Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.




Sunday, August 7, 2022

Hukum Bacaan Izhar Syafawi

 

Hai hai semua ^_^ Aye Admin K, kembali lagi membahas tentang hukum tajwid dalam membaca Al-Quran. Nah, di postingan kali ini, aye akan ngebahas tentang izhar syafawi. Apa itu izhar syafawi? Langsung aja kita cekidoot.


Ada banyak hukum-hukum bacaan tajwid seperti hukum madd dan hukum izhar. Berbicara tentang hukum izhar, secara bahasa "izhar" artinya "jelas". Adapun, menurut istilah, izhar adalah mengeluarkan suara huruf dari makhraj-nya (tempat keluarnya) tanpa suara dengung.


Izhar terbagi menjadi 2 macam yakni izhar halqi dan izhar syafawi. Izhar halqi adalah hukum bacaan nun (ن) mati, sedangkan izhar syafawi adalah hukum bacaan mim (م) mati. Di postingan ini, aye bakalan ngebahas tentang izhar syafawi. Untuk izhar halqi, bakal aye bahas di postingan nanti atau kalau kalian gak sabar, kalian bisa cari sendiri di gugel.


Huruf mim mati (مْ) apabila bertemu dengan suatu huruf hijaiyah selain huruf ba' (ب) dan mim (م) maka dibaca jelas (izhar). Simpelnya, silakan baca huruf "m" seperti biasa, gak perlu dengung-dengungkan. Nah, izhar ini disebut "izhar syafawi" karena kata "syafawi" artinya "bibir" mengingat tempat keluarnya (makhraj) dari huruf mim (م) adalah bibir.


Fun fact: Huruf mim mati (مْ) apabila bertemu dengan huruf  ba' (ب) maka dibaca dengan dengung (ikhfa' syafawi). Sedangkan huruf mim mati (مْ) apabila bertemu dengan huruf  mim (م) maka dibaca dengan cara meleburkan keduanya (idgham) disertai dengung.

 

Beberapa contoh izhar syafawi:

  1.  وَ أَنَّهُمْ ظَنُّوْا
  2.  خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً
  3.  لَكُمْ دِيْنُكُمْ
  4. أَجْرَهُمْ عِنْدَ


Nah, agar semakin jelas, aye juga sediain video tentang hukum bacaan izhar syafawi di bawah ini.



No comments:

Post a Comment