian kasus. Arti dari perkalian itu sendiri ialah tambahkan nol dengan bilangan yang di belakang tanda sebanyak bilangan yang ada di depan tanda. 

Dari contoh di atas, ilustarsinya adalah sebagai berikut:
5 × 3 = 3 + 3 + 3 + 3 + 3 = 15.

Pembagian

Pembagian merupakan kebalikan dari perkalian. Pembagian sering disimbolkan dengan simbol garis dengan ditaburi wijen satu titik di atas dan bawah (÷), atau slash (/), atau berupa garis horizontal yang panjangnya tergantung pada bilangan yang dioperasikan. Bilangan yang mau dioperasikan ditulis di sebelah kiri dan kanan untuk ÷ dan /. Adapun untuk garis horizontalnya, bilangan harus ditaruh di atas dan di bawah. Bilangan yang di atas disebut pembilang, sedangkan yang di bawah disebut penyebut. Seperti yang aing sebut di atas, pembagian adalah kebalikan dari perkalian. Apabila terdapat bilangan a, b, dan c dengan a × b = c, maka c ÷ b = a dan c ÷ a = b. Misalnya saja aing punya 15 buah jeruk yang mau dibagikan ke 3 orang sama rata. 15 ÷ 3 = 5. Jadi, tiap orang dapat tiga buah jeruk.

Ilustarsinya adalah sebagai berikut:
OOOOOOOOOOOOOOO ÷ | | | = ?
Ada 15 buah jeruk dan ada 3 orang. Tentu qta harus membaginya sama rata
OOOOO  OOOOO  OOOOO ÷ | | |
Masing-masing mendapt 5 buah jeruk
OOOOOOOOOOOOOOO|
15 ÷ 3 = 5

Nah, itulah postingan tentang operasi pada matematika dan ini masihlah part 1-nya karena masih banyak yang belum aing bahas misalnya pangkat dan lain2. Semoga yu paham sama postingan ini. Kalo ada yang kurang paham, silahkan tanyakan di komeng. Kalo ada yang salah atau yu tau apa bedanya operasi sama fungsi, gpp juga kasih tau dong di komeng. Semoga postingan ini dapat memberikan manfaat pada yu yu semua. Terimakasih udah berkunjung dan bersedia membaca postingan ini . Sampai jumpa di postingan berikutnya. Bye~





No comments:

Post a Comment