Selamat datang di KnK Land. Mari menguasai dunia bersama kami. Disini kalian bisa menemukan ratusan postingan berbahaya dari penulis-penulis kami. Selamat menikmati situs yang hidup ini.




Friday, August 26, 2022

Sejarah Optical Networking dalam Dunia Perinternetan

 


Hai hai semua ^_^ Aye Admin K. Ketemu lagi sama aye di sini, KnK Land. Kali ini, aye bakalan ngebahas tentang sejarah jaringan internet terutama jaringan internet yang memanfaatkan cahaya. Langsung aja, kita cekidoot.

 

 

Sejak zaman dahulu kala, manusia sangatlah senang berkomunikasi dengan bahasa masing-masing. Manusia berbicara satu sama lain menggunakan bahasa isyarat ataupun menggunakan suara dari mulut. Kadang kala manusia ingin sekali berkomunikasi dari jarak yang sangat jauh. Namun sayang komunikasi jarak jauh sulit dilakukan tidak seperti komunikasi jarak dekat. Untuk berkomunikasi dari jarak jauh, manusia bisa berteriak, pakai isyarat, niup terompet, sinyal cahaya obor, dan lain-lain.


Manusia makin lama makin pintar sehingga muncullah ide untuk menulis. Dengan adanya sistem penulisan, manusia dapat menyimpan informasi di suatu media entah itu batu atau kertas. Semua tulisan yang ada dapat disimpan dan bahkan ada yang bisa dibawa kemana-mana. Komunikasi antara manusia dari jarak yang jauh semakin lebih mudah dengan melakukan kirim mengirim surat. Pengirim surat bisa saja manusia atau hewan yang terlatih. Dengan begitu, kalau lagi sibuk atau lagi mager manusia jaman old tinggal suruh orang atau hewan untuk mengirim tulisan untuk berkomunikasi dengan orang yang sangat-sangat jauh.


Lama kelamaan lama kelamaan, teknologi semakin berkembang. Kita loncat jauh ke masa depan, manusia udah mengenal yang namanya kabel-kabelan dan sinyal-sinyalan. Teknologi komunikasi jarak jauh pun berkembang pesat semakin pesat. Ada yang namanya telepon kabel, radio hingga satelit. Penemuan gelombang radio yang tidak bisa ditangkap oleh indera manusia serta fakta bahwa gelombang radio dapat dijadikan sebagai media komunikasi merupakan suatu keajaiban. Tanpa istilah internet, manusia bisa berkomunikasi dari jarak yang sangat jauh meskipun masih belum sebagus internet saat ini. Keajaiban sihir teknologi yang juga sayangnya digunakan dalam peperangan. Ya, peperangan juga punya peran besar dalam perkembangan teknologi.


Seiring perkembangan zaman, kebutuhan transmisi informasi semakin tinggi sehingga kalau hanya menggunakan gelombang radio atau kabel telepon saja tidak cukup. Gelombang radio saja terasa kurang greget dalam menyampaikan informasi. Namun, semua itu berubah sejak penemuan laser, pew pew. Laser adalah singkatan dari "light amplification by stimulated emission of radiation" yang merupakan teknologi penguat sinyal optik. Ya, berterima kasihlah kalian kepada bapak Einstein yang telah menemukan konsep ngelaser ini. Konsep ini tertulis di paper beliau, "On the Quantum Theory of Radiation" di tahun 1917. Namun, yang ditulis oleh Einstein baru konsep dasarnya aja, baru teori cara kerjanya aja, belum ada lasernya bahkan istilah "laser" pun belum digunakan hingga 40 tahun kemudian. Pada tahun 1960, barulah muncul laser pertama yang dibuat oleh Theodore H. Maiman. Istilah "LASER" sendiri pertama kali diberi pada teknologi ini oleh Gordon Gould pada tahun 1957.

 

Pada tahun 1973 Gould dan kawannya, William Culver mendirikan Optelecom, inc. untuk mengkomersialkan penemuan fiber opticnya. Selanjutnya blabla blabla, hingga saat ini di zaman modern kita internetan tidak hanya menggunakan menara sinyal tapi juga menggunakan kabel fiber optic di bawah laut atau bawah tanah. Ya, mulai dari teori dasar yang ditemukan oleh Einstein yang sayangnya gak bakal aye bahas gimana cara kerjanya,  hingga pengaplikasiannya menjadi suatu teknologi yang dapat menguatkan sinyal cahaya membuat kita bisa internetan dengan (lumayan) cepat.

 

Ya, itulah sedikit sejarah singkat optical networking dalam perinternetan. Sebagai netizen yang budiman, kita tentu harus menggunakan internet dengan positif. Dengan adanya internet, kita bisa memperoleh informasi dengan mudah, bisa kerja dari rumah, berkomunikasi dengan orang dari seluruh dunia tanpa batas (mungkin kecuali Korea Utara, kasihan), memperoleh banyak hiburan, bahkan bisa berbisnis dengan bantuan internet. Jangan sampai kita melakukan hal negatif, yaa di internet misal menyebarkan kebencian, plagiat, atau nyebarin berita palsu alias hoak. Baiklah, kalau ada tambahan, protes, atau lain-lain silakan sampaikan di kolom komentar, yaa. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye~

 





Beberapa referensi, guys.

https://en.wikipedia.org/wiki/History_of_the_Internet

https://en.wikipedia.org/wiki/Laser

https://en.wikipedia.org/wiki/Optelecom

https://tirto.id/apa-dampak-positif-dan-negatif-dari-penggunaan-internet-gfZs


No comments:

Post a Comment